[REVIEW] In To The Hype: Purbasari Matte Lipstick No. 81 dan 83

Well, mungkin ini blog post gw agak telat kali yeh. Maklumin deh yah, secara banyak bener produk sampe bingung eike mau bahas yang mana duluan. Hahaha.


Anyway, salah satu produk Indonesia yang terkenal akan produk lulur badannya ini ternyata sudah memiliki produk Matte Lipstick sejak kurang lebih dari 2 tahun yang lalu. I'm a little bit surprised by that!




[caption id="attachment_3681" align="aligncenter" width="600"]Purbasari Matte Lipstick - Packaging Packaging[/caption]

Beberapa bulan belakangan ini emang Matte Lipstick lagi hype banget!!! Kayaknya setiap brand make up di luar negeri tuh berlomba-lomba mengeluarkan produk Matte Lipstick. Dan ternyata, animo para cecewe penggemar make up pun seakan gak mau ketinggalan untuk memilikinya. Termasuk gw sih. Hehehe.


Nah di antara "serangan" Matte Lipstick products dari brand luar negeri, terselip harta karun nasional yang langsung melejit karena tren Matte Lipstick ini. Ya, inilah Purbasari Matte Lipstick.



~ PRODUCT ~



So flattering! A beautiful pigmented matte formula for fullbodied velvety and luscious lips, that stays-true color that lasts all day - and night. The hydrating formula keeps lips hydrated and protected. Purbasari Lipstick Colour Matte is available in 10 different colours.



Menurut website resminya Purbasari, lipstik ini benar-benar berpigmen dan jika digunakan akan memberikan sensasi selembut beludru dan juga mampu bertahan lama di bibir tanpa membuatnya kering.



~ PACKAGING ~


[caption id="attachment_3682" align="aligncenter" width="600"]Purbasari Matte Lipstick - Case Case[/caption]

Sederhana, itu yang bisa gw kasih tahu ke kalian. Dibungkus dengan kotak karton berwarna hitam, diberikan nomor sesuai warnanya dengan stiker berbentuk hati. Untuk body lipstiknya sendiri juga berbentuk persegi panjang kaku berwarna sama dengan cetakan "Purbasari" ada di salah satu sisi body-nya dan dicetak berwarna emas. Di bawah body lipstik terdapat nomor dan nama warnanya dan isi dari produk ini adalah 4gr.




[caption id="attachment_3678" align="aligncenter" width="600"]Purbasari Matte Lipstick Purbasari Matte Lipstick - Bottom Case[/caption]

~ TEXTURE and FORMULA ~


Kalau berbicara tentang tekstur memang lipstik ini terasa selembut beludru deh. Dibilang matte tapi juga gak dead matte. Lebih ke hydrating matte kalau gw bilang. Jadi ga seret kalau untuk diaplikasiin ke bibir.


Untuk formula-nya, buat gw enak banget. Ada wangi vanilla tapi kalau diaplikasiin ke bibir wanginya hilang sih. Sayangnya, masih transfer walau dalam jumlah yang sedikit. Wajar sih, karena dia ga dead matte.



~ COLOR CHOICE and PIGMENTATION ~


[caption id="attachment_3683" align="aligncenter" width="559"]Purbasari Matte Lipstick Purbasari Matte Lipstick[/caption]

Pilihan warna dari Purbasari Matte Lipstick ini cukup beragam, ada 10 warna. Namun sayangnya pilihan warnanya "suram" kalau menurut gw. Maksudnya, kurang cerah karena tergolong warna-warna tua yang menurut gw tidak universal bagi kebanyakan warna kulit orang Indonesia dan selera dari kebanyakan para cewe-cewe muda di luar sana. Mungkin kalau dikategoriin, termasuk warna untuk musim gugur (fall season). Warna-warna seperti ini menurut gw kurang diminati oleh kawula muda BUT in the contrary, saat ini gw denger Purbasari Matte Lipstick ini hype banget di seantero jagat Indonesia dan sekarang termasuk yang susah dicari. Malahan kabarnya, stok di pabriknya pun sedang habis. WOW BANGET YE MAK!


Bicara soal pigmentasi, ga perlu diragukan lagi. Kebanyakan Matte Lipstick memang memberikan hasil akhir yang paling menutupi kekurangan bibir. Tapi tidak kalau lo punya bibir pecah-pecah. Jadi saran gw baiknya lo exfoliate bibir dulu sebelum menggunakan Purbasari Matte Lipstick.


Warna yang gw pilih ini adalah no 81 (DIAMOND) dan no 83 (PIRUS).

1. Diamond (no. 81)
Warna ini merupakah warna peachy-nude dengan sentuhan netral, tidak warm dan tidak cool sehingga bisa digunakan baik buat kalian yang memiliki kulit warm undertones atau cool undertones. No white underhue jadi dijamin ga bakal bikin wash-out warna kulit (baca: bikin kulit kusam) untuk kalian yang punya warna kulit lebih gelap. Gw biasanya menghindari warna gini karena bakal bikin warna kulit gw yang dasarnya warm (yellow undertones) bakal kelihatan makin kuning. Tapi ternyata cocok kok di gw.




