MAKE UP AND WAKE UP

Tren Make Up 2017 Yang Perlu Kamu Tahu!

Semakin ke sini, tren semakin berkembang dan berubah. Ya, namanya juga tren! Tapi beberapa tren bahkan seperti hidup kembali, jadi semacam mengalami perputaran masa ngehitsnya aja. Terinspirasi dari beberapa teman yang suka chat gw tentang beberapa terminologi make up yang semakin lama terdengar semakin aneh (bagi mereka), maka gw akan membagikan beberapa tren make up yang hits banget hingga di tahun 2017 ini. Mumpung juga tahun 2017 sudah memasuki kwartal akhir.

Buat beauty ganks yang memang masih sangat awam dengan make up, ada baiknya baca ini dengan duduk santai dan siapkan tisu secukupnya kalau-kalau nanti jadi mimisan karena puyeng sendiri. LOL.

Disclaimer: seperti yang sudah gw katakan di paragraf sebelumnya kalau yang namanya tren itu hanya mengalami masa perputaran aja. Beruntunglah kita (maksudnya: gw) yang memang memiliki daya tarik terhadap dunia kecantikan sehingga cukup tahu bahwa tren-tren yang gw tulis di bawah ini BUKANLAH HAL BARU. Post ini gw tujukan untuk para beauty ganks yang memang masih ada pada tahap awal mengenal make up, lets say: a beginner. Ga semua orang ngerti dan ngeh adanya tren make up seperti ini. Contohnya beberapa teman gw yang menginspirasi gw untuk bisa menuliskan post ini. Jadi, semoga bisa bermanfaat ya!

1. CONTOURING

Sebetulnya ini adalah sebuah trik make up yang sudah menjadi dasar yang salah satunya harus didalami oleh seorang make up artist. Trik ini merupakan sebuah cara untuk bisa mendapatkan ilusi wajah yang proporsional, oleh karena dibilang proporsional maka bentuk wajah oval adalah yang dimaksud. Sehingga, jika beauty ganks ada yang memiliki bentuk wajah selain oval, besar kemungkinan memerlukan teknik contour. Tapi ga wajib loh ya, karena memang sebetulnya tidak ada aturan baku dalam berkreasi make up.

credit: clevver.com

Contour adalah membangun lekuk wajah yang seharusnya memang diberi bayangan. Bagian yang memerlukan contour adalah pelipis, samping tulang hidung, di bawah tulang pipi, dan juga area dagu. Di bagian-bagian inilah orang umumnya melakukan contour. Ada juga yang memberikan contour di lipatan luar bibir bawah agar tercipta ilusi bibir yang tebal. Teknik contouring ini sangat dipopulerkan oleh seorang selebriti yaitu Kim Kardashian. Dialah orang yang sangat menyukai teknik contour dan hampir di segala kesempatan selalu menggunakan teknik ini dalam bermakeup sampai-sampai tahun ini pun Kim mengeluarkan kosmetik yang mengkhususkan untuk produk contour. Ya, namanya juga kan selebriti ya, jadi aja bagaimana dia bermakeup pun jadi headline juga.

2. NONTOURING

 

Masih juga dipopulerkan oleh Kim Kardashian, nontouring jadi salah satu istilah baru yang sebetulnya memiliki esensi yang sama, sama-sama membangun ilusi wajah yang proporsional. Bedanya, nontouring lebih memusatkan pada area-area yang memang membutuhkan untuk ditonjolkan. Area tersebut adalah bagian dahi, batang hidung, di bawah mata hingga tulang pipi, dagu dan area sepanjang di atas garis rahang. Jadi, tidak mengaplikasikan teknik contour di area-area contouring. Sampai sini sudah ngerti?

credit: pbs.twimg.com

Highlighting, strobing sendiri adalah mengaplikasikan foundation atau concealer yang warnanya 2 tingkat lebih terang dari warna kulit asli kita di bagian-bagian yang sudah gw sebutkan di atas. Sedangkan strobing adalah mengaplikasikan kosmetik yang bernama highlighter ke area seperti tulang pipi, dagu, batang hidung dan tulang alis. Nah, highlighternya ini biasanya mengandung partikel glitter halus sehingga hasilnya berkilau jika tertimpa cahaya.

