Fake Alert: Maybelline Magnum Volum'Express Mascara [INFO]

Fake Alert Maybelline Magnum - Beberapa waktu lalu, seorang teman memberikanku sebotol maskara dari Maybelline. Kebetulan aku suka banget sama maskaranya Maybelline karena selain terjangkau, mudah didapatkan, juga tahan air serta banyak varian. Nah, kebetulan, ketika ini maskara sudah aku terima, aku langsung masukin deh tu ke make up pouch untuk produk khusus cadangan. Jadi kalau-kalau maskara aku habis, aku bisa langsung ambil tanpa harus ribet beli dulu.

Fake Alert
Maybelline Magnum Volum'Express Mascara
fake-maybelline-mascara-fiarevenian

Tidak lama kemudian, seorang teman yang juga mendapatkan barang yang sama dari orang yang sama, tiba-tiba BBM-in aku. Dia cerita kalau dia sudah buka, sudah melakukan investigasi juga (halah!) dan akhirnya menemukan bahwa ternyata maskara itu PALSU, teman-teman! Waduh! Memang sih sekilas lihat gak kentara kalau itu palsu, apalagi masih disegel jadinya belum bisa memutuskan itu palsu atau tidak. Tapi emang dasar deh ini temanku yang kelewat jeli banget matanya, bahkan dari segel pun dia uda curiga kalau itu palsu. Hahahaha, kecolongan ane gan...! Thanks to her sudah beri tahu aku. Karena, walau memang maskara itu sudah masuk barengan sama kosmetik-kosmetik yang jadi stock-an aku lainnya, kalau aku merasa uda kebanyakan biasanya suka aku kasih ke orang yang kebetulan biasanya lagi butuh. Beruntung ya, jadi dosa deh nanti kalau pas kebetulan apes ngasih orang tuh barang palsu. Hiiyy seremmm,,, apalagi kan mata termasuk daerah paling sensitif ya. Pakai produk original aja kadang masih suka iritasi, ga kebayang deh kalau sampe kena masuk produk abal-abal. FYI maskara Maybelline The Magnum ini memang salah satu yang jadi best-seller.. Yah tapi kalau uda palsu begini yang ada bukan Maybelline, tapi Maybe dia nyebelin.. LOL LOL LOL!

fake-maybelline-mascara-fiarevenian


Mungkin bagi beberapa dari kalian, ini bukan hal yang baru ya. Tapi aslinya aku ga pernah sangka akan dapat barang palsu dari seorang teman.. Well, anggep aja mungkin beliau sedang khilaf sehingga tidak menyadari bahwa produk tersebut palsu. Aku emang uda sering denger kalau maskara Maybelline ini banyak palsunya. Entah ya, karena dari segi harga aja masih tergolong terjangkau kok, sekitar Rp70,000 aja. Bandingkan dengan maskara terkenal lainnya asal luar negeri, ini salah satu merek yang memang terjangkau! Hm,, ibarat kata mah dimana ada kemauan di situ ada jalan. Dimana ada permintaan pasti bakal ada pembuatnya.. Anggep aja ini isi blog aku sebagai pengingat untuk bisa lebih hati-hati ya teman-teman.. Terutama bila produk yang kalian terima itu hasil pemberian orang atau kamu beli di online shop dengan embel-ember termurah sejagat raya (carilah yang terpercaya!) atau pas beli di toko kosmetik biasa yang bukan official retailer.

fake-maybelline-mascara-fiarevenian


1. SEGEL
Untuk ini, maaf banget, aku ga fotoin segelnya. Soalnya uda bener2 ancur-cur-cur saking gemesnya penasaran ini maskara abal-abal atau bukan. Tapi yang pasti, menurut pengakuan dari temanku dan juga setelah aku perhatikan, untuk segel maskara Maybelline palsu ini TIDAK ADA ALAMAT DISTRIBUTORnya. Seperti yang kita tahu, pendistribusian produk Maybelline di Indonesia dipegang oleh PT. L'oreal Indonesia yang beralamat di Jl. HR. Rasuna Said. Keterangan nama distributor dan alamatnya akan tercantum bila produk Maybelline tersebut asli. Disertai pula dengan tanggal kadaluarsa produk. Selain itu yang terlihat jelas adalah adanya rincian komposisi produk di segelnya.

2. KEMASAN

  • Cat Kemasan Produk Tidak Merata
Begitu segel plastik dirobek, cat di kemasan terkelupas sehingga membuat penampilan body kayak produk lama yang udah banyak kegesek kemasan produk kosmetik lain di dalam make-up pouch.
  • Tulisan Yang Tercetak Tidak Rapi
Terlihat beberapa huruf ada yang hasil cetakan catnya tidak simetris dan warnanya sedikit pudar.

fake-maybelline-mascara-fiarevenian

  • Cat Di Leher Botol Rontok
Untuk kemasan Maybelline The Magnum Volum'Express ini, bagian leher botol dicat warna ungu sesuai dengan karakteristik dari si kemasan. Nah untuk yang palsu, catnya bener-bener berantakan. Kamu korek sedikit aja udah terkelupas dari jasadnya (halah!).
  • Tutup Botol Tidak Biasa/Bergerigi
Nah, seumur-umur dari jaman masih kuliah pakai maskaranya Maybelline, aku ga pernah sekalipun lihat tutup botolnya memiliki gerigi pengait seperti ini. Bahkan sampe sekarang pun aku masih setia pakai produk maskaranya Maybelline tapi ga ada tu satu varian pun yang menggunakan sistem pengunci kemasan dengan model seperti ini. Selain itu, ketika kamu hendak menutup kembali maskaranya, terasa banget kalau pergerakannya ga mulus. Itu tandanya, batang kuas maskaranya tidak presisi. Ga seperti yang asli, akan sangat mudah sekali jika kamu ingin mengeluarkan atau menutup kembali maskara. Kalau yang ini, seperti ada bunyi "klek" jika ditutup.

fake-maybelline-mascara-fiarevenian

  • Kuas Maskara Yang Lurus dan Gendut
Ok, ini emang agak tricky karena harus melewati banyak proses untuk sampai pada tahap ini untuk bener-bener yakin kalau maskara ini palsu. Yak, dari jaman sejak Maybelline Hyper Curl keluar, mereka selalu menggunakan jenis kuas lengkung untuk maskara yang bentuk botolnya serupa (Hyper Curl, Turbo Boost dan The Magnum). Berbeda dengan maskara Cat Eyes / Rocket itu yang memang untuk fungsi memanjangkan bulu mata. TAPI untuk kasus si maskara nyebelin ini, ternyata kuasnya berbentuk lurus. Referensi yang aku punya, kira-kira bentukannya sama seperti kuas maskaranya Oriflame Volume Boost. Nah dari gambar di atas uda jelas keliatan kan kalau kuas maskaranya tuh beda banget. Yang atas (palsu) lurus macem kebanyakan kuas maskara standar, sedangkan yang bawah (original) merupakan ciri khas dari si Maybelline ini, bentuknya rada pipih dan melengkung untuk menciptakan bulu mata yang lentik.

fake-maybelline-mascara-fiarevenian


  • Tekstur Maskara Lengket
Ini bagian yang paling bahaya (and the yuckiest part) karena sekali uda kena bulu mata, hanya Tuhan yang tau bakal jadi apa matamu nanti. :( Nah di sini terlihat banget kalau tekstur maskaranya terlalu kental sehingga bentukannya ga oke. Lihat aja, pas nyangkut di ujung kuas, eh ini tekstur maskaranya malah ngegantung-gantung gitu macem lendir. Ih, geli banget!