[caption id="attachment_3685" align="aligncenter" width="600"]Purbasari Matte Lipstick Purbasari Matte Lipstick - Hand Swatch[/caption]

[caption id="attachment_3684" align="aligncenter" width="600"]Purbasari Matte Lipstick Purbasari Matte Lipstick - Lips Swatch[/caption]

2. Pirus (no. 83)
Ini merupakan salah satu warna favorit gw. Yap, semenjak Marsala dijadiin Pantone's Color of The Year 2015 tahun lalu, warna-warna beginian langsung jadi heboh seantero dunia sepanjang 2015. Kayaknya tiap merk kosmetik yang ngeluarin produk lipstik, terutama Matte Lipstick, pasti bakal ngeluarin warna beginian deh. Populer banget! Pirus itu merupakan warna purplish brown kalau menurut gw. Dia memiliki unsur warna cokelat sehingga masuk banget di kulit gw yang sawo matang. Lebih tepatnya cokelat keunguan ya. Ga sampe reddish brown seperti di Pantone, tapi masih masuk dalam kategori satu tone menurut gw. Light Marsala?
Buat yang ga tahu Marsala, ini penjelasannya:




Marsala is fortified with brandy or neutral grape spirit usually made with regional grapes. A cooked grape must called 'Mosto Cotto' gives Amber Marsala its deep brown color. A sweetened fortified wine called 'Mistella' is often blended, made from Grillo grapes.



~ PRICE and PRODUCT AVAILABILITY ~


Produk ini dijual dengan harga Rp35,000an. Setidaknya itu harga yang gw bayar waktu gw beli di Naga Pasar Swalayan. Selain di pasar swalayan ini, gw ga tau lagi bisa nemuin di mana. Menurut beberapa informasi yang gw dapet, Purbasari Matte Lipstick ini juga bisa ditemui di toko kosmetik yang ada di pasar-pasar.


Lipstick Bullet



~ VERDICT ~


Gw suka banget sama lipstik ini. Menurut gw, ini lipstik dengan kategori matte yang ga bikin kering di bibir. Jadi ini WORTH THE HYPE banget, apalagi kalau melihat price tag-nya yang hanya Rp.35,000 per piece dengan isi produk 4gr. Berbeda dengan matte lipstick yang pernah gw coba dari Mirabella dan Inez, Purbasari ini lebih satin matte finish karena hasilnya masih memperlihatkan sedikit kilau. Sedikiiiiiittt banget sih. Bisa dibilang formulanya mirip dengan La Tullipe Matte Lipstick.


This lipstick definitely will survive through light meal or drinks. Kalau pun hilang warnanya di inner rim bibir, gw bisa dengan gampang touch up. Ga perlu takut bakal patchy atau flakey layaknya Matte Lipsticks lain. Enaknya, it doesn't settle into lip lines. Jadi bibir tetep kelihatan bagus. Velvety banget! I will definitely buy another color in the future!


For Purbasari, two thumbs up for this lipstick! Gw berharap ke depannya bakal memperbanyak pilihan warna, terutama warna-warna cerah supaya bisa makin nge-hits di Indonesia!



~ (^ _ ^) ~


Well, it's a wrap! Semoga ulasan gw bisa bermanfaat buat kalian yang lagi cari lipstik ini. See you on my next post!


XOXO~~

Komentar

  1. Nyari lipstik ini di Surabaya susaaaahhh banget. Padahal naksir fleur sama diamond. Katanya ini lebih enak dari wardah jadi penasaran banget.. >_<

    www.gadzotica.com

    BalasHapus
  2. Emang. Aku sendiri lebih suka ini daripada Wardah yang long lasting itu. Selain stiknya ga gampang patah, juga gak seret kayak Wardah long lasting lipstick. Harganya juga lebih murah sih. Kamu ga coba beli online aja say? Pernah gak sengaja nemu di Tokopedia, banyak juga yang jual.

    BalasHapus
  3. guardian mbak ada,hanya warna kurang lengkap

    BalasHapus
  4. iya, belum lama ini lihat di Guardian ada spotnya sendiri untuk si Purbasari ini. Tapi ya gitu deh, cuma ada tray lipsticknya aja, tapi produknya ga ada alias kosong. Hehehehe.

    BalasHapus
  5. Suka banget sma texture lipstik ini, dia matte tapi sma sekali gak kering di bibir dan ringan bget..
    tapi nyari si purbasari di samarinda jga susah bget hiks

    BalasHapus
  6. Iyaaa, aku pun sis! Hihihihi... Jangankan di Samarinda, wong di Jakarta aja susahnya pol!!! Hahaha...

    BalasHapus
  7. Kalo di samarinda coba deh mba di Jl. Imam Bonjol toko cosmo cosmetics, biasanya ada.

    Btw mba alfia makasih yaa reviewnya, aku jatuh hati sama piruz dan alhamdulillah setelah keliling2 kota nyari akhirnya dapet #lohkokcurhat hehehehe

    BalasHapus
  8. Wah, senangnya... Hihihi. Sama-sama mba... Sekalian tebar racun cancikss... Hihihihi....

    BalasHapus

Posting Komentar

Gimana menurut kalian?