Purbasari Make Up: Cobain Produk Baru

Purbasari Make Up banyak “menelurkan” produk-produk baru yang kekinian. Sebagai pecinta produk lokal karena harganya yang sangat terjangkau, salah satu hint dari menggunakan produk lokal adalah aku ga pernah salah warna.

Bagi kebanyakan produk lokal, memberikan ragam pilihan warna untuk make up dasar biasanya sangat terbatas. Padahal sebetulnya kan rentang warna kulit wanita Indonesia juga ga sesedikit itu. Tapi bagi aku yang memiliki warna kulit mayoritas orang Indonesia, hal tersebut ga jadi maasalah berarti. Soalnya, kebanyakan dari produk lokal memberikan tone untuk make up dasar yang masih masuk dengan warna kulit aku.

Termasuk si Purbasari ini. Jadi yuk mari kita baca review Purbasari make up ini!

BB CREAM – BRIGHTENING COOL

Purbasari-Make-Up

BB cream Purbasari adalah sebuah produk baru yang diluncurkan awal tahun 2018 ini. Menurut aku agak telat sih karena gaung produk BB cream yang trennya diawali dari kebanyakan produk Korea sudah ada sejak beberapa tahun sebelum 2010. Di Indonesia sendiri, tren BB cream dimulai sejak 2011. Namun meski begitu, sampai sekarang antusiasme terhadap BB cream masih tetap ada.

Warna dari BB cream Purbasari yang aku dapatkan adalah Honey Beige. Ketika dikeluarkan, warnanya terlihat dominan kuning, sudah tentu ini akan cocok dengan kalian yang memiliki warna dasar kulit yang kekuningan. Pada saat pertama kali coba, aku pikir warna ini akan menjadikan aku seperti orang sakit. Surprisingly, ini produknya akan menyerap ke kulit setelah beberapa saat dan seakan adjusting to your own skin color, but a little bit brighter. Di samping itu, ada cooling sensation setelah pengaplikasian produk ke kulit wajah. Ini adalah salah satu nilai plus buatku karena aku tipikal orang yang cepet gerah. Apalagi saat ini cuaca memang sedang panas-panasnya.

Purbasari-Make-Up

Kesimpulan aku setelah menggunakan BB cream Purbasari adalah produk ini sangat cocok buat aku terutama dari segi warna. Sewaktu BB cream sedang berada pada puncak kejayaannya, jujur aja sangat sulit menemukan warna yang pas untuk kulit aku yang sawo matang. Apalagi gempuran produk Korea yang sudah jelas-jelas tidak cocok untuk mayoritas warna kulit orang Indonesia. Kilas balik, sampai-sampai aku akalin dengan mencampurkan foundation berwarna lebih gelap kala itu sehingga mengurangi esensi dari BB cream tersebut: kepraktisan. Tapi BB cream Purbasari ini benar-benar yang aku cari. Like, I wouldn’t need anything else. Hehehe. Soalnya selain warnanya pas, hasilnya juga tidak fully-matte. Masih enak di muka aku. Belum lagi efek brightening cool-nya.

Purbasari Flawless Matte BB – Two Way Cake

Purbasari-Make-Up

Bicara tentang make up dasar juga ga afdol kalau tidak disertakan dengan bedaknya. Ini juga merupakan produk fresh tahun ini dari Purbasari. Warna yang aku punyai ini adalah Honey Beige. Sama seperti BB cream-nya. Memiliki warna dasar kekuningan jadi sangat klop dengan si BB cream dengan nama warna yang sama. Ibarat kata, kedua produk ini saling melengkapi. Kayak aku dan dia, yang saling melengkapi sehidup semati. #daleeemmmmm

Purbasari-Make-Up

Sesuai namanya yang mengusung kata flawless, aku sendiri berpendapat bahwa produk ini sesuai dengan namanya. Untuk sebuah bedak, aku suka banget bagaimana produk ini bekerja dengan baik dengan menutupi noda-noda di wajah. Aku juga sekali lagi sangat mengagumi bagaimana warna bedak ini bisa menyatu dengan kulit aku yang memiliki warm tone. Tapi ya tetap harus sedikit hati-hati dalam penggunaannya karena menurut aku, bedak ini cukup menyerbuk bahkan ketika diaplikasikan dengan spons. Saran aku, untuk menghindari bubuk bedak berantakan, ada lebih baiknya kalau kamu tidak menggunakan kuas untuk aplikasi produk.