  • Bau Kimia Menyengat

Emang sih hampir semua produk maskara pasti beraroma khas bahan kimia. Tapi ini kentara banget baunya tuh ga enak. Bener-bener bau kimia yang menurut aku seperti baunya petroleum gas gitu, semacem kerosen (minyak tanah) atau oli gemuk kendaraan bermotor yang suka dipake di bengkel-bengkel (macem gue anak bengkel aja jadi ngerti.. Hehehe). Kurang lebih seperti itu yang bisa aku deskripsikan.

fake-maybelline-mascara-fiarevenian

Gambar di bawah ini adalah sebagai perbandingan dari segi kemasan luar antara maskara Maybelline yang palsu (gambar-gambar di atas) dan yang asli (gambar di bawah):

original-maybelline-mascara-fiarevenian

Kesimpulan

Berdasarkan gambar terakhir di atas (Maybelline Volume'Express Turbo Boost Mascara), mari kita mencirikan maskara Maybelline yang asli. Dari sini sudah terlihat jelas ya, bahkan pada saat segel masih terpasang pun sudah mantab dari segala tinta dan cetakannya. Ditambah, jika maskara Maybelline kamu asli, maka:

  1. Akan tercantum nama dan alamat perusahaan yang mendistribusikan produk Maybelline.
  2. Tercantum tanggal kadaluarsanya.
  3. Tercantum daftar komposisi dari produk tersebut karena space dari kemasan yang tak memungkinkan untuk mencetak daftar komposisi tersebut maka dicetaklah di atas plastik segel.

Satu hal yang pasti, kalau mau lebih yakin maskara atau produk kosmetik kamu asli atau gak, kunjungilah minimart atau supermarket yang ada di area kamu dan kalau mau beli secara online, ya pilihlah official retailer ya. Sekian informasi dariku, semoga kita bisa makin teliti ya dalam mencirikan mana produk palsu atau bukan.

Komentar

  1. whaaa... serem juga ya kalo nemu produk palsu kayak gini. ngga kebayang efek yang didapat si pemakainya.
    thanks for sharing! jadi bisa lebih waspada dan teliti sebelum membeli & memakai produk.

    BalasHapus
  2. banget dear. Soalnya emang kalau ga terlalu familiar dengan segelnya, kamu ga akan nyangka kalo itu palsu. :D

    BalasHapus
  3. haha... miris tapi lucu. barang ga seberapa harganya juga dipelsongin juga. aku juga punya si magnum ini, pas liat foto diatas awalnya ga ngeuh kepalsuannya. tapi jrenggggggg... pas liat kuasnya jauh berbeda dari kuas maybelline punya aku.. ckck

    jdi emosi deh liat ini :( tega bgt yg malsuin ya

    sweet-creamy-pink.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Hahaha, iya ini tu nyebelin banget. Padahal ini The Magnum salah satu favorit aku dari seri maskaranya Maybelline. Tapi beruntunglah juga bisa langsung tau kalau ini palsu tanpa harus buka segel setelah teman aku bbm. Iya, emang kudu ati-ati banget ikh kalau mau beli. Kadang ga bisa disalahin juga ya, siapa tau di beberapa daerah pasokan barang-barang semacam kosmetik ini suka ga tentu sehingga mengundang orang untuk memalsukannya. Tp tetap aja sih caranya salah kalau uda memalsukan..

    BalasHapus
  5. Jgn lngsung percaya dgn segel nya mba, buktiny aku dpt yg palsu, bru nyadarnya di alamat distributor ny bukan d rasuna said tp d dr. Satrio..parah..pdahal aku jrang bli kosmetik seharga itu dan dpt yg plsu lagi..huftttt..

    BalasHapus
  6. Waduh, lagi-lagi ada korban jatuh ya. Kamu emangnya beli dimana say? Mulai sekarang kalo beli maskara Maybelline emang bener-bener mesti ekstra hati-hati. Aku sendiri malah kepikiran banget buat ganti brand dan cari yg hasilnya serupa dengan hasil maskara Maybelline, daripada ragu kan dapet yg palsu. :(

    BalasHapus
  7. kak, tadi aku ke indomaret nganter mama ku. nah aku lihat harga maybelline yg hypercurl cuma 33000 ribu. padahal 7 bln yg lalu aku beli maybelline hipercurl di matahari 78.000...
    kira2 itu palsu ga ya kak?
    soalnya harganya jauh bgt

    BalasHapus
  8. Coba tanya dulu, sedang diskon atau ga. Setau aku juga harganya di atas 60ribuan. Tapi kalau sedang ada promo di sana, kemungkinan besar sih memang produk original.

    BalasHapus
  9. Thanks so much for sharing! Aku lagi browsing mascara di mataharimall.com trus liat ada reseller yang jual mascara ini cuma 23.5rb++, padahal di Luxola etc harganya 70++, langsung curiga deh. Entah kenapa nggak banyak yang ngomongin, jadi tadinya ragu apakah barang ini memang ada yang palsu atau ngga. Fotonya sih meyakinkan, tapi harganya kok too good to be true ya. Mending waspada daripada nyesel.

    BalasHapus
  10. Betul! Seingetku maskara ini termasuk yang suka dipalsukan. Tapi tetap yang paling populer dipalsukan adalah yang kuning, seri Magnum.

    BalasHapus
  11. punyaku ada kadaluarsa dan alamatnya tapi gaada komposisinya. kira2 gimana ya :| aku belinya di alfamart gitu :|

    BalasHapus
  12. Insya Allah, produk yg sudah masuk Alfamart ga abal-abal sis. Tapi kalau ragu, sis bisa coba cek teksturnya. Apakah berbeda dengan biasanya? Kalau kurang yakin, coba bandingkan dengan tekstur tester yang ada di konter resminya Maybelline. :)

    BalasHapus
  13. lasita taradityaMaret 15, 2016 2:51 PM

    makasih infonya mbak.
    saya juga curiga saya kebobolan mbak.
    saya beli mascara maybeline palsu (kayanya).
    pdhl harganya 85.ooo.(itu free make up remover)

    mata saya iritasi parah mbak.
    kalau nutup mata itu pedih banget.
    belom lagi kalau bobo seminggu ini jadi over belekan.
    nyesel beli..

    btw, makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  14. makasih infonya kak, parah banget aku dapet yang palsu, aku pesen dari temenku dia jual dgn harga yg murah bnget 40rb, padahal waktu aku cek di swalayan harganya tuh 89rb, dari kemasan plstiknya aja aku udah curiga, nyebelin banget kak

    BalasHapus
  15. Aaaahhh aku jg sepertinya kena tipu nih, iseng2 liat situs online eh ada yang lagi promo.. baca dari ulasannya sih bilangnya ori. Ya udin beli aja, tapi pas pake agak curiga sama teksturenya.. trs dari kuasnya jg beda bgt.
    Nah yang embel2 waterproofnya jg ah ternyarta dipake kena air lsg item bawah mata.. manaa diaplikasikan ke bulu mata keringnya lama bgt..
    kapok dah.. mending beli langsung ke counternya drpda online T.T

    BalasHapus
  16. Kak aku beli langsung di toko kosmetik khusu maybeline tapi di alamat nya tercantum dist nya itu di dr.satrio, jadi itu palsu ya kak ?

    BalasHapus
  17. Kalau beli langsung di counter Maybelline sih seharusnya tidak perlu diragukan.

    BalasHapus
  18. Ka klo eyeliner sma bedak maybelline yg magnum ada produk palsu'a jga?? Revew dong ka saya mau beli ragu bgt -,-

    BalasHapus
  19. Sejauh pengamatan saya, Maybelline hanya mengeluarkan varian Magnum hanya untuk produk maskara saja. Selain maskara, kemungkinan besarnya adalah palsu.

    BalasHapus
  20. Wah parah yaa.. dan sekilas memang mirip banget.. susah bedainnya kalo ga jeli jeli amat.. #kbbvmember

    BalasHapus
  21. liat ori atw fake maskara maybelline skrg aq dh tau... kmren aq beli ditoko harga ny murah cmn 25rb agk curiga egk jdi beli
    trpksa aq beli di indomart n hrgany 70rb aq cek asli

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, semoga artikel aku bermanfaat. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Gimana menurut kalian?