Health Clue On Your Hair

Hello Invaders,

Sebagai perempuan, tentunya kita memerhatikan kondisi rambut kita dong. Mahkota yang perlu dilakukan secara istimewa. Selain keramas setiap kali mandi, juga creambath sampai masker rambut sering dilakukan. Tapi, perhatian kita biasanya cuma di permukaan saja. Jarang sekali kita memerhatikan rambut dengan aspek kesehatan di tubuh kita. Padahal ada penelitian yang mengatakan bahwa kondisi rambut dapat menunjukkan tingkat stress, kandungan kolesterol, sampai penyakit berat.

Rambut Beruban


Ubanan memang ganggu banget apalagi kita yang masih muda ini. Ubanan kan biasanya terjadi di orang yang sudah berumur tua. Para peneliti mengatakan rambut beruban yang dialami orang berusia muda dikarenakan oleh tingkat stress, trauma, sampai rasa takut yang berlebihan. Hal ini menjadi penyebab adanya uban karena rasa shock yang dihasilkan membuat rambut memasuki fase istirahat sehingga saat ia bangun, rambut yang tumbuh menjadi berwarna putih. Selain stress dan trauma, rambut beruban bisa juga disebabkan oleh genetik.


Rambut Kering dan Mudah Patah


Rambut patah beda banget dari kerontokan rambut karena rambut yang lepas tidak berawal dari akar rambut. Rambut kering dan ujung bercabang juga biasanya merupakan tanda-tanda menuju kondisi akan patah. Ciri-ciri ini menandakan adanya tekanan darah yang tinggi pada seseorang. Saat tekanan darah tinggi, tingkat kalsium dalam tubuh akan turun jadinya membuat rambut menjadi kering dan mudah patah.

Berketombe


Pasti dong ngga ada yang mau berketombe. Tapi kalau kamu berketombe, jangan takut dulu. Ketombe berwarna putih yang halus dan tak berbau bisa diatasi dengan shampo anti ketombe saja dan ketombe tidak hadir kembali. Tapi kalau ketombe sudah berwarna kuning, berminyak dan berbau tak sedap, mungkin itu adalah tanda-tanda psosiaris. Psosiaris adalah penyakit kulit di mana penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Penyebab nya ialah jamur yang menyerang kulit saat kondisi tubuh sedang menurun. Ketombe jenis ini juga sering muncul saat pergantian musim atau pancaroba.


Pitak


Pitak adalah kondisi dimana akar rambut dengan sendirinya rontok di beberapa bagian kepala tertentu. Daerah rontoknya rambut ini biasanya terjadi pada bagian dekat dahi dan belahan rambut. Penyebab paling umum sih biasanya diabetes yang pastinya jika pitak tidak ditangani lebih lanjut dapat menyebar ke kulit kepala lain dan dapat menyebabkan kebotakan. Kalau kamu terjadi pitak, besar kemungkinan menderita penyakit radang sendi, diabetes dan sakit kelenjar thyroid.


Rontok Berlebihan


Normal banget kalau rambut kita rontok tiap hari sebanyak 100-150 helai per hari. Tapi bisa jadi tidak normal kalau jumlah rambut rontok tiba-tiba meningkat drastis saat catok rambut, mengeringkan dan menyisir rambut. Hati-hati loh. Banyak penyebabnya atas kerontokan banyak tersebut. Stres ialah penyebab utama yang dapat mengganggu metabolisme rambut. Tapi ngga hanya stres penyebabnya, perubahan hormon saat haid dan hamil juga lah penyebab nya.



Ingat yah, kondisi rambut bisa jadi semacam warning pada kesehatan kita loh.

XOXO~~

Komentar