Setelah 2 make up dasar di atas, mungkin saatnya kita bisa beralih ke make up dekoratif, apalagi kalau bukan lipstik coba? You know how I obsess with lipstick, right? Like a million lipsticks will never enough! LOL.

Ada 2 jenis lipstik Purbasari yang aku punya, yaitu Metallic Color Matte Lipstick dan Matte Lip Cream yang masing-masing aku memiliki 2 warna saja. Meski begitu, warna-warna ini adalah warna wajib yang kudu dimiliki banget karena basically you will never get wrong to wear this color.

Metallic Color Matte Lipstick

Purbasari-Make-Up

Untuk produk yang ini, aku punya warna Rubelite (71) dan Madeira (72). Kedua warna tersebut basically adalah warna merah. Namun berbeda tingkat merahnya. Kalau untuk Rubelite, dia lebih ke warna merah cabe. Sedangkan Madeira lebih ke deep red. Keduanya memiliki unsur metalik yang tidak dominan sehingga masih bisa digunakan untuk kegiatan harian. Bahkan saking tidak dominannya, agak susah menangkapnya dengan kamera aku. Walaupun begitu, in real life tuh metaliknya juga ga begitu kelihatan sih. Menurut aku ini cocok banget buat temen-temen yang ingin coba-coba lipstik metalik tapi ga mau keliatan gonjreng atau belum pede menggunakan lipstik metalik.

Purbasari-Make-Up

Review Purbasari metallic lipstick: secara keseluruhan, ini sekali pulas pigmentasinya luar biasa. Seperti Purbasari matte lipstick sebelumnya yang sempat bikin heboh banget di jagad pergincuan Indonesia, tampaknya Purbasari ingin juga mengulang kesuksesan itu. Meski begitu, sepertinya lipstik ini masih tergolong tidak cukup metalik bagi aku. But, it’s a good stuff to try on!

Hi-Matte Lip Cream

Purbasari-Make-Up

Sebelumnya aku sudah pernah mencoba produk ini langsung sebelum produk ini diluncurkan. Karena waktu itu aku menghadiri acara Purbasari Bengkoang dan di sana Mba Imma selaku brand manager memberikan insight kepada para hadirin yang datang tentang si Hi-Matte Lip Cream ini dan langsung mendapat antusias yang sangat berapi-api. Aku pun termasuk salah satu yang incar, but it took me some time because all those lipsticks that I have kept staring at me when I talked “I want another lipstick!”. Hehe.

Purbasari-Make-Up

Dari kedua warna yang aku miliki ini, warna Freesia langsung jadi favorit aku! Kenapa? Ini warna merah yang gw banget cuy! Warna merah yang seperti ini instantly brightens the face, not to mention the teeth as well! Jadi, kalau kalian pengen coba warna merah yang bikin seketika mencerahkan, cobain deh Freesia ini. Dijamin bakal langsung jadi favorit!

Meski begitu, warna Zinnia sebagai cool tone pink bukan berarti ga cakep! Aku justru suka menggunakan ini…………… sebagai blush! Iya, karena buat aku warna ini bagus banget bikin pipi jadi bersemu pink! Ya, asal membaurnya dengan baik dan benar pasti bakalan dapet tampilan pipi yang segar!

SUMMARY

Purbasari ini lagi meningkatkan level “permainan” make up-nya kepada masyarakat Indonesia. Aku pikir ini adalah hal yang bagus setelah Purbasari mendapat jack pot dari produknya Color Matte Lipstick yang terdahulu. Menurut aku, Purbasari sangat pandai membaca situasi dan juga sangat belajar dari masukan-masukan penggunanya. Terbukti dari perbaikan desain kemasan yang ada pada produk baru mereka sehingga tampak lebih modern dan lebih elegan. Aku rasa, produk kosmetik Indonesia yang sudah lama malang-melintang bahkan dari jaman orang tua kita masih muda bisa lebih belajar membaca situasi dalam memperbaiki desain kemasannya supaya terlihat lebih kekinian dan ga jadul banget. Karena biar gimanapun ya, kesan pertama itu penting banget buat aku dan dalam hal ini kemasan itu adalah salah satu penentu apakah aku menginginkan produk itu untuk dibeli atau tidak di samping kegunaannya.

Purbasari-Make-Up

Dari seluruh produk Purbasari yang aku sebutkan di sini dan yang paling membuat aku senang untuk mencobanya adalah BB cream. Aku senang karena dari sekian banyak BB cream yang pernah aku coba baik dari merk luar negeri maupun dalam negeri, cuma 1 yang memang cocok sama warna kulit aku yaitu ZA Cosmetics yang mana sekarang sudah tidak ada lagi di Indonesia. Itu pun aku coba sekitar tahun 2010-2011. Dari sekian lamanya, akhirnya baru kali ini aku bisa merasakan menggunakan BB cream yang aku ga perlu lagi kuatir hasilnya bakal medok dan kaya topeng. Setelah aku mencoba BB cream dari Purbasari, ada 1 hal yang bisa aku share ke kalian. Bahwa akan lebih bagus jika kalian menggunakan tangan dalam pengaplikasiannya. Ini hanya berdasar pengalaman aku setelah mencoba menggunakan BB cream dengan perantara beauty blender sponge dan kuas. Tapi tentu saja setiap orang kan punya cara sendiri-sendiri ya. Hehehe.

Kalau untuk bedak, enak juga ketika dipakai. Kategorinya cepat nempel ke kulit meski memang sedikit menyerbuk. But it’s OK. Apalagi mengingat bedak ini kategorinya memiliki daya menutup yang bagus untuk sehari-hari. Jadi ga pakai bohong segala kalau Purbasari nempelin kata “flawless” di produk ini! Muka bakal terlihat beneran ga ada celanya deh.

Lipstik pun juga salah satu favorit aku dari produk lokal. Bagi aku, lipstik lokal yang punya pigmentasi yang sickening tuh cuma Purbasari. I mean produk lokal di sini yang sudah sangat well-known yah. Tau sendiri kan sekarang tuh banyak banget brand baru bermunculan seperti jamur di musim hujan.

Hasil make up menggunakan seluruh produk Purbasari.

 

Anyways, sekian dulu ulasan aku tentang semua produk-produk Purbasari yang baru aku coba. Next aku akan share tentang one brand make up tutorial menggunakan seluruh produknya Purbasari di Youtube channel aku. Kalau kalian belum subscribe ke Youtube channel aku, bisa klik di sini: Youtube Fiarevenian, supaya bisa dapet notifikasi kalau video aku sudah up!

Until then, I’ll see you around!

5 Responses

  1. winda

    Purbasari lagi hype banget ya, kayaknya ga pernah berenti mengeluarkan produk baru, aku blom cobain yang kamu review ini mak, baru lip cream sama lip matte yang seri jadul ahahahaa sepertinya cukup menggoda BBC nya 🙂

  2. Esy

    Bbc nya beli ga ya beli ga ya… Penasaran. Tapi base makeup masih numpuk. Duh pelik sekali masalah hambaMu ya Allah

  3. rainhanifa

    Baru tahu kalau Purbasari punya BB Cream juga. Kayaknya wajib coba nih, apa lagi keliatan cocok sama undertone kulitku yang kuning. Makasih reviewnya ya! 😀

  4. Hastira

    banyak metk ya sekarang denagn inovasi produk yang kadang bikin kita sulit untuk memilih

Leave a Reply