Nontouring ini tekniknya sama dengan Strobing dan Highlighting. Cuma, sejauh yang gw mengerti, nontouring adalah bagaimana bisa menciptakan hasil make up yang fresh, skin-like, natural looking. Soalnya kan kalau contouring itu hasil yang diciptakan lebih tegas dan juga lebih tebal. Sedangkan, strobing dan highlighting itu sudah melekat banget dengan contouring. Jadi kalau elo melakukan contouring sudah pasti teknik highlighting diaplikasikan juga. Makanya hasilnya jadi lebih tebal daripada nontouring. Kalau bingung, coba cek deh make up para Victoria’s Secret’s Angels di fashion shownya. Itu adalah hasil dari teknik nontouring.

credit: claudmakeup.com

3. OVERLINING LIPS

 

Lagi-lagi masih berbicara soal Kardashian-Jenner clan, ada pula yang dibilang dengan overlining lips. Nah, kalau ini memang dipopulerkan oleh si bontot Jenner: Kylie Jenner yang akhirnya mengeluarkan produk Kylie Cosmetics. Sebenernya teknik ini juga bukan teknik baru karena termasuk dalam salah satu teknik korektif yang juga harus dikuasai oleh seorang make up artist. Teknik overlining lips adalah bagaimana caranya membentuk ilusi bibir yang proporsional dan simetris dengan menggariskan lip liner di luar garis bibir asli. Biasanya, teknik ini diaplikasikan kepada klien yang memiliki bentuk bibir tipis, kecil ataupun asimetris. Untuk bisa mengaplikasikan teknik ini, jujur aja kudu banget harus belajar. Soalnya kan yang namanya bentuk bibir setiap orang berbeda ya, dan juga sangat tergantung seperti apa hasil yang ingin dicapai.

credit: mensuck.com

Caranya untuk mendapatkan overlining lips memang terlihat mudah, tinggal siapkan lip liner dengan warna pilihan lalu garislah bibir elo dengan jarak sedikit di luar garis bibir asli. Satu hal yang bikin gak mudah dalam pandangan gw, elo tetep kudu paham sama kontur bibir elo sendiri sehingga bisa menyesuaikan agar hasilnya nanti gak seperti keantep tawon. LOL.. LOL..

Selanjutnya, trik overlining lips ini bagi gw tidak cocok diaplikasikan dengan pewarna bibir bertekstur glossy atau mengkilat. Jika elo mengaplikasikan pewarna bibir jenis glossy, akan terlihat sangat lucu karena garis asli bibir elo akan sangat terlihat karena tekstur glossy tersebut. Sudah tahu donk kalau sesuatu yang namanya glossy itu kan menangkap cahaya, menurut pengalaman gw sih nantinya akan terlihat seperti lipstik yang beleber. Bisa lihat contoh di atas, dengan menggunakan lipstik bertekstur glossy, malah membuat garis bibir asli jadi makin terlihat padahal guna menggunakan overlining lips ini supaya memberi ilusi bibir lebih tebal dari aslinya. Jadi lebih baik menggunakan pewarna bibir yang bertekstur matte yah.

4. BAKING

 

Well, ini adalah salah satu kata yang lumayan bisa membuat kekacauan. Hahahah. Selain digunakan pada kamus masak-memasak, kata baking sendiri juga ada pada kamus make up. Teknik baking juga sebenernya sudah lama sekali digunakan oleh para pecinta drag make up (sila googling), tapi mungkin baru populer akhir-akhir ini saja. Baking sendiri juga masih erat kaitannya dengan contouring-highlighting.

credit: featherstroke.com

Untuk mengaplikasikan baking caranya cukup mudah! Tinggal taburkan translucent powder pada area highlight setelah penggunaan concealer atau foundation lalu diamkan selama beberapa menit agar panas alami tubuh bisa menyerap bedak tersebut. Lalu sapukan kelebihan bedaknya dengan menggunakan kuas agar bisa terbaur dengan baik. Tujuan dari baking ini sendiri ada beberapa, yaitu agar make up lebih tahan lama terutama pada bagian-bagian yang rentan menggumpal seperti area bawah mata ataupun yang rentan berminyak seperti pada area tengah dahi dan batang hidung; dan supaya bagian yang perlu di highlight bisa lebih tegas kelihatannya.

