Oily Face Skin: About Myths or Facts?

posted in: Uncategorized | 0

Shout out to the girls out there who has oily skin like I do!

Yasss, kulit wajah berminyak emang selalu bikin bete. Mau pake make up apapun, pasti tetap aja ga bisa matte ini wajah! Aku sendiri suka sebel banget kalau diharuskan keluar rumah dengan make up. Alasannya yang pasti hanya bisa dimengerti oleh cewe-cewe dengan kulit berminyak juga: make up suka ga awet, terutama bedak karena pasti jadi boros banget! Hih..

Betenya, ini ga terjadi hanya untuk make up dengan level drug store atau lokalan, bahkan yang high end brand sampe level designer brand tetep aja, dalam jangka 3-5 jam kedepan, harus selalu siap blotting sana-blotting sini. Pfftt.. Hahahaha. Makanya oil face paper selalu jadi senjata andalan aku disamping loose powder.

Tapi ternyata, meski begitu, ada juga mitos-mitos yang beredar seputar kulit wajah berminyak lho.. Simak yuk, apa aja sih mitos-mitos yang sering didengar di sekeliling kita…

Body Soap
Body Soap

MITOS: Kulit wajah cukup dibersihkan dengan air dan sabun badan.
FAKTA: Sekali dalam seumur hidup, pasti kebanyakan dari kalian pernah deh ya cuci muka pakai sabun badan? Hihihi, ini mah aku banget! Dulu jaman masih SMP, pernah juga cuci muka pakai sabun badan. Alasannya sederhana: selain waktu itu belum mengerti cara merawat wajah dengan baik, ditambah setelah dicoba, mencuci wajah dengan sabun badan efeknya bikin kesat dan terasa lebih bersih. Ternyata, setelah lebih tahu tentang perawatan wajah, ga baik lho mencuci wajah dengan menggunakan sabun badan. Pertama, kulit wajah teksturnya lebih lembut karena kulitnya lebih tipis ketimbang kulit badan. Kedua, sabun badan memiliki kandungan yang lebih keras dan kasar bagi kulit wajah karena kan kulit badan kita juga lebih tebal dari kulit wajah. Jadi, biasakan menggunakan sabun khusus wajah jika kamu hendak mencuci wajah ya.

Face Cleansing
Face Cleansing

MITOS: Sering membersihkan wajah = terbebas dari masalah.
FAKTA: Nah, ini nih mitos yang sering aku dengar di sekeliling teman-teman aku yang memiliki jenis kulit wajah yang sama. Bahkan beberapa dari mereka sampai bersihin wajah 5 kali sehari..! Kalau kata upin-ipin: ish..ish..ish.. Hehehe. Aku emang jengah sih dengan keadaan kulit wajah berminyak ini, cepet bikin kumal dan kusam, cuma ya ga sampe bersihin wajah 5 kali sehari juga. Dan ternyata, sering membersihkan wajah justru ga bagus untuk kulit wajah berminyak karena semakin bikin kulit kering dan kelenjar minyak wajah jadi makin aktif sehingga memproduksi minyak makin banyak. Solusinya, bersihkan wajah maksimal 3 kali sehari saja, yang penting minyak di wajah terkendali dan wajahmu makin cantik bersinar.

Hot Water
Hot Water

MITOS: Air panas lebih ampuh mengangkat kotoran.
FAKTA: Uap air panas memang membantu membuka pori-pori kulit sehingga kotoran jadi lebih mudah dikeluarkan. Tapi ternyata, air panas malah bikin kulit wajah kamu rentan terhadap iritasi lho. Ga takut juga kah kalau ternyata kulit wajahmu sensitif dan jadi terbakar akibat menggunakan air panas tersebut? Lebih baik, pakai saja air hangat atau sekalian air dingin. Ini lebih aman untuk kulit wajah kamu.

Oil Free Make Up
Oil Free Make Up

MITOS: Kosmetik Oil Free pasti bisa bikin produksi minyak wajah berkurang.
FAKTA: Eits, jangan termakan iklan terlebih dahulu. Faktanya, kosmetik dengan embel-embel Oil-Free juga pasti tetap mengandung minyak walau dengan kadar yang jauh lebih sedikit dari kosmetik biasa. Walau kamu memakai kosmetik jenis ini, produksi minyak wajah kamu akan tetap ada. Solusinya, segera bersihkan wajah setelah kamu beraktifitas, hal ini bisa membantu mengendalikan produksi minyak pada wajah.

Nah, jadi sekarang kamu uda tahu kan ya mana mitos dan mana fakta tentang kulit wajah berminyak? Jadi jangan salah langkah lagi ya buat merawat kulit kamu… Dan satu lagi ni kelebihan kita sebagai cewe dengan kulit wajah berminyak: KULIT KITA BAKAL TETAP AWET MUDA! Ini dikarenakan sel kulit kita meregenasi secara lebih rutin ketimbang jenis kulit wajah yang lain sehingga kelembaban alami wajah tetap terjaga dengan hadirnya si minyak ini, girls!! Jadi yang penting kita rawat baik-baik aja ya kulit wajah kita…

Semoga bermanfaat yaa!! XOXO~~

 

Leave a Reply