HIPS THE TIPS

Teknik SEO Untuk Beauty Blogger Dari Shintaries Nijerinda

Teknik SEO untuk beauty blogger ini diadakan oleh salah satu grup blogger kecantikan yang gw ikuti: Beautiesquad. Nah, pas banget nih Beautiesquad bekerja sama dengan mbak Shintaries Nijerinda untuk bisa mengadakan acara Ngopi Cantik via aplikasi WhatsApp sehingga tak peduli dimanapun para member berada, tetap bisa mengikuti Ngopi Cantik ini tanpa terhalang oleh jarak.

Sebenernya apa sih Ngopi Cantik itu?

Sepemahaman gw, Ngopi Cantik itu adalah versi online-nya coaching clinic. Jadi semacam kelas pembelajaran tentang suatu topik yang diadakan oleh suatu grup. Kebetulan, gw lagi haus banget dengan ilmu SEO dan Beautiesquad (selanjutnya gw singkat BS) mengadakan kelas online bersama mbak Shintaries dengan tema teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk Beauty Blogger.

NGOPI CANTIK JILID 2 : SEO

Yang gw tahu, mba Shintaries adalah seorang founder dari grup blogger: Blogger Perempuan (selanjutnya gw singkat BP). Gw sudah sering dengar nama beliau terutama tentang hal-hal yang berhubungan dengan BP. Meski mba Shintaries adalah founder BP, tapi ternyata beliau ga pelit ilmu, bahkan membagi-bagikan ilmunya yang bagi gw sangat bermanfaat agar teman-teman blogger bisa berkembang bersama membangun blognya.

Sebagai pembuka, SEO sendiri adalah Search Engine Optimization, yang mana jika kita adalah blogger yang serius terjun ke dunia tulis menulis, sudah tentu harus bisa mengerti apa itu SEO. Dalam dunia blog, artikel yang ada diterbitkan terlebih dahulu baru dioptimasikan dengan teori-teori SEO. Oleh karena Ngopi Cantik ini isinya adalah para beauty blogger semua, maka sebetulnya sudah bisa diuntungkan dengan tema itu sendiri karena menurut mba Shintaries, konten kecantikan lebih mudah terindeks oleh Google karena selalu banyak dicari di platform manapun. Wah, thank God, I am in the right track! Yeay!

Domain Authority

Beralih ke teori SEO, mba Shintaries menyebutkan tentang DA atau lebih jelasnya Domain Authority. Ini biasanya hanya berlaku bagi domain-domain yang menggunakan akhiran dotcom, dotnet, dotme, dan masih banyak lagi. Sedangkan DA ini adalah otoritas blog yang mana adalah nilai kepemilikan dari blog tersebut. Google akan lebih memprioritaskan blog dengan akun yang tidak anonim, jadi identitas pemiliknya harus jelas ya, salah satunya bisa mengisi data di ABOUTME.GOOGLE ini. Di situ sudah terpampang jelas dan lengkap tentang informasi mengenai blog dan sosial media kita. Selain itu, blog dengan nilai DA yang besar artinya semakin bisa dipercaya isinya dan juga akan semakin sering pula terindeks di Google.

Konten

Selain itu, ini adalah hal yang paling penting menurut gw karena ini berkaitan dengan konten. Ya, konten blog kita itu harusnya informatif, organik dan natural, jika diperpendek artinya harus OTENTIK alias buatan sendiri dan tidak copas. Ini bagi gw penting banget! Sebesar apapun writer’s block yang akan menyerang kita sebagai blogger, konten yang kita sajikan ke pembaca haruslah hasil pemikiran sendiri, ga boleh nyolong pemikiran orang dengan copas. Google akan sangat senang dengan konten jenis ini ditambah jika kita mampu update blog setiap hari. Ya, SETIAP HARI! Kalaupun misalnya ternyata ga bisa setiap hari, usahakan harus terjadwal sesering mungkin.

Namun ternyata yang namanya konten itu tidak melulu tentang tulisan. Maksudnya, gambar dan judul pun adalah bagian dari konten sehingga ini juga perlu mendapatkan perhatikan agar pengembangan SEO bisa lebih maksimal. Contoh paling krusial yang ditemui adalah dalam pemberian judul terhadap blog post. Usahakan judul blog post yang ingin diterbitkan memiliki satu kata kunci dari brand tersebut. Misalnya seperti “Purbasari Lip Cream” atau “Krim Pencerah L’oreal”. Disamping judul, penamaan gambar yang ingin disisipkan di post juga penting. Hal ini dikarenakan pada saat ada yang mencari dengan kata kunci tertentu, maka konten kita yang berupa foto tersebut juga bisa muncul. Sebagai contoh, gantilah nama foto “DSC0001” menjadi “purbasari-lip-cream-vinca”. Ini akan lebih memudahkan mesin pencari menampilkan konten kita. Oia, mungkin ada baiknya jika penamaan foto tidak mengandung spasi karena akan dibaca dempet oleh Google. Sebagai contoh, berilah nama “purbasari-lip-cream” daripada “purbasari lip cream” karena yang seperti ini akan terbaca sebagai “purbasarilipcream” oleh mesin pencari.

