Kebaya, bukan Kabayan

Hello Invaders,


Postingan kali ini aku tidak akan berbicara tentang beauty yah. Kali ini aku akan sedikit bercerita tentang Kebaya sebagai pakaian nasional wanita Indonesia. So, lets check it out.



Pastinya gak mungkin dari kamu yang gak tahu kebaya itu gimana bentuknya. Dari kecil juga kita sudah pasti pernah menggunakan kebaya, terbukti dari ramainya perayaan hari kelahhiran pahlawan bernama Kartini yang dimeriahkan oleh penggunaan pakaian adat yang kebanyakan adalah kebaya.


Kebaya juga gampang ditemui dan juga banyak dikenakan ke acara-acara penting seperti beribadah ke Gereja (suka lihat tetangga berangkat ke gereja pakai pakaian ini), ke pesta besar seperti pesta pernikahan, ataupun momen-momen spesial lainnya.




[caption id="" align="aligncenter" width="423"] Kebaya Modern[/caption]

Dan memang pakaian ini sudah menjadi ikon kebudayaan di Indonesia, khususnya Suku Jawa yang jumlah populasi cukup besar di negara kita. Jadi, penggunaan kebaya akan menjadi semacam keharusan untuk acara-acara resmi formal kedinasan maupun kebudayaan yang sudah menjadi ciri khas kita yang suka bersilahturahim dan bersosialisasi dengan kolega maupun kerabat.


Dari segi fashion, keberadaan kebaya di Indonesia tidaklah bisa dianggap enteng. Banyak disainer yang juga memfokuskan diri untuk membuat berbagai karya dalam bentuk kebaya. Contoh saja disainer besar seperti Anne Avantie yang memang sangat terkenal oleh karya yang berupa kebaya, baik kebaya tradisional maupun kebaya modern yang sudah lumrah dipergunakan para wanita di tahun-tahun belakangan.


Modifikasi kebaya yang tidak terlihat kaku agi namun mengikuti perkembangan jaman dan trend mode maupun warna yang sedang trend di dunia fashion. Intinya sih, berkat para perancang busana dari Indonesia yang cukup berperan melanggengkan kebaya sebagai ikon fashion dan tidak kaku nya desain kebaya yang sebenarnya sudah ada dari jaman dahulu kala di Indonesia.


Bicara soal bagaimana kebaya bisa menjadi ikon untuk fashion Indonesia, tak luput juga dari peranan R.A Kartini sebagai ikon wanita Indonesia, mengingat kebaya merupakan pakaian asli wanita Jawa Tengah kala itu yang filosofinya tidaklah hanya serta merta sebuah pakaian sehari-hari. Modelnya yang sederhana diartikan juga sebagai keserdahanaan hidup rakyat Indonesia. Kemudian kain/jarik yang membebat tubuh membuat para wanita yang memakainya tidak bisa bergerak secara cepat. Sehingga makna yang terkandung di balik Kebaya Indonesia adalah tentang kepatuhan, kelembutan dan kelemah-gemulaian wanita Indonesia. Kebaya memang menjadi cerminan budaya kita sebagai wanita Indonesia yang memiliki karakter khas dibandingkan bangsa lain.




[caption id="" align="aligncenter" width="640"] Kebaya Pesta[/caption]

Namun, saat ini kebaya sudah tidak terlalu memiliki desain yang kaku nan membuat susah bergerak. Kita tahu pemberdayaan perempuan belakangan ini cukup lumrah dan terjadi di semua bidang. Sehingga, itu membuat kebaya bertranformasi menjadi lebih nyaman dan mudah dipergunakan.


Sehingga, walaupun terjadi modifikasi tetap tidak menghilangkan estetika dan keanggunan kebaya itu sendiri. Sesuatu yang bersifat tidak luwes, pastinya akan terus diperbaiki mengingat sifat kekakuan itu tidak akan bisa bertahan lama di jaman yang serba fleksibel saat ini.


Itu pastinya bisa kita lihat dari penggunaan kebayan yang bukan cuma di acara resmi formal, tapi acara yang bersifat kasual pun sudah ada beberapa perempuan yang memakai nya. Tentu saja ini sudah terlihat lebih modern dan chic yang bisa membuat orang yang memakai nya lebih pede. Kebaya modern sudah umum saat ini kalau kita lihat di acara-acara yang beragam tema.




[caption id="" align="aligncenter" width="408"] Kebaya Jilbab Modern[/caption]

Tapi itulah keunikan kebayaIndonesia. Walau berasal dari jaman nenek moyang kita, tapi tetap bisa dipergunakan sampe sekarang karena sifat dari pakaian itu sendiri yang dapat mencerminkan karakter dan identitas para perempuan Indonesia yang menginginkan keindahan sekaligus memiliki fungsi yang menjawab keinginan pemakai nya. Pastiin kita bangga akan memakai nya yah guys, sebab yang namanya produk budaya bangsa sendiri yang harus oleh kita juga yang melestarikannya.


See you again on the next post........xoxo

Komentar