[TIPS] Cara Menghindari Hasil Foundation Berkerak

Beberapa waktu ini aku merasa kondisi kulit aku agak sedikit berantakan. Aku ga tau apa ini yang disebut penuaan atau memang kondisi kulit sedang bermasalah. Yang jelas, setiap aku aplikasikan foundation selalu saja hasilnya berkerak atau pecah.



Aku mungkin memang belum pinter-pinter banget soal aplikasi base make up di wajah aku. Tricky! Beneran deh! Karena jujur aja, aku sendiri bingung dengan kondisi kulit aku. Karena, ketika sedang tak bermake up kulitku sangat amat berminyak. Namun ketika sudah mengaplikasikan make up, hasilnya malah kulit jadi kering dan foundation jadi berkerak di beberapa area. Sempat minta saran ke sana kemari tapi belum sempat cobain juga sih. Meski gitu, aku pengen share ke kalian tentang tips bagaimana caranya supaya hasil aplikasi foundation di wajah kita ga berkerak alias pecah-pecah.


Kenali Kemungkinannya


Setiap akibat pasti ada sebab, aku percaya itu. Everything happens for a reason dan oleh karena kita sedang ngomongin hasil aplikasi foundation yang berkerak, jadi cari tahu dulu nih penyebabnya:


a. Kulit kering butuh pelembab
b. Kulit belum dieksfoliasi atau di scrub
c. Foundation yang digunakan kualitasnya ga bagus
d. Foundation yang digunakan kualitasnya bagus tapi bisa saja tidak cocok dengan kondisi kulit
e. Kurang membaurkan foundation dengan baik


Sekarang coba kita teliti lebih jauh kelima kemungkinan penyebab foundation berkerak atau retak.


a. Kulit kering butuh pelembab > Foundation selalu kelihatan tidak merata hasilnya pada kulit yang tidak lembab. Ini dikarenakan oleh kulit kering. Jadi pastikan lembabkan wajah terlebih dahulu sebelum memulai memakai foundation. Untuk kulit kering bisa gunakan pelembab berjenis krim. Sedangkan kulit berminyak (kulit berminyak bukan berarti ga butuh pelembab lho!) gunakan pelembab dengan bahan dasar air. Untuk kulit kombinasi, gunakan kedua jenis pelembab tersebut untuk area yang sesuai.


b. Kulit belum dieksfoliasi atau di scrub > Kulit kita setiap harinya pasti melakukan proses regenerasi. Jadi pasti ada saja sel-sel kulit mati yang masih menempel di permukaan kulit. Oleh karena itu, eksfoliasi sangat penting. Lakukan seminggu 2 kali untuk menyingkirkan endapan sel-sel kulit mati sehingga nanti ketika foundation diaplikasikan, dia ga "nangkring" di sela-sela sel kulit mati tersebut. Area hidung dan batas rambut biasanya jadi tempat yang paling sering terjadi penumpukan sel kulit mati.


c. Foundation yang digunakan kualitasnya ga bagus > Maka, investasilah ke foundation yang kualitasnya bagus! Memang sih ada harga ada rupa. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke counter-counter make up supaya bisa "mencicipi" sendiri foundation langsung ke mukamu. Dengan begitu kamu bisa ambil keputusan apakah foundation tersebut bisa terbaur dengan baik di muka kamu atau tidak.


d. Foundation yang digunakan kualitasnya bagus tapi bisa saja tidak cocok dengan kondisi kulit > Selalu pilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Ini kedua terpenting setelah memutuskan ingin menggunakan foudnation dari merk mana. Beberapa merk kosmetik menyediakan jajaran warna foundation yang setara dengan Netral yang artinya warna tersebut akan masuk ke mayoritas kulit para konsumennya. Namun bisa saja warna itu tidak cocok juga buatmu. Tetap kenali dulu kulitmu itu termasuk kulit dengan yellow undertone, pink undertone atau netral. Lalu kenali juga, apakah kulimu berminyak, kering atau normal. Selalu gunakan foundation yang matte finish, berbahan dasar air dan dengan formula ringan untuk kulit berminyak. Lalu, guanakan foundation dengan bahan krim atau minyak untuk hasil berkilau bagi pemilik kulit kering.


e. Kurang membaurkan foundation dengan baik > Nah ini mungkin bisa jadi salah satu masalah aku selain di poin D. Membaurkan foundation dengan baik adalah kunci dari hasil warna foundation yang merata dan halus. Pergunakan sedikit demi sedikit foundation ke wajah dan baurkan dengan kuas foundation atau juga dengan spons foundation lembab.


TIPS TAMBAHAN:


1. Campurkan setetes atau dua tetes minyak zaitun atau minyak almond ke foundation sebelum mengaplikasikan ke wajah.


2. Gunakan selalu pelembab berbahan dasar air sebelum menggunakan foundation berbahan dasar air, dan gunakan pelembab berbahan dasar minyak/krim sebelum menggunakan foundation berbahan dasar minyak.


Semoga bermanfaat ya. See u soon!


XOXO~~

Komentar

  1. foundie utk kulit berminyak dikasih minyak zaitun emg gapapa kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Gimana menurut kalian?