Fast Loading and Responsive Template

Bila semua sudah dirasa cukup, ada satu hal yang juga tak ketinggalan: blog template yang fast loading. Yap, apalah daya kalau semua sudah menarik namun kemampuan load dari blog kita sangat lamban? Hal ini sangat berpotensi bikin kabur pembaca. Ya, siapa juga kan yang mau tunggu lama-lama? Ga ada yang suka disuruh nunggu lama-lama, ganks! Sudah cukup lah nunggu jodoh aja yang lama. LOL. Lebih bagus jika blog memiliki template yang minimalis. Memang sih jadinya tampilan blog akan menjadi sangat sederhana. Tapi justru dengan begitu, fast loading akan tercapai. Kemudian, pilihlah juga template blog yang responsive. Udahlah ganks, hidup itu udah rumit, janganlah lagi kao perumit templatemu juga! Arti dari responsive sendiri adalah bagaimana si template mampu menyesuaikan bentukan jika diakses baik dari handphone, tablet maupun komputer. Soalnya memang gw sendiri punya pengalaman kalau pernah berkunjung ke sebuah blog yang ternyata templatenya tidak responsive padahal gw sedang akses melalui handphone. Alhasil, laman yang ditampilkan adalah laman web untuk komputer. Ya bayangin aja kan? Laman web untuk komputer tapi diakses dari handphone kan jadinya kudu zoom-in dan zoom-out macem ibu-ibu sinetron lagi drama. LOL. Nah loh, coba deh tes sendiri berkunjung ke blog sendiri melalui handphone! Kalau hasil tampilannya memang ternyata bisa menyesuaikan layar handphone, selamat berarti template sudah responsive! Nah, tapi kalau misalkan tampilannya masih bentuk seperti laman web komputer, ya ada baiknya coba cari dan ganti template yang responsive.

Backlink

Backlink atau tautan ini adalah hal yang juga menjadi penting untuk pemilik blog karena pemilik blog akan mendapatkan keuntungan jika alamat blognya disisipkan dalam sebuah blog milik orang lain. Tapi perlu hati-hati juga sih karena bisa juga akan menjadi bumerang bagi pemilik blog. Jika penyisipan alamat tautan ke blog kita ada di situs yang memiliki reputasi bagus dalam hitungan algoritmanya Google, dalam artian memiliki status yang bagus untuk DA dan PAnya, maka blog kita pun akan berpotensi juga kecipratan bagusnya, baik itu bisa meningkatkan jumlah page view ataupun juga bisa meningkatkan DA dan PA. Namun, jika penyisipan alamat tautan ke blog kita berada di situs yang dianggap spam oleh Google, misalnya blog kloningan/blog co-pas, blog dengan tema perjudian/pornografi, ataupun blog yang memiliki spam score tinggi, maka hal ini juga bisa mempengaruhi reputasi blog kita juga. Berlaku efek domino kalau seperti ini sih.

Keyword

Dalam mempraktekan teknik SEO ke blog kita, ada hal-hal juga yang perlu diperhatikan dan keyword adalah salah satunya. Keyword ini adalah kata kunci yang harus ditentukan sebelum kita memulai untuk menulis sebuah konten. Oleh karena peserta dari ngopcan ini adalah 100% beauty blogger, maka sudah pasti yang lebih banyak dibahas adalah bagaimana memaksimalkan trik SEO dengan tema kecantikan. Nah, untuk para beauty blogger di luaran sana, jika ingin menaruh kata kunci, pastikan mengandung nama merk kosmetik dan jenis produk yang ingin diulas di blog. Misalnya, kata kunci yang ingin kita tentukan adalah “purbasari matte lipstick”. Maka pastikan kata kunci tersebut ada di judul juga, sebagai contoh “3 warna Purbasari Matte Lipstick Untuk Kulit Kuning Langsat”. Selain itu, kata kunci juga harus berada di dalam konten sebanyak beberapa kali. Ya kalau bisa jangan cuma ditaruh sekali doank.


Begitulah kira-kira hasil NgopCan dengan grup Beautiesquad yang bertemakan teknik SEO untuk Beauty Blogger. Sebagai tambahan, teknik SEO ini bukanlah sebuah aplikasi yang akan menunjukan hasil secara instan. SEO merupakan sebuah kegiatan investasi yang hasilnya akan bisa kita petik manfaatnya di kemudian hari. Sudah barang tentu sih ga hari juga. Implementasi teknik SEO bisa dirasakan manfaatnya seminimal mungkin 2 bulan sejak diterapkan pada sebuah konten. Namun tak jarang juga ada di antara waktu 4 hingga 6 bulan sejak diimplementasikan. Makanya ngeblog itu juga butuh kesabaran (banget!).

OK, sampai di sini dulu yah tulisan gw tentang teknik SEO untuk Beauty Blogger. Sorry juga kalau ga ada gambarnya karena menurut gw ya ngapain juga sih pakai gambar? Biar fokus aja gitu. Wqwqwqwq.. See you on my next post!

One Commnet on “Teknik SEO Untuk Beauty Blogger Dari Shintaries Nijerinda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *