Holiday Essentials: Roll Up to BuhBye Overweight Baggage

Bentar lagi liburan nih!! Buat kamu yang masih sekolah, selain menghadapi ujian yang akan datang, pastinya kamu juga sudah prepare donk mau liburan kemana bersama keluarga? Emang masih agak lama ya, mungkin sekitar 2-3 bulan lagi.. Tapi ga ada salahnya kalau kamu siap-siap agar perjalanan kamu bisa terencana secara matang!



Sebelum bepergian ada baiknya dulu kita ketahui destinasi liburan dan memutuskan apakah kita perlu membawa koper atau tas ransel. Beberapa tempat wisata memang menawarkan kemudahan dalam mendukung kita menggunakan koper, tapi banyak tempat juga yang akhirnya membuat kita harus menggunakan tas ransel.


Tips dari aku kali ini adalah bagaimana kamu bisa menjaga bagasi kamu supaya irit tempat. Baik menggunakan koper atau tas ransel, irit tempat adalah hal yang penting! Ga mau kan jadi kerepotan sendiri gara-gara barang bawaan? Di antara penggunaan koper atau tas ransel, juga terdapat pro dan kontranya lho! Maka dari itu, coba disimak apa aja sih...


 

>PENGGUNA KOPER<


[caption id="" align="aligncenter" width="514"]Tas Koper Tas Koper[/caption]

Kalian pasti sudah tahu kalau koper tidak bisa dipakai jika kamu memutuskan untuk jalan-jalan ke area wisata petualangan. Maka dari itu, koper cocok dipakai jika kamu merasa bahwa tas-tas koper ini hanya "mengendap" di kamar hotel atau pas pengen jalan-jalan cantik. Ketika kamu bepergian menggunakan pesawat terbang, hanya koper kecil yang boleh dibawa ke area kabin pesawat, sedangkan yang besar harus ditaruh ke bagasi.


PRO


1. Punya space yang lebih besar sehingga bisa lebih banyak memuat barang dibandingkan dengan tas ransel.


2. Oleh-oleh dari tempat liburan, baik barang pecah belah atau tidak, lebih aman ditaruh ke koper sehingga tidak mudah rusak ataupun tercecer.


3. Kemudahan dalam mencari benda yang kamu bawa bisa didapati jika menggunakan koper karena luas area terbuka lebih lebar dan susunan di dalamnya bisa lebih ditata dengan baik.


KONTRA


1. Menggunakan koper memang enak, tapi ternyata tidak selalu menguntungkan. Pastikan kamu mengetahui fasilitas apa yang tersedia dan tidak tersedia di hotel tempat kamu menginap. Pikirkan baik-baik jika kamu menggunakan budget hotel, karena biasanya tempat menginap dengan status budget hotel kadang tidak menyediakan fasilitas lift/elevator.


 

>PENGGUNA RANSEL<


[caption id="" align="aligncenter" width="500"]Tas Ransel Tas Ransel[/caption]

Bentuknya yang sederhana, membuat tas ransel tidak banyak memakan tempat dan yang pasti bisa juga bikin irit biaya bagasi. Ini cocok banget buat kamu yang punya jiwa petualang ataupun dengan selera budget traveling. Untuk berpetualang, ransel memang sangat cocok digunakan karena praktis, terutama jika kamu suka hiking atau liburan dengan konsep lintas alam, karena lebih mudah dibawa bahkan bila kamu harus bepergian tanpa menggunakan kendaraan! Selain itu, ransel sudah pasti diperbolehkan masuk ke area kabin pesawat karena bentuknya yang lebih kecil. Jadi, kamu ga perlu mikir tambah biaya untuk bagasi, kan?


PRO


1. Praktis, mudah dibawa, dan tidak memakan tempat.


2. Sangat cocok digunakan bila di hotel tempat menginap kamu tidak terdapat fasilitas lift/elevator.


3. Lebih mudah dikontrol karena barang bawaan kita pasti tidak terlalu banyak.


KONTRA


1. Tidak cocok buat kamu yang emang niat jalan-jalan cantik, hehehe. Selain bikin cepat capek, juga bikin cepat keringetan karena barang keperluan selama beberapa hari kedepan kamu gendong di punggung selama perjalanan.


2. Sulit menyusun dan mencari barang. Spacenya yang tidak terlalu luas membuat semua barang bawaan kamu menjadi tercampur isinya.


 

>ULTIMATE TIPS!<


1. Buat para cewe-cewe yang demen jalan cantik, pasti berasa donk yah kalau semua aksesoris mesti dibawa semua, terutama sepatu. Hihihi.. You're not alone, dear! Tapi demi menghemat tempat, coba kamu pilih 2 alas kaki yang terdiri dari 1 pasang sendal dan 1 pasang sepatu yang paling kamu jadikan favorit dan yang pastinya yang paling nyaman. Jangan sampe untuk liburan 7 hari, kamu jadi bawa 7 pasang alas kaki! Hahaha, pastinya isi koper kamu bisa membludak! Itu sangat tidak efektif dan praktis, dear...


2. Bawalah pakaian yang menurut kamu bisa digunakan selama beberapa kali tanpa harus cepat-cepat dicuci. Contohnya, seperti celana jeans! Ini benar-benar bisa mengurangi kuantitas pakaian yang berimbas pada berat bagasi kamu, selain juga kamu jadi ga perlu bawa banyak pakaian.


3. Pilihlah pakaian yang bermaterial tidak tebal jika kamu tidak membutuhkannya. Utamakan pilih jenis material pakaian yang berbahan ringan saja.


4. Choose wisely! Yakinkan diri bahwa barang yang kamu bawa di bagasi kamu merupakan barang yang pastinya kamu perlukan selama liburan. Pikirkan baik-baik setiap barang yang hendak kamu bawa, kalau ternyata tidak akan terpakai di tempat liburan, lebih baik tinggalkan saja di rumah. Bawalah barang-barang yang pasti DIPERLUKAN, bukan yang kamu INGINKAN untuk dipakai.


Nah sekarang, supaya ransel atau koper kamu bisa irit tempat, ini ada satu cara dalam menyusun pakaian: ROLLING IT UP, girls!




[caption id="" align="aligncenter" width="536"]Menggulung Pakaian Menggulung Pakaian[/caption]

Nah, bagaimana? Mudah kan? Dalam satu gulungan, kamu bisa menempatkan 2 hingga 4 pakaian sekaligus. Bikin tas kamu isinya rapi dan tidak makan tempat.


Semoga bermanfaat, ya! Happy Holiday!

XOXO~~

 

 

Komentar