Uncategorized

Ngopi Cantik Tentang Beautiesquad 101

Beautiesquad 101

Bulan ini adalah Beautiesquad First Anniversary. Tepatnya beberapa hari yang lalu yaitu tanggal 23 November 2017. Mungkin beberapa pembaca Fiarevenian Beauty Blog belum kenal betul yah apa itu Beautisquad? Nah, di artikel kali ini, gw akan membahas khusus untuk Beautiesquad. So stay tuned!

Beautiesquad sendiri secara gampang akan gw gambarkan sebagai komunitas beauty bloggers di Indonesia. Hadir di dunia maya memang baru setahun. Tapi banyak orang-orang yang berkecimpung di balik kehadiran Beautiesquad ini yang sudah lama malang melintang di dunia beauty blogging. Terutama sang pendirinya, yaitu Virly K.A. Virly sendiri memiliki sebuah beauty blog yang bertajuk JurnalSaya.com.

Gw bergabung menjadi salah satu member di Beautiesquad juga belum lama sih, baru tahun 2017 ini gw bergabung dan begitu masuk ternyata lumayan banyak nama beauty bloggers yang sudah gw tahu terlebih dahulu kehadirannya di dunia maya. Awalnya bergabung di Beautiesquad juga gak sengaja. Gw memang sedang ingin melebarkan sayap jaringan gw dalam bidang blogging ini ke grup-grup lain, semata karena ingin memperluas pergaulan dan juga menambah teman. Waktu itu lagi iseng ketik-ketik di Instagram soal beauty blogger gitu, dan nyantol di salah satu gambar yang diunggah Ariani Rosidi dan melihat kalau di sana ada hashtag #Beautiesquad. Berbekal dari situ, makin lama makin menemukan bahwa ternyata Beautiesquad adalah salah satu wadah yang menampung para beauty bloggers. Maka, dari situ, gw memberanikan diri request untuk menjadi salah satu anggotanya. Ternyata, sambutannya luar biasa hangat! And here it is the Beautiesquad 101!

Beautiesquad

Sebetulnya, walaupun Virly didaulat sebagai founder dari komunitas ini, nyatanya, kemunculan Beautiesquad tidak serta merta tanpa campur tangan yang lain. Sebutlah Anisa Pertiwi dan Liana yang ternyata juga memberikan buah pikiran mereka sehingga terbentuknya komunitas ini. Ya, Anisa dan Liana adalah Co-Foundernya.

Meskipun mereka ini tergolong baru, namun ternyata kepengurusannya tergolong rapi jali. Dalam membangun komunitas ini, Beautiesquad juga mencetak Visi dan Misi yang pada akhirnya dibuat untuk kepentingan anggota komunitas dalam mengembangkan blognya. Adapun Visi dan Misi tersebut adalah:

1. VISI :

a. menjadi pionir micro beauty influencer berkualitas di Indonesia.
b. menjadi wadah untuk para beauty blogger dan beauty influencer berkembang bersama.

2. MISI :

a. Menemukan talent baru dan mengarahkan untuk menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan.
b. Menjadi jembatan antara micro beauty influencer dengan beauty brand.
c. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collaboration yang rutin digelar tiap bulan.
d. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (yang akan segera tayang kemudian).

Menurut gw, pengurus di Beautiesquad sangat ingin menjadikan komunitas ini berkembang secara tertib, maka para pengurus dengan sangat serius menggodok buah pikir yang akhirnya terbentuklah Visi dan Misi tersebut. Lalu, siapa saja sih “para pengurus” ini? Nih, gw lampirin di bawah.

Beautiesquad

1. Community Relations :

Posisi ini diawasi oleh Eka Meilinda alias Liamelqha dengan Fuji Astyani sebagai sekretaris dan SEO analysis. Sedangkan officers yang ada didalamnya adalah Liana Eka, Ariani Rosidi dan Rahma Brilianita. Tugas mereka adalah untuk penghubung antara Beautiesquad – BrandMember. Community Relations juga yang melakukan program bulanan Beautiesquad seperti make up collaboration, Ngopi Cantik Beautiesquad, dan lain-lain.

2. Social Media Squad :

Rani Lukman bergerak sebagai supervisor, yang mana anggota lainnya adalah Devi Purwati, Khairunnisa dan Savitri Hutapea. Tugas mereka adalah memberikan informasi kepada anggota Beautiesquad melalui media sosial dan menjaga image Beautiesquad di dunia maya. Mereka harus memikirkan bagaimana sebuah informasi itu disajikan dengan profesional dan menarik.

3. Photo Editor Squad :

Di sini si mamak kembarannya Kylie Jenner: Raydita bergerak sebagai supervisor, diikuti oleh anggota lainnya yaitu Annisa Pertiwi dan Laudita Cahyanti. Tugas photo editor emang berat sis. Gw pun ngerasain kok pusingnya ngedit foto sendiri. Apalagi ini kudu edit untuk kebutuhan public image-nya sebuah komunitas. Apalagi kalau ada make up collab gitu kan pasti lah temen-temen di bagian inilah yang bertugas.

Dengan segambreng person in charge yang sudah disebutkan di atas, rasa-rasanya masih ada yang kurang deh ya? Bener banget, ternyata Vina Eska yang hampir lupa kesebut. Wakakakakakak. Iya gimana? Habis, baru di Ngopi Cantik inilah secara resmi diumumkan bahwa Vina yang tadinya ada di bagian Community Relations, langsung didaulat menjadi Chief Officer alias Ketua Gank (kalau bahasa gw mah!) Hahahaha. Yah, namanya juga kita hidup kan? Pastinya butuh berkembang! Dan terpilihnya Vina sebagai Chief Officer juga termasuk salah satu langkah berkembangnya Beautiesquad ke arah yang lebih baik lagi karena tugas Vina adalah melaksanakan visi dan misi yang menjadi buah pikir para pengurus di Beautiesquad, terutama untuk para founder dan co-founders.

Beautiesquad

Meski Beautiesquad bukanlah lembaga resmi, namun ternyata serangkaian program sudah dibuat demi berkembangnya komunitas ini. Contohnya adalah make up collaboration yang dibuat setiap bulannya. Lalu ada Ngopi Cantik juga yang diadakan setiap 2 bulan sekali selain tentunya adalah sponsored review. Cuma itu aja? Lah pasti masih banyak lagi, ganks! Makanya bergabung dulu ke Facebook Groupnya Beautiesquad!

Nah, bergabung ke Beautiesquad memang ada 2 cara, yaitu elo bisa bergabung dengan Facebook Groupnya atau bisa juga bergabung dengan menjadi salah satu anggota WhatsApp Group. Paling mudah, bisa bergabung lewat Facebook Group. Di sini yang penting elo memiliki sebuah blog dengan umur minimal 6 bulan dan menulis setidaknya 2x dalam sebulan dengan tema kecantikan. Yaiyalah, namanya juga komunitas beauty bloggers, ya moso anggotanya malah gak ada nulis apa-apa tentang tema kecantikan? Hahahaha. Meski begitu, bukan berarti gak akan gabung ke WhatsApp Group loh! Biar bagaimanapun, bergabung ke WhatsApp Group perlu memenuhi kriteria tersendiri. Yah, bisa dengan bangga lah gw bilang kalau gw termasuk salah satu anggota di Beautiesquad WhatsApp Group! Wakakakakak.

WhatsApp Group di Beautiesquad bisa dibilang merupakan orang-orang pilihan yang memang sudah jelas sepak terjangnya di dunia beauty blogging. Sudah jelas di sini adalah, sudah ngeblog dalam hitungan tahun dengan tema kecantikan lalu memiliki blog dengan jenis TLD (Top Level Domain). Untuk lebih jelasnya: harus memiliki blog yang SEO friendly; blog harus sudah TLD, aktif menulis blog minimal 2 artikel per bulan; memiliki disiplin dan attitude yang baik; berkontribusi dalam perkembangan Beautiesquad; memiliki Facebook Fanpage dan akun Twitter dengan minimal followers 100 orang dan memiliki akun Instagram dengan minimal followers 500 orang; berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Beautiesquad seperti make up collaboration, Ngopi Cantik, dan serangkaian kegiatan lainnya; dan terakhir adalah lolos dari kriteria Community Relations, Chief Officer dan tentunya Founder.

Nah, tertarik untuk menjadi salah satu anggota Beautiesquad? Cuss deh gabung di Facebook Groupnya dulu! Oia, karena Beautiesquad bulan ini ulang tahun, lagi ada blog competition loh yang bekerja sama dengan NIHONMART. Sudah jelas hadiahnya pasti spesial pakai telor 2 biji, ganks! Enaenaena! Hahahaha. Kalau penasaran dengan syaratnya, cusss lah mampir dan follow akun Instagramnya Beautiesquad yah.

I’ll see you soon and good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *