Beauty Bloggers First Meet Up [EVENT]

Beauty Bloggers First Meet Up - Pada tanggal 24 September 2014 lalu, aku mengikuti Beauty Bloggers First Meet Up yang diselenggarakan oleh 3 cewek kece Carnellin, Meilina dan Tia, yang bekerja sama dengan berbagai merek kosmetik di Indonesia. Beauty Bloggers First Meet Up ini bertempat di Nanny's Pavilion, Central Park Mall Jakarta Barat. Aku cukup beruntung bisa mengikuti acara ini karena slot yang disediakan hanya untuk 20 orang beauty bloggers.



BEAUTY BLOGGERS
FIRST MEET UP

beauty_bloggers_first_meet_up

Seneng banget karena ternyata di Beauty Bloggers First Meet Up ini bertabur banyak suvenir dari para merek kosmetik yang bekerja sama. Aku gak pernah sangka kalau akan seheboh ini lho! Apalagi, selama ini kan interaksi dengan beauty bloggers ini hanya lewat media sosial dan blog saja. Tidak pernah bertemu langsung dan bercengkerama.

Selain acara yang heboh secara luring, ada pula kontes secara daring yang melibatkan event report selama acara berlangsung. Jadi, beauty bloggers yang berhasil diundang, diajak untuk menyebarkan kegiatan acara ini lewat foto-foto ke akun media sosial masing-masing. Setiap sesi, ada pemenang diumumkan dengan hasil event report paling menarik. Jadi, kita semua heboh banget deh buat foto-foto yang update ke media sosial kita masing-masing. Hehehehe.


Adapun sponsor yang bekerja sama sebagai berikut:

V 10 Plus

beauty_bloggers_first_meet_up

Sponsor pertama adalah V10 Plus. Buat teman-teman yang mungkin belum tahu apa itu V10 Plus, merek ini berasal dari Jepang. Diproduksi oleh Yokota Lab yang berfokus pada produk perawatan kulit wajah. Komponen utama dari produk V10 Plus adalah air karena menurut V10 Plus, air adalah komposisi utama dalam metabolisme tubuh sehingga menginspirasinya untuk memproduksi merek V10 Plus.

MAKEOVER

beauty_bloggers_first_meet_up

Sponsor kedua adalah MAKEOVER. Di acara Beauty Bloggers First Meet Up ini, MAKEOVER berkolaborasi dengan Endi Feng dalam memberikan makeup tutorial dengan tema "10 Minutes Fab". Endi adalah seorang professional make up artist yang juga suka menulis blog. Di tutorial ini, salah satu produk yang digunakan Endi adalah eyeliner pencil warna Black Jack yang mana ini adalah produk favorit aku dari MAKEOVER.

Z A P

beauty_bloggers_first_meet_up

Kemudian sponsor ketiga adalah ZAP. Beberapa dari kalian mungkin sudah tahu tentang ZAP yah karena sudah berdiri sejak tahun 2009. Cukup lama lho membangun reputasi selama tahun-tahun tersebut. Untuk yang belum tahu, ZAP ini adalah klinik kecantikan yang memusatkan diri pada body hair removal. Sebagai perempuan, pastinya sudah terbiasa dengan kegiatan bercukur ataupun waxing. Aku sendiri cukup rajin mengerjakan 2 kegiatan tersebut. Meski sakit, tetep gak kapok karena alasan estetika. Sedangkan di ZAP, kita tuh gak perlu lagi merasakan sakit-sakit untuk menghilangkan bulu di tubuh! Bahkan, jika rajin melakukan perawatan ke ZAP, berkesempatan besar supaya bulu di area tubuh tertentu untuk tidak tumbuh secara permanen lho. Hubungi ZAP terdekat ya!

SALLY HANSEN

beauty_bloggers_first_meet_up

Sally Hansen merupakan sebuah produk kecantikan yang mayoritas produknya berpusat pada kuku. Buat temen-temen yang suka kutekan, pasti cukup tahu ya kalau produk Sally Hansen itu hanya bisa didapatkan dengan metode pre-order melalui toko daring tertentu. Namun, perwakilan dari Sally Hansen Indonesia menceritakan bagaimana akhirnya Sally Hansen hadir secara resmi di Indonesia dan bisa didapatkan di toko daring maupun luring resminya.

SILKY GIRL

beauty_blogger_first_meet_up

Lanjut ke sponsor ke empat yaitu Silky Girl. Ini adalah merek kecantikan yang aku kenal banget karena counter-nya ada di mal dekat rumahku. Jadi, kalau lagi jalan-jalan, pasti ngelewatin counter ini. Pilihan kosmetik yang ditawarkan oleh merek kecantikan asal Malaysia ini sangatlah beragam. Untuk kali ini, Silky Girl berkolaborasi dengan Carryna Pratiwi untuk memberikan demo tentang penggunaan eyeliner untuk setiap jenis mata. Seru banget deh!

beauty_blogger_first_meet_up

KAWAII BEAUTY JAPAN

Untuk sponsor ke lima adalah Kawaii Beauty Japan atau biasa aku singkat jadi KBJ. Nah, KBJ ini adalah portal media daring yang berpusat pada kecantikan-kecantikan khas Jepang, baik itu rahasia kecantikan wanita Jepang, maupun keindahan alamnya. Selain itu, KBJ juga mengkampanyekan bahwa kecantikan itu tidak harus datang dari penampilan tapi juga dari hati.

beauty_bloggers_first_meet_up

AYOU BEAUTY AND THE SOAP CORNER BY MOPORIE

AYou Beauty adalah sebuah toko kecantikan daring dan luring yang memusatkan pada penyediaan produk-produk kecantikan, baik itu kosmetik maupun alat-alat kecantikan. Salah satu produk yang datang bersamaan dengannya adalah The Soap Corner by Moporie. Buat temen-temen yang memiliki kulit tubuh sensitif ataupun bermasalah, sabun dari Moporie ini bisa jadi salah satu alternatif pengganti sabun yang umum dijual di pasaran karena produknya yang berbahan dasar natural, tidak berpengawet keras, juga tidak mengandung pewarna dan pewangi sintetis.

beauty_bloggers_first_meet_up

BEAUTY BLOGGERS
TALK SESSION

Berbicara tentang beauty blogs, hal-hal yang berkaitan dengan sponsorship juga punya kaitan erat. Hal ini, karena banyak juga merek-merek kecantikan yang ingin lebih dikenal luas dengan bekerja sama lewat penulisan artikel maupun tutorial video di beauty blogs. Inilah yang menginspirasi Tia, Nellin dan Mei untuk mengajak berdiskusi tentang bagaimana memenangkan kerjasama dengan merek-merek kecantikan ini.

Dasar yang digaris bawahi oleh mereka bertiga adalah alasan kenapa kita menjadi beauty bloggers. Ini bisa terpampang dari beauty blogs kita sendiri. Bila kita memang seorang yang menyenangi dunia kecantikan dan serius menjalankan beauty blogs, akan terlihat dari bagaimana kita menulis tentang produk yang kita ulas di blog, seberapa sering menayangkan artikel di beauty blogs, dan bagaimana kita mendesain blog agar tampilannya bisa enak dipandang mata dan juga mudah diakses, termasuk keseriusan dalam membuat alamat blog menjadi Top Level Domain alias alamat blog yang berbayar setiap tahun.

beauty_bloggers_first_meet_up

Tia, Nellin dan Mei mengatakan bahwa seorang beauty blogger hendaknya juga bisa bernegosiasi dalam mementukan reward yang didapat ketika bekerja sama dengan sebuah merek kecantikan. Hal ini adalah wajar karena sebagai beauty blogger, membuat blog dan mengulas produk kecantikan juga butuh modal yang tidak sedikit. Contoh yang patut diperhitungkan adalah device atau gadget dalam menulis blog, biaya pembelian kamera yang juga pastinya tidak murah, lighting kit yang meskipun sederhana tapi tetap harus mengeluarkan kocek untuk mendapatkannya, biaya sewa Top Level Domain (jika ada), biaya sewa self-hosting yang setiap tahun pasti naik seiring penambahan data penulisan (jika ada), biaya internet dan listrik untuk mengakses semua itu, kemampuan dalam mengolah gambar, biaya pemeliharaan blog (misalnya membeli tema blog agar tampilan blog tidak membosankan), biaya tenaga dan pikiran untuk bisa menulis sesuai dengan fokus produk yang ingin dicapai, tak lupa pula untuk memasukan biaya faktor kemungkinan tidak cocok dengan produknya sehingga membutuhkan tindakan atau perawatan medis.

Namun, jika ternyata kita memilih untuk tidak menerima reward apapun dalam kerjasama dengan sebuah merek kecantikan, ya gak apa-apa juga. Semua tetap tergantung pada individu masing-masing. Namun Nellin menambahkan, jika memang seorang beauty blogger setuju untuk menerima tawaran tanpa reward tersebut dari sebuah merek kecantikan, hendaknya juga menayangkan artikel yang sama baik dengan yang ada reward-nya. Begitu kira-kira yang disampaikan.

OK, sampai di sini dulu perbincangan kita mengenai Beauty Bloggers First Meet Up. Semoga kita semua dapat manfaat ya dari artikel ini. Jangan lupa untuk follow teman-teman di bawah selaku event organizer.

Istiarina Putri

Carnellin Yulyanti

Meilani Chow

Komentar

  1. I love blogger meet ups and events.. It's great way to share some ideas in personal :-) GiG

    BalasHapus
  2. Wow! This event looks amazing! And how cool is that u were one of the few lucky ones to attend! :)
    giglove!

    novelstyleblog.com

    BalasHapus
  3. the event looks super fun! i want the goodies as well!
    giglove


    Love

    BalasHapus
  4. Maria Clara Novita KOktober 10, 2014 1:10 AM

    parahhhh aku ngiri banget...
    pas mau reserved tempatnya udah abis.. sedih :(
    duhh brush sama spray tanned nya mauuu donggg.
    lempar sini sini :p hahaha

    BalasHapus
  5. Lovely event! I'm sure you had fun with your co-bloggers!

    GIG Love

    BalasHapus
  6. love all the products you got babe!!!!! I wish they have events like this where I come from too :D giglove

    BalasHapus
  7. You are really lucky.
    You won pre-event writing competition and also you won kawaii outfit<3

    BalasHapus
  8. Aaaah pingin banget ikutaaan. Goody bagnya juga banyak yah T.T)a
    Sayang aku di surabaya T.T huhu
    nice post anw ^^

    BalasHapus
  9. What a fun event - Such great speakers and sounds like you got to try out some fabulous new products! <3 GIGLove

    BalasHapus
  10. saw this brand in jkt previously..they have great product!

    BalasHapus
  11. the event looks so fun! so many great gifts!

    BalasHapus
  12. You're so lucky to be able to attend events like this! =)

    BalasHapus
  13. what an amazing event. It is definitely a cool opportunity.
    xxx
    mari
    gig

    BalasHapus
  14. really cool event. i barry get invited to events anymore. >_< glad you had such a great time. GIG
    Chie

    BalasHapus
  15. Heena Shah-DhedhiOktober 15, 2014 8:24 AM

    Wow.. the pics speakfor themselves. Sure a great event.
    giglove

    BalasHapus
  16. Seems like a very interesting event. I am sure you had fun! You guys are so lucky to be able to meet with fellow beauty bloggers :)

    BalasHapus
  17. Kumiko Mae - beauty blog PhilippinesOktober 15, 2014 2:23 PM

    Cool event! Also love how there were so many activities and learning opportunities throughout!

    BalasHapus
  18. wow that's one interesting event! So many activities and get to know many other bloggers :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Gimana menurut kalian?