[TIPS] Know Your Skin Tone

Hello Invaders,

Masih suka salah membeli foundation? Atau ternyata bedak yang kamu beli malah bikin belang antara wajah dan leher? Ssst, ternyata ada trik dasarnya supaya kamu bisa mengetahui kulit kamu ini warnanya masuk golongan mana..



Pada dasarnya, warna wajah manusia itu dikategorikan dengan cool atau warm. Cool identik dengan kulit yang memiliki warna dasar pink lebih kuat. Sementara warn identik dengan kulit yang memiliki warna dasar kuning yang lebih kuat. Namun ada juga warna kulit yang berada ditengah-tengah antara cool dan warm, yaitu netral.


Trus, gimana cara nentuin warna dasar kulit kita itu termasuk golongan mana? Gampang! Lihatlah pergelangan tanganmu. Jika urat-urat yang terlihat memiliki warna ungu, maka kamu tergolong memiliki warna kulit cool. Namun, jika ternyata warna urat-urat yang terlihat dominan warna hijau, maka kamu tergolong memiliki warna kulit warm. Dan, jika kamu melihat kedua warna ungu dan hijau di pergelangan tanganmu, maka kamu tergolong netral.


Kok bisa ya? Ya bisa donk... Hal ini dikarenakan warna dasar kulit kamu yang mempengaruhi terlihatnya warna urat-urat tadi. Pada dasarnya, urat-urat tersebut berwarna biru. Namun, karena warna dasar kulit kamu berwarna pink maka urat-urat tersebut terlihat berwarna ungu (think: warna biru + warna pink = warna ungu). Sedangkan bagi yang warm, karena warna dasar kulit kamu berwarna kuning, maka urat-urat tersebut terlihat berwarna hijau (think: warna biru + warna kuning = warna hijau).


Nah, sekarang kita beralih lebih lanjut mengenai warna kulit kita ini yang sering ditemui di Indonesia yuuu...



PORCELAIN
( 95% warna pink, 5% warna kuning )


Merupakan warna kulit yang terlihat paling halus. Biasanya, pembuluh darah si pemilik warna kulit ini jadi lebih terlihat dan juga kulitnya terlihat blue-ish atau pucat. Tapi sih ya, warna kulit ini biasanya jarang atau tidak sama sekali ditemui pada daerah Asia. Lebih banyak ada di daerah Eropa dan Amerika. Warna kulit ini lebih cocok menggunakan warna-warna dingin (seperti biru dan ungu) serta bedak yang berwarna dasar agak pink.



FAIR
( 65% warna pink, 35% warna kuning )


Warna kulit ini sering mengalami perubahan warna di wajah. Warna kuning yang kuat membuat pembuluh darah tidak terlalu nampak di wajah, namun memberikan rona kemerahan. Cocok menggunakan warna-warna yang dingin ataupun hangat.



LIGHT OLIVE TO OLIVE
( 5% warna pink, 95% warna kuning )


Nah ini termasuk kebanyakan warna kulit orang Indonesia. Termasuk aku! Warna kulit ini sangat dominan warna kuningnya sehingga tidak tampak "transparan" seperti layaknya orang yang berkulit Porcelain atau Fair. Jenis warna kulit ini cocok sekali menggunakan warna-warna hangat seperti kuning, merah, orange, atau coklat.


___


Sekarang kamu sudah tahu kan trik sederhana dalam menentukan warna dasar kulit kamu? Jadi ga salah lagi deh dalam menentukan warna kosmetik baik make up dasar ataupun dekoratifnya. Sekian dulu tips dari aku. Sampai jumpa di post aku berikutnya ya...


XOXO~~

Komentar

  1. Great post. baru tau istilah skintone porcelain - fair - olive. Biasanya light - medium - dark. Makasih udah sharing :)

    bjorkiagadzotica.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Gimana menurut kalian?