[TIPS] Wallet-Saving Cosmetics Shopping

Hello Sugar Muffins,


Duh, akhir-akhir ini yang namanya lipstik matte lagi ngetrend banget. Terutama yang bentuknya cair. Aku dan beberapa teman beauty blogger lain, suka kewalahan ngikutin trend. Hahaha, namanya juga cewe ya, demi eksistensi suka ga luput ikutin trend.



Nah, imbasnya, kantong suka jebol tiap bulan.. Jatah jajan bulanan rela banget diirit-irit demi bisa dapetin kosmetik impian yang saat ini sedang digandrungi banyak orang. Pokoknya, jangan sampai ketinggalan deh. Siapa coba yang suka begini?? Hayooo tunjuk tangan!!! Pasti hampir 90% cewe melek internet bakal cepet tanggep sama yang namanya trend!


Lebih apes lagi, sudahlah trend yang datang silih berganti bak siang berganti malam, eh ngumpulnya juga sama temen-temen yang satu passion dan interest. Makin jadi deh racun warna-warni bertebaran dimana-mana dan ga kenal waktu sampai jadi kayak lingkaran setan. Hahaha. Duh, makin elus-elus deh tu dompet!!



Oleh karena itu, aku ingin berbagi nih ke teman-teman sesama beauty addict untuk bisa lebih bijaksana dalam mengatur pengeluaran pembelian kosmetik. Ini penting banget! Mengingat, yaaa lirikan pedas suami yang suka menusuk tajam. Hahaha, apalagi dalam beberapa bulan kedepan aku sudah harus mempersiapkan kelahiran si jabang bayi. Jadinya yaaa, mesti pinter-pinter mengakali pembelian kosmetik. Pokoknya, gimana caranya deh supaya tetep bisa shopping tanpa harus terlalu menguras dompet! Berikut ini tips dari aku...



1. Selektif Dalam Membeli


Suka dengan high-end brands? Atau designer cosmetics? Well, sah-sah aja kok asal tetap harus bisa mengingat kemampuan. Kalau seandainya kamu emang demen banget sama kosmetik mahal dan takut turun gengsi kalau harus touch up di depan umum karena pakai barang kelas menengah, coba akali dengan cara ini supaya keuangan kamu tetap terjaga: pilihlah satu atau dua jenis produk make up yang sering kamu gunakan sehari-hari, contohnya bedak dan/atau lipstik.



2. Carilah Produk Alternatif


Buat kamu yang doyan beauty products, istilah "dupes" pasti ga asing donk? Terutama produk lipstik nih. Untuk yang belum tahu, sekilas aja aku jabarin ya. Dupes itu diambil dari kata "Duplicate" yang maksudnya kita bisa mendapatkan hasil make up yang serupa (warna, tekstur, atau intensitas) dari sebuah merk kosmetik mahal yang dikeluarkan oleh merk kosmetik yang harganya jauh lebih terjangkau. Misalnya, lipstik merk A yang harganya ratusan ribu rupiah warnanya tu cakep banget bahkan sampai jadi trend. Tapi ternyata, ada juga lipstik dari merk lain yang mengeluarkan warna 90-99% mirip dengan lipstik dari merk A namun dengan harga yang jauuuuhhhhh di bawah harga lipstik A tersebut. Nah ini lah yang disebut dupes. Jadi, lebih baik kamu cari-cari yang model gituan aja. Toh juga kalau uda dipake ga bakal keliatan juga kan merk-nya. Hihihihi.




3. Carilah Harga Terbaik


Well, yes! Harga berbanding lurus dengan uang yang harus dibayarkan. Makanya nih, jangan ragu buat meluangkan waktu lebih untuk mencari-cari toko dengan harga paling terjangkau buat dompet kamu. Toko-toko kosmetik di mal besar saja kadang harganya suka berbeda antara satu dengan yang lain. Apalagi kalau kamu sampe cari online shop terpercaya. Sejauh pengamatanku, perbedaan harga kosmetik antara online shop satu dengan yang lainnya bisa mencapai 50%-70% lho! Apalagi kalau memang produk kosmetik tersebut bukan buatan lokal.



4. Coba Titip Teman


Punya teman yang hobi buat jalan-jalan ke luar negeri? Nah, sekarang saatnya buat nitip beli produk kosmetik yang kamu incar banget!! Banyak banget produk kosmetik yang harganya jauuuhh lebih murah di negara asalnya. Kan lumayan bisa hemat biaya cukai dan ongkos kirim ke Indonesia.



5. Mending Skin Care aja deh!


Nah, salah satu produk kosmetik yang kadarnya suka ga bisa ditawar lagi adalah produk perawatan kulit wajah. Kalau tadi produk make up bisa diakali dengan cari dupes, kalau skin care kayaknya ga bakal bisa dupes deh. Soalnya ini menyangkut kebutuhan dan kecocokan kulit masing-masing orang. Kalau emang kamu merasa harus jor-joran belanja kosmetik, mending investasiin ke produk skin care karena berhubungan langsung dengan kesehatan jangka panjang.



(^_^)


Oke, sekian tips dari aku. 5 cara di atas merupakan yang paling sering terjadi di sekitaran kita. Jadi, manfaatkanlah dengan baik demi tercipta harmonisasi antara gaya dan dompet. Hehehehe. See you on the next post!


XOXO~~

Komentar

  1. Ahh bener banget nih tipsnya. Kadang suka nge-los belanjanya. Thank you for sharing :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Gimana menurut kalian?