[TIPS] Know Your Make Up Shelf Life!

posted in: Uncategorized | 0

Hello invaders,

Beberapa dari kita mungkin saja memiliki pengetahuan tentang masa pakai dari produk make up yang kita beli dan gunakan. Tapi bagaimana dengan kamu yang jarang banget dandan? Pasti kamu tidak terlalu memperhatikan masa pakai dari produk make up kamu! Atau mungkin di antara kamu yang emang suka dandan tapi malas mencari tahu? Pokoknya this is for any of you deh!

Perlu kita ketahui bahwa setiap produk make up memiliki masa pakai tersendiri. Di samping itu, keberadaan iklim juga bisa mempengaruhi. Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, kosmetik memiliki masa pakai yang lebih pendek. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa memperhatikan setiap produk make up yang kita gunakan (selain masa kadaluarsanya).

Berikut ini aku utarakan daftar produk kosmetik dimulai dari masa pakai yang paling pendek.

1. Maskara dan Eyeliner cair = 3 hingga 6 bulan.
Ini merupakan produk make up yang paling pendek masa pakainya. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya adalah air. Sedangkan air merupakan media yang paling baik untuk perkembang-biakan bakteri. Ditambah, wadahnya yang berbentuk tabung sehingga kedap sinar merupakan poin plus-plus terhadap perkembangan bakteri tersebut. Jadi pastikan kamu untuk selalu mengganti produk make up ini setiap 3 bulan sekali (jika sering digunakan) atau 6 bulan sekali (jika ini kamu jarang digunakan).

2. Cleanser, Moisturizer, Foundation dan Lipgloss = 12 bulan.

3. Concealer = 18 bulan.

4. Bedak, eyeshadow, blush on atau produk kosmetik yang berbentuk serbuk / compact powder = 24 bulan.

5. Lipstik dan Kuteks = 24 bulan.

6. Shampoo dan Shower Gel = 24 bulan.

Tentu saja hal-hal ini ada syaratnya juga, yaitu jika kosmetik-kosmetik kamu disimpan di tempat yang kering, jauh dari sinar matahari langsung serta cara penggunaan yang hati-hati, seperti langsung tutup setelah penggunaan. Untuk kosmetik yang memiliki kandungan dasar air pada urutan pertama di daftar komposisi produk, maka masa pakai produknya akan jadi lebih rendah lagi.

PAO Symbol
PAO Symbol

Nah, untuk bisa lebih mengetahui secara personal, kamu bisa perhatikan pada kemasan kosmetik kamu. Biasanya, di bagian keterangan produk atau mungkin di bawah kemasan, terdapat simbol PAO (Period After Opening). Simbol ini bergambar seperti bentuk jar dengan tutup terbuka dan terdapat angka disertai M yang menandakan masa pakai produk tersebut setelah kemasannya dibuka. Biasa terdiri dari 3, 6, 12, 18, 24 bahkan 36 M. Nah huruf M itu merupakan representasi dari kata MONTH. Kalau tertulis 3 M maka artinya produk tersebut harus sudah dihentikan penggunaannya setelah 3 bulan dibuka kemasannya. Contoh simbol ada di gambar atas.

TIPS aku: selalu siapkan stiker kecil dan tulislah BULAN dan TAHUN setiap kamu membuka produk kosmetik dan tempelkan di kemasannya. Ini sudah aku lakukan sejak lama. Mungkin sekitar 2 atau 3 tahun lalu. Rajin mengecek setiap bulannya untuk mengetahui produk mana saja yang perlu kamu buang dan ganti baru. Ini penting karena zat pengawet dalam kosmetik tersebut hanya bertahan sejak kamu buka kemasan hingga waktu yang tertera pada simbol PAO di kemasan produk tersebut. Jangan sesekali kamu menggunakan produk yang sudah melewati masa yang terdapat pada simbol PAO di kemasan, terutama yang sering aku temui dengan alasan “sayang ah, masih banyak isinya!”. Sangat berbahaya sekali karena dapat memicu timbulnya reaksi alergi, bengkak, gatal-gatal iritasi, jerawat bahkan masalah serius lainnya yang disebabkan oleh paparan bakteri. Jadi, mending pilih beli produk baru, atau sibuk ngurusin muka yang kena iritasi?

^__^

Nah,sudah cukup kan penjelasan dari aku ini? Buat kalian yang berprofesi sebagai Make Up Artist, aku rasa hal-hal seperti ini sangat perlu untuk diperhatikan (mengingat aku masih menemui beberapa make up artist profesional yang belum memperhatikan hal ini). Karena menurut aku, kesehatan dan keamanan klien sangat perlu dijaga karena itu juga berpengaruh kepada nama baik pelayanan kita.

Alright, cukup sekian informasi dan tips dari aku. Semoga bermanfaat!

XOXO~~

Leave a Reply