5. Tightlining – Waterlining

Ini juga yang termasuk populer walau ga sepopuler 4 teratas yang sudah gw kasih tau itu. Kegiatan ini adalah tentang bagaimana elo mengaplikasikan eyeliner pada area garis mata dalam. Untuk tightlining sendiri dilakukan pada area tempat tumbuhnya bulu mata atas yang berguna untuk memberikan efek bulu mata yang tebal. Tapi namanya juga kan tren, beauty ganks ga harus selalu mengikutinya karena beberapa orang yang gw kenal bahkan tidak cocok mengaplikasikan cara ini karena mata mereka terlalu sensitif. Efeknya bahkan bisa membuat mata menjadi kemerahan dan mengeluarkan air mata secara berlebih. Tapi kalau gw sendiri sih tidak pernah ada masalah dalam mengaplikasikannya.

credit: beautyofgirls.com

Sedangkan untuk waterlining sendiri diaplikasikan pada area dalam garis mata bawah, lebih tepatnya di sekitar tempat tumbuhnya bulu mata bawah. Nah aplikasi ini sangat cocok jika ingin mendapatkan efek mata kecil atau besar. Kalau beauty ganks menginginkan efek mata yang terlihat lebih besar bisa menggunakan eyeliner dengan warna putih, silver maupun warna nude. Efek mata lebih besar biasa dilakukan jika ingin mencapai dandanan yang bertema dolly look atau seperti boneka. Sedangkan jika ingin mendapatkan efek mata lebih kecil bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan eyeliner berwarna hitam. Biasanya hal ini dilakukan jika ingin mencapai dandanan yang bertema smokey eyes.

6. Metallic Lips

No, we’re not talking about Metallica here. We’re talking about some metal-look lips. Yes, those lips! Ga tahu dari mana kehebohan tentang metallic lips kembali lagi. Bahkan beberapa merk kosmetik lokal sudah mulai berduyun-duyun mengeluarkan seri metallic lipstick-nya. You know what? Metallic lips were so happening in 90s, right when I was still in my junior school! Jaman gw SD, bibir metalik itu iyeuh banget! Ogah gw lihatnya! Sesuatu yang berbau mengkilat memang sangat hits pada waktu itu karena sedang menyongsong masa milenium. Ga usa lipstik, sendal warna silver aja laku banget, sis! Gw inget soalnya gw kagak dibolehin beli sendal warna silver metallic gitu ama emak gw! Soalnya katanya norak! Hahahaha! Nah, iya! Kesannya norak kan kalau menggunakan sesuatu yang merling-merling begitu! Eh sekarang malah gw juga jadi salah satu yang demen sama mode beginian: metallic lips! Uda ada beberapa produk lipstik yang bernuansa metalik yang gw punyai.

credit: potraitofmai.com

Jadi apa sebetulnya bibir metalik itu? Mudah saja! Bibir metalik adalah ketika elo menggunakan pemulas bibir warna metalik. Kalau gw sempat baca beberapa majalah online tentang kecantikan, ada kemungkinan bibir metalik sekarang hits lagi itu masih erat kaitannya dengan tren highlight atau strobbing yang sudah gw tulis di atas. Lipstik yang berwarna metalik itu sendiri adalah lipstik yang memiliki kandungan glitter halus sehingga ketika digunakan meski tidak terlalu tampak serpihan glitternya namun efek kilau glitternya terlihat. Contoh gambarnya sudah gw sediakan yah, so you can know the idea.

Nah, demikianlah sebagian dari make up trends yang sangat populer di tahun 2017 ini. Yah, namanya juga tren pastinya akan berganti seiring waktu. Seandainya pun muncul lagi di waktu yang akan datang, it is just a matter of time! Kalian tahu lagi ga apa saja yang menjadi tren selain 6 hal di atas? Bisa saling share yuk di kolom komentar supaya nanti bisa gw update! Oia, ada lagi nih terminologi soal skin care! Kalian bisa cek lebih lanjut ke sini yah!

See you on my next post!

2 Comments on “Tren Make Up 2017 Yang Perlu Kamu Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *