Cantik Dari Dapur

Hai guys, sudah lama sepertinya saya ga menulis di blog ini. Sekarang saatnya saya kembali dengan sebuah artikel. Yap, kali ini saya ingin memberitahukan informasi mengenai kecantikan yang bisa didapatkan dari dapur. Tempat yang pastinya ada di setiap rumah.


Bicara soal kecantikan, kecantikan itu memang tidak selalu identik dengan wajah saja loh. Faktor terpenting dari kecantikan jasmani adalah jiwa yang sehat. Maka dari itu, tema kecantikan kali ini berhubungan juga dengan kesehatan tubuh. Bahan-bahannya yang digunakan juga mudah banget loh!



1. TUBUH


Body
pic source


Melakukan aktivitas berat seharian sudah pasti akan bikin tubuh kamu jadi lelah. Kebanyakan orang, terutama buat para kaum pria nih, biasanya kopi atau minuman sejenisnya jadi pilihan utama buat meningkatkan stamina kembali. Eits, tapi ada pilihan lain yang pastinya lebih sehat dan alami. Buatlah segelas jus jeruk dengan tambahan sedikit garam dan perasan jeruk limau dan tak ada salahnya jika kamu juga memasukan sedikit madu. Rasanya yang segar akan menambah semangat pada tubuh kamu dan kamu siap beraktivitas kembali.



2. RAMBUT


[caption id="attachment_2232" align="aligncenter" width="400"]Rambut Rambut[/caption]

pic source


Punya rambut panjang? Terus jadi sering dikuncir? Kebiasaan ini bisa menambah kerontokan rambut lho! Terutama bagi kamu yang suka beraktivitas di luar ruangan, paparan sinar matahari juga tambah bikin kusam rambut kamu. Belum lagi buat kamu yang juga suka hair styling sederhana dalam keseharian, misalnya mencatok rambut atau buat kamu yang memang menggunakan jilbab. Bagi kamu yang dengan budget dan waktu berlebih, mungkin bisa melakukan perawatan di salon seperti misalnya hair spa. Tapi kalau misal lagi ngirit nih, cuss deh coba buat secangkir teh dan diamkan semalaman. Esok paginya, kamu keramas pakai teh itu dan diamkan selama 10-15menit lalu bilas menggunakan air bersih. Voila! Rambut berkilau, jadi milik kamu sekarang!



3. WAJAH


Masker Jeruk Nipispic source


Buat para cecewe niih... Make up pasti ga akan ketinggalan donk yah?? Minimal pasti kamu pake bedak! Hehehe. Nah, seringnya, penggunaan kosmetik tidak pula diimbangi dengan perawatan kebersihan wajah yang menyeluruh sehingga sel-sel kulit mati masih menempel deh tuh! Untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut, rahasianya ada pada masker jeruk nipis. Cuci dulu ya wajahmu hingga bersih lalu tempelkan irisan jeruk nipis dan diamkan hingga kering. Kemudian bilas dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka dan bilas kembali kali ini dengan air dingin agar pori-pori wajah merapat.



4. KUKU


Kuku-kuku
pic source


Kuku kamu rapuh sehingga mudah patah? Gunakanlah minyak zaitun dan lemon. Minyak zaitun terkenal dengan kandungan vitamin E sehingga sangat baik untuk menguatkan kuku. Sedangkan lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaat mencerahkan kuku kamu, lho! Caranya: cukup panaskan satu sendok makan minyak zaitun hingga hangat, teteskan perasan lemon secukupnya. Kemudian aduk hingga merata. Oleskan dan pijat perlahan kuku dan jari menggunakan campuran tersebut lalu bungkus dengan sarung tangan katun. Lakukan menjelang tidur 2 kali seminggu hingga kuku kamu kuat dan indah!



5. MATA


Mata Panda
pic source


Terlalu sering bergadang dan kurang tidur bisa membuat kamu memiliki mata panda! Sekeliling mata kamu akan terdapat lingkaran hitam yang menyerupai panda.. Nah, untuk mengakalinya, coba deh iris tipis-tipis kentang yang telah didinginkan di kulkas terlebih dahulu. Lalu letakkan di bawah mata sebagai kompresan. Zat di dalam kentang mampu menutup pembuluh darah yang bengkak dan secara berangsur-angsur akan mengurangi daerah gelap pada bawah mata.



6. KETIAK


ketiak
pic source


Pengaruh hormon, terlalu sering mencukur bulu ketiak atau penggunaan deodoran yang tak cocok, bisa membuat kulit ketiak kamu lama kelamaan menjadi menghitam. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba perasan jeruk lemon yang ditambah dengan parutan timun. Oleskan pada ketiak dan diamkan selama 20 menit. Cara ini dapat membantu mencerahkan area ketiak kamu.



7. MULUT


mulut
pic source


Bau mulut biasanya disebabkan oleh adanya sisa makanan dan bakteri yang tertinggal di dalam mulut. Rajin-rajinlah menggosok gigi dan jangan lupa untuk membersihkan lidah kamu hingga ke bagian belakangnya sebisa mungkin, karena di bagian inilah bateri banyak berkumpul. Menurut penelitian, dengan lidah yang bersih, bau mulut akan hilang hingga 50%. Kamu juga bisa mencoba khasiat daun sirih untuk mencegah bau mulut. Caranya: rebus air yang sudah dimasukan daun sirih di dalamnya. Kemudian, setelah air matang tunggulah sampai air tidak terlalu panas. Kalau sudah tak panas, gunakan air tersebut untuk berkumur sehingga membantu mengurangi bakteri dalam mulut.



8. BIBIR


madu_bibir
pic source


Tahukah kamu bahwa bibir kering disebabkan oleh kurangnya minum air putih, mengkonsumsi buah dan sayur? Nah, si manis madu sangat membantu untuk melembutkan dan melembabkan kulit bibir. Hindari mencoba melembabkan bibir dengan menjilatnya dengan lidah sendiri, karena hal ini justru bikin kulit bibir tambah kering. Lebih baik pakai lipbalm dengan SPF yang mampu melembabkan sekaligus melindungi bibir dari perubahan suhu dan sinar matahari. Nah kalau bibir lembut, mau pakai lipstik apapun pasti hasilnya akan bagus, kan?



9. TUMIT KAKI


tumit kaki
pic source


Permukaan kulit pada tumit kaki, seringkali mengalami pecah-pecah. Hal ini dapat disebabkan oleh gesekan yang terjadi ketika menggunakan sepatu yang kekecilan atau kebesaran yang akhirnya mengakibatkan pecahan-pecahan pada tumit. Untuk mengatasinya, selain menggosoknya dengan batu apung, kita bisa menggunakan kulit labu siam yang ternyata mengandung getah dan zat yang mengandung banyak protein, lemak, kalsium, fosfor, dan besi yang berkhasiat mengatasi kulit pecah-pecah. Oleskan getah labu siam tersebut pada tumit kaki dan biarkan hingga kering lalu bilas sampai bersih.


Okay, sudah sekian dulu yah untuk artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat buat kalian semua.


XOXO~~

 

Komentar