NYC Smooth Skin Sunny Bronzer

posted in: Uncategorized | 0

Hello Invaders!

Soooo, this is da nu bronzer in da hoz!! Yaay! Aha.. Aha..!

Ini merupakan bronzer kedua yang gw miliki. Bronzer pertama, gw beli dengan merk e.l.f. Tapi berujung gw berikan ke orang lain karena gw merasa bahwa warnanya terlalu intens. Waktu gw beli ini, sempat takut juga warnanya bakal muddy alias kotor gitu di muka, dan ternyataaaa…

Let’s talk about bronzer first. Sebenernya bronzer itu apa sih? Well, secara singkat, bronzer itu adalah kosmetik berupa bedak padat ataupun berupa losion cair yang digunakan untuk mendapat efek seperti habis berjemur di bawah matahari atau biasa disebut efek kena bakar matahari yang biasanya didapat setelah terpapar lama/berjemur di bawah matahari. Ya, karena berjemur di bawah matahari setelah jam 9-10 pagi itu sangat berbahaya, maka diciptakanlah kosmetik jenis ini untuk mendapatkan sunless tan.

Sebetulnya, kulit tan atau sawo matang itu adalah dambaan para bule Western yang memang mayoritas memiliki kulit cerah. Atau biasa kita bilang dengan kulit putih, walau sebenernya kulit itu gak ada yang warnanya putih sih. Hehehehe. Kenapa dambaan? Karena menurut mereka, kulit sawo matang itu bagus, lebih “terlihat” manusia alias ga pucat macam vampir yang gak pernah ketemu matahari, lebih “terlihat” berdimensi dan juga eksotis. Jadi kalian yang memiliki kulit sawo matang, BERBANGGALAH! Kulit kalian tuh di-iri-in sama bule-bule barat sonoh!! Hehehe.

NYC SMOOTH SKIN SUNNY BRONZER

NYC Smooth Skin Sunny Bronzer – pressed powder

Jadi buat apa gw repot-repot beli bronzer padahal kulit gw uda sawo matang? Yahelah, namanya juga…….. Masa perlu gw jelasin lagi sih? Hahaha.

Gak sih, tapi memang gw pengen punya sesuatu yang bisa gw pake buat jadi blush warna cokelat-cokelat gitu. Sebelumnya gw juga pernah punya blush warna cokelat dan hasilnya agak muddy gitu alias rada dekil kalau gw aplikasikan. Gw gak suka. Jadi, berakhir juga gw kasih ke temen gw. Hehehe. Kalau dipikir-pikir, temen-temen gw pada enak banget yak?

Terus akhirnya gw coba beli ini dengan harapan gak terlalu strong warnanya. Tapi meski begitu, gw juga takut kalau warnanya gak keluar karena kulit gw yang udah sawo matang ini. Gw sempat tanya ke seller-nya yang kebetulan seorang MUA (Make Up Artist), dan menurut dia, bronzer ini masih bisa diaplikasikan ke kulit sawo matang. Akhirnya gw beli deh.

Selain itu, gw selalu bermasalah sama warna foundation atau BB Cream yang dijual umum di pasaran Indonesia. Karena, either itu lebih terang dari warna kulit gw atau malah lebih gelap dari warna kulit gw. Akhirnya, daripada gw pusing mikirin gw mau coba foundie apa lagi untuk bisa mendapatkan warna yang sama dengan kulit gw, mending gw beli bronzer aja deh untuk mengakali hasil foundation yang (pastinya selalu) lebih terang hasilnya di kulit gw walau gw udah pilih warna terdekat dengan warna kulit gw.

NYC Smooth Skin Sunny Bronzer – sealed

 

NYC Smooth Skin Sunny Bronzer – back cover

Untuk tampilan fisiknya, gw akan persingkat. NYC Smooth Skin Sunny Bronzer ini memiliki kemasan plastik berwarna cokelat berbentuk bulat yang ada built-in mirror di dalamnya dan persis banget kayak compact powder. Waktu gw terima ini barang, dia cuma disegel plastik seadanya gitu sih. Mending deh daripada ga tersegel sama sekali karena kebanyakan produk drugstore atau yang murah-murah gitu suka ngorbanin segel kalau gw perhatikan.

NYC Smooth Skin Sunny Bronzer – the content

 

NYC Smooth Skin Sunny Bronzer – the sponge

Gw rasa NYC Smooth Skin Sunny Bronzer ini hanya memiliki 1 warna aja deh. Di samping itu, bronzer ini juga hadir dengan sponge yang mana gw bingung sebenernya guna si sponge itu untuk apaan? Hahaha. Karena menurut gw, aplikasi bronzer itu harusnya menggunakan blush brush dengan bristles density level yang low untuk memberikan hasil yang well-blended sehingga efek terbakar mataharinya didapat secara seamless..

NYC Smooth Skin Sunny Bronzer – the application on cheeks and nose

Hasil ketika dipakai di gw, awalnya kurang suka. Gw justru khawatir gak keliatan. Tapi ternyata gw yang kurang banyakan pakainya. Setelah gw coba build-up warnanya, ternyata gw suka banget. Bener-bener memberikan efek seamless sunless tan. Yak, gw memang selalu merasa terganggu ketika menggunakan foundation/bb cream karena hasilnya di area perbatasan rambut (hair line) akan jelas terlihat perbedaannya. Medok lah, no matter how little I am wearing that base. Ketika gw gunakan ini di setengah area dahi gw, sampai ke area perbatasan rambut lalu ke pelipis, hasilnya bener-bener menciptakan tampilan yang tanpa foundation gitu. Bener-bener lebih berdimensi dari sebelum gw pakai bronzer. Untuk alasan hijab gw, maka sayangnya gw gak bisa menampilkan hasil before dan after di area perbatasan rambut. Gw harap maklum, ya. Tapi lo bisa lihat hasilnya di gambar di atas, gw menggunakan bronzer ini di area tulang pipi dan di tengah hidung. Sebenernya gw juga pakai di area hair line sih.

Warnanya memang terlihat sedikit mengarah ke orange, like some other bronzers do, kalau diperhatikan lebih detil. Tapi justru menurut gw ini gak memberikan tampilan muddy alias “kotor” (aku kotoooorrr, LOL) di muka. Justru memberikan efek dimensi yang natural. Warnanya lembut banget dalam artian lo gak perlu takut ketebelan. Jadi menurut gw, klaim “smooth skin bronzer” di gw berhasil. Berhubung ini adalah bronzer, jadi menurut gw ini gak cocok kalau digunakan sebagai contouring product walauuuuuu gw sering lihat beberapa orang menggunakan bronzer sebagai contouring product. Mungkin ya, kalau memang lo mau memiliki double function bronzer that acts as a bronzer and contouring product, bisa kali dicari yang warnanya lebih intense. Meski sebenernya, lagi-lagi menurut pendapat gw, bronzer itu merupakan produk yang memang memiliki sifat “menghangatkan” tone wajah sementara contour memiliki sifat “mendinginkan” karena memang fungsinya menciptakan bayangan sehingga wajah juga memiliki dimensi.

NYC Smooth Skin Sunny Bronzer – the hand swatch

Dari segi ketahanan produk, gw sih gak punya masalah dengan NYC Smooth Skin Sunny Bronzer ini. Walau sedikit terdapat fall out ketika gw “menggoreskan” kuas gw di produknya, tapi masih minimal banget kok. Kalau menurut gw, bronzer ini agak kurang cocok sama orang yang memiliki tone kulit fair atau light karena it might be appear too orangey on the skin tone.

Sayangnya, NYC Smooth Skin Sunny Bronzer ini belum tersedia di pasar Indonesia sehingga lo harus membelinya melalui online shop yang menjual produk-produk Western. Harganya sendiri sebetulnya cukup bersahabat untuk produk impor, yaitu sekitar Rp70,000an tergantung dimana lo belinya.

OK, sekian dulu ulasan gw mengenai produk ini. Kalau lu punya pengalaman yang sama tentang produk ini atau sekedar ingin berbagi tentang penggunaan bronzer, bisa ngobrol via komentar di bawah ya.

Until my next post, see you around!

Leave a Reply