[TIPS] Langsing Ala Perempuan Bangsa China

posted in: Uncategorized | 3

Dear Invaders,

Siapa di sini yang suka Chinese Food? Hihihi, kalau aku suka banget, selama halal. Tapi tahu ga sih kalau ternyata Chinese Food sering diidentikan dengan makanan yang tidak sehat dan menggemukan?

Sempat baca juga kalau ternyata seorang ahli makanan China dari Inggris, Lorraine Clissold, mengatakan kalau cara makan bangsa China itu tidak akan membuat gemuk, namun justru sehat dan mengenyangkan juga membantu memerangi penyakit dan memperpanjang usia. Padahal kebanyakan bangsa Inggris dan Amerika justru berperang dengan mengonsumsi banyak sayuran dan salad tapi bahkan tidak menurunkan tingkat kegemukan.

Chinese Food
Chinese Food

Nah, karena aku sering bertemu dengan teman-teman yang suka mengeluhkan berat badan mereka, sekarang waktunya aku untuk berbagi dengan kalian bagaimana mayoritas perempuan bangsa China bisa mendapatkan tubuh yang langsing. Berikut ini yang aku temukan:

STOP HITUNG KALORI

Ternyata perempuan bangsa China tidak pernah menghitung yang namanya KA-LO-RI! Aku sering banget denger kebanyakan dari teman-temanku yang berdiet sibuk banget menghitung kalori makanan yang mereka makan dalam sehari. Justru, bangsa China tidak pernah pilih-pilih makanan dan menganggap makanan itu termasuk sumber pemenuhan gizi mereka. Just so you know, bangsa China mengonsumsi 30% kalori lebih banyak dari bangsa Amerika namun kegiatan mereka juga tidak sesibuk bangsa Amerika. Rahasianya ada di sini: bangsa China tidak pernah mengonsumsi junkfood dan soda. Ya, memang 2 makanan tersebut kaya akan lemak dan gula. Sudah tahu kan kalau Chinese food dimasak dengan cepat? Justru dari situlah nutrisi dari masakan tersebut lebih gampang diserap tubuh.

MAKAN YANG KENYANG

Perempuan bangsa China selalu makan dengan kenyang. Mereka ini selalu menepati jam makan dengan makan sebanyak 3 kali dalam sehari. Tidak ada pengurangan jam makan seperti kebanyakan yang aku dengar dari teman-teman yang sedang berdiet. Kuncinya, perempuan bangsa China makan nasi sebagai karbohidrat dan bukan nasi yang rendah lemak. Nasi itu kaya akan vitamin B dan serat, lho. Lalu, tanpa karbohidrat, kita tidak mungkin akan merasa kenyang. Di satu sisi, diet rendah karbohidrat memang menjanjikan pembakaran lemak. Tapi kalau mengganti karbohidrat dengan makanan yang mengandung lemak tinggi dan bernutrisi lebih rendah, bukanlah jawaban akan penurunan kadar lemak secara jangka panjang. Selain itu, perempuan bangsa China percaya jika mengunyah makanan secara perlahan akan memberi waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan lebih baik.

SAYUR DAN SERAT

Sudah pasti kalau kamu makan Chinese food, kebanyakan isinya tuh sayuran. Nah, begitulah perempuan bangsa China makan. Mereka memenuhi setengah dari isi piring mereka dengan sayuran. Tidak lupa juga buah disertakan sebagai makanan ringan.

Chinese Food : Vegetable and Fruit
Chinese Food : Vegetable and Fruit

HERBAL

Selain makanannya, kita sudah tahu kalau pengobatan bangsa China lebih menitik beratkan kepada bahan-bahan herbal. Kebanyakan juga menggunakan bahan makanan untuk mengobati penyakit. Seperti biji wijen yang fungsinya untuk melindungi sel liver dari pengrusakan akibat minuman beralkohol, bawang putih untuk menetralkan racun serta jahe untuk mengatasi masalah pencernaan ataupun hanya untuk menghangatkan badan.

YIN YANG

Salah satu rahasia lain dari langsingnya perempuan bangsa China adalah mereka menerapkan konsep Yin dan Yang bahkan di dalam makanan yang mereka makan. Artinya mereka menerapkan unsur panas dan dingin di dalam makanan yang mereka konsumsi. Contohnya, dari aspek Yin yaitu sayuran dan buah yang mendinginkan tubuh, sedangkan dari aspek Yang datang dari daging dan bumbu-bumbunya yang menghangatkan tubuh. Kombinasi dari Yin Yang di dalam makanan ini justru menstabilkan gula darah, mendapatkan energi dan mengurangi resiko kenaikan berat badan. Pilihlah 2 makanan Yin dan 3 makanan Yang untuk menyeimbangkan pola makan.

DETOKS

Perempuan bangsa China juga tidak pernah melewatkan minum teh, mereka suka sekali minum teh hijau. Kita juga pasti sudah tahu ya kalau teh hijau itu bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain itu, manfaat teh juga membantu kita untuk meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh serta menekan rasa lapar sehingga membantu mempertahankan berat badan. Hasil detoksifikasi seperti ini lah yang menghasilkan perut rata, kulit bersih, energi meningkat dan tidur pun lebih nyenyak.

Green Tea
Green Tea

^___^

Kalau bicara soal berat badan, sejak SMA pun aku selalu diberi pertanyaan oleh teman-temanku “Fia, lo makan banyak tapi kenapa ga pernah gemuk sih?” Jujur aja pada saat itu aku tidak bisa menjawab. Kemungkinan pertama yang terlintas di benak aku adalah aku tidak memiliki keturunan berat badan berlebih. Yang aku tahu, dari nenek buyut sampe keluarga dari orang tuaku, semuanya kurus-kurus. Hehehehe.

Namun, kemudian setelah aku juga banyak baca dan tahu, aku baru sadar kalau dari dulu aku makan secara sadar dan tidak secara emosional. Makan pun juga selalu aku pastikan 3 kali dalam sehari ataupun lebih. Tapiiiii, tidak satupun makanan yang aku makan merupakan makanan ringan/cemilan. Jujur aja aku memang memiliki napsu makan yang tinggi, tapi MAKAN SECARA SADAR HANYA KETIKA LAPAR, BUKAN KARENA INGIN MAKAN. Dengan hanya makan ketika lapar, artinya kamu memberikan yang dibutuhkan tubuh. Ga mungkin donk, tubuh kirim sinyal lapar kalau ternyata ga butuh diisi?

Alright, sekian dulu informasi dan tips dari aku. Semoga membantu kalian yang ingin mempertahankan berat badan idealnya. Jangan lupa olah raga juga ya…

XOXO~~

3 Responses

  1. bos artikellnya.

    bagus sekali artikelnya, terimakasih telah berbagi bersama kami..

Leave a Reply