Bagaimana Memulihkan Skin Barrier?

Kleveru - Beberapa dari teman-teman mungkin masih belum begitu paham atau malah belum menyadari bahwa kulit sedang dalam keadaan dimana skin barrier itu terganggu. Hal yang paling umum ditemui adalah kulit terasa kusam, lebih kering dari biasanya, bersisik, gatal, mengelupas, terjadi peradangan, terlihat kemerahan, atau bahkan terasa lebih berminyak dari biasanya dan berjerawat. 

Bagaimana Memulihkan Skin Barrier?




Penyebab rusaknya skin barrier bisa macam-macam. Dari berbagai sumber yang aku tahu, penyebabnya ini bisa dibagi dua, yaitu:

  • Faktor internal disebabkan oleh stress, usia yang menua, ataupun kurang tidur.
  • Faktor eksternal disebabkan oleh penggunaan skincare yang kurang tepat, berlebihan dalam menggunakan skincare dengan kandungan aktif, terlalu intens terpapar matahari ataupun polutan, dan kurang memerhatikan kelembaban kulit wajah.

Kalau pada saat kamu membaca ini menemukan bahwa ternyata kulit kamu kondisinya seperti yang aku jelasin di atas, well, tenang! Aku bakal jelasin gimana caranya supaya kulit kamu menjadi lebih baik.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah stop dulu penggunaan skincare dengan bahan aktif. Ini supaya kulit kamu bisa “napas” dan memulihkan diri dulu. Sehingga ada baiknya kamu untuk menerapkan simple or basic skincare yang terdiri dari pembersih wajah, serum dan pelembab wajah. Jika penggunaan pagi, jangan lupa pakai sunscreen.

Nah, di sini aku biasanya menggunakan produk dari Kleveru. Produk Kleveru yang menjadi andalanku dalam memulihkan skin barrier adalah: Sea Buckthorn Cleansing Gel dan Sea Buckthorn Barrier Serum.

Sea Buckthorn Cleansing Gel





Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel merupakan pembersih wajah yang diformulasikan sesuai pH kulit alami (5.2-5.5).
.
Berfungsi untuk membersihkan secara sempurna dengan natural cleanser Houttuynia Cordata sehingga mampu membersihkan kulit tanpa membuat kulit kering dan dehidrasi, mencerahkan, serta mempersiapkan kulit untuk memaksimalkan manfaat dari produk skincare yang digunakan setelahnya.

Pengalamanku menggunakan Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel adalah sangat nyaman digunakan untuk membersihkan kulit wajah. Aku tidak merasakan sama sekali ada sensasi wajah ketarik karena memang PHnya disesuaikan dengan PH kulit 5,5. Selain itu, cleanser ini tidak mengandung deterjen SLS/SLES namun mampu membersihkan makeup ringan, kotoran dan debu. Formulanya yang lembut tetap membuat kulit jadi lembab.

Hero ingredients produk ini terdiri dari:
  1. Sea Buckthorn karena mengandung vitamin C 15x lebih banyak dari jeruk dan mengandung vitamin E sehingga dapat mencerahkan, memudarkan bekas jerawat, dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, juga mengandung anti inflamasi yang berfungsi membantu menenangkan kulit dan menyembuhkan jerawat.
  2. Houttuynia Cordata karena berperan sebagai pembersih natural yang maksimal banget membersihkan makeup ringan, kotoran, minyak berlebih dan debu. Kerennya, kandungan ini tidak menimbulkan efek kering ketarik setelah penggunaan!
  3. Provitamin B5/Panthenol, Sodium PCA dapat menenangkan kulit yang sedang terinflamasi atau terkena sunburn. 
  4. Licorice yang berperan sebagai pencerah bekas jerawat.

Sea Buckthorn Barrier Serum





Kleveru Sea Buckthorn Barrier Serum adalah serum khusus yang aku andalin kalau perlu memperbaiki skin barrier aku. Serum ini mengandung 17x Super Barrier Power karena mengandung 3 jenis Ceramide, 3 Fatty Acids, dan Cholesterol sebagai komponen utama pembentuk skin barrier.

Pengalamanku menggunakan Sea Buckthorn Barrier Serum ini cukup menyenangkan karena teksturnya yang cair dan mudah meresap ke dalam kulit sehingga nyaman untuk kulit berminyakku. Enaknya lagi, kalau aku lagi mau layering serum dengan kandungan lain, serum ini tidak akan menimbulkan clash. Ini karena Kleveru khusus banget memilihkan kualitas bahan yang premium ke dalam serum ini. 

Hero ingredients produk ini terdiri dari : 
  1. Cholesterol ini ternyata sangat bermanfaat kalau dimasukkan ke dalam kandungan skincare, karena ini adalah salah satu komponen pembentuk skin barrier yang menjaga kulit tetap terjaga kelembaban dan kandungan airnya, serta menjaga kulit tetap kuat dan sehat sehingga terhindar dari berbagai masalah kulit.
  2. Ceramide NP, Ceramide AP, Ceramide EOP merupakan 3 jenis ceramide yang sengaja banget Kleveru tumpahin ke produk ini supaya kulit bisa mendapatkan power yang lebih agar skin barrier tetap sehat.
  3. Phospholipids, Sphingolipids, Phytosphingosine merupakan 3 jenis fatty acids yang berfungsi sebagai anti aging dan memproduksi barrier oil alami pada kulit.
  4. Licorice dan Niacinamide yang berfungsi untuk memudarkan bekas jerawat, mengatasi hiperpigmentasi dan juga mengontrol minyak di kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta meminimalkan tampilan pori-pori.
  5. Sea Buckthorn Seed Oil & Sea Buckthorn Extract sebagai antioksidan alami yang mengandung vitamin C alami 15x lebih banyak dari buah jeruk dan vitamin E.
  6. Beta - Carotene untuk mencegah penuaan dini karena kaya akan antioksidan, serta mengurangi kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet.
  7. Allantoin Untuk menenangkan jerawat radang serta mempercepat penyembuhan jerawat.




Kesimpulan aku setelah beberapa waktu rutin menggunakan kedua produk ini, aku merasa jerawat aku lebih terkendali karena memang aku memiliki kondisi kulit yang acne prone. Kalaupun seandainya muncul jerawat, jerawatnya “bertingkah” lebih kalem dan tidak sampai meradang. Ditambah, kedua produk ini sifatnya scentless sehingga aman banget untuk kulit sensitif sekalipun.

Komentar

  1. Eh iyaaaa, pas kulitku bermasalah (sampai ngeletek ngeletek gitu, huhuhu) itu juga dikasih pelembab yang mengandung kolesterol, ceramide sama fatty acids. Produk farmasi gitu. Ga tahu kalau produk lokal punya serum yang kaya gini juga formulasinyaaa. Noted Fiaaa, makasi rekomennya ya....

    BalasHapus
  2. Wah pas banget kulit aku lagi jerawatan. Kayaknya aku ngalamin ini skin barrier ini. Jadi pengen nyoba si Kleveru ini

    BalasHapus
  3. wah baru tahu ternyata kolesterol bisa jadi bahan skincare ya, nice info kak

    BalasHapus
  4. Pas bgt ini lagi butuh skincare utk skin barrier, muka lagi mengelupas banget

    BalasHapus
  5. Pengen cobain cleansing gelnya, slama ini kalo bersihin muka lebih seringnya pake milk cleanser, face wash. Buat dry skin aman g Fi?

    BalasHapus
  6. Serumnya menarik juga nih sepertinya, oh iya cobain seabuckthorn maskernya juga deh kak

    BalasHapus
  7. Iya nih kak, aku dah pake kemarin. Bagus hasil pemakaian nya

    BalasHapus
  8. Tumben ngeliat serum warnanya kuning banget ya

    BalasHapus
  9. suka juga sama cleansernya kalo serumnya belum coba

    BalasHapus
  10. Cucok nih buat yg udah lama absen dr perskincare-an dan baru mau mulai lagi

    BalasHapus
  11. ini pertama kali ak pake serum yang ingredients nya kolesterol sm fatty acid.. pas pake berasa masuk ke kulit banget.. jadi lembap gitu kak hihi

    BalasHapus
  12. baru coba cleansernya aja, cleansernya enak banget teksturnya juga enak buat dry skin

    BalasHapus
  13. baru coba cleansernya aja, enak banget apalagi dari segi tekstur dia masih oke untuk dry skin

    BalasHapus
  14. Aku suka bgt cleansing gelnya kleveru, yg lain.blm cobaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Gimana menurut kalian?