Neutrogena Rapid Clear Toner : My Smooth Skin Secret

posted in: SKIN DEEP | 15

Neutrogena Rapid Clear 2-in-1 Fight and Fade Toner – Akhirnya aku bisa bahas produk perawatan wajah lagi! Yeay! Sejujurnya, sewaktu aku beli ini, aku tidak begitu memperhatikan review secara mendalam. Aku hanya coba mencari lewat Google tentang produk ini sekilas. Namun tetap memutuskan untuk membelinya.

Berbicara soal toner, aku memang termasuk salah satu yang tidak begitu memperhatikan keberadaan benda yang satu ini. Tapi, sejak memasuki 2018, aku mulai aktif mencari tahu tentang langkah perawatan wajah yang sekiranya bisa mengurangi tampilan minyak dan komedo. Setelah banyak ngobrol dengan temen-temen sesama beauty bloggers serta membaca beberapa artikel tentang perawatan wajah, akhirnya aku putuskan untuk mencoba langkah perawatan CTMP (cleansing, toning, moisturizing and protecting).

Neutrogena Rapid Clear
2-in-1 Fight and Fade Toner

Buat para pembaca setia Fiarevenian Beauty Blog, pasti sudah hafal kalau aku memang pemilik kulit berminyak. Saking berminyaknya, aku ini tipe orang yang wajahnya harus diekstrasi komedo dan scrubbing seminggu bisa 3 kali. Jika tidak, maka komedo tersebut semakin bertumpuk dan akhirnya jadi jerawat. Mending kalau jerawatnya langsung jadi jerawat dan ada “matanya”, seringnya jerawat yang terjadi sama aku adalah jenis jerawat mendem. Jadinya, tekstur wajah menonjol-nonjol dan sakit. Bisa diperparah dengan jerawat yang bentuknya kecil-kecil alias beruntusan.

neutrogena-rapid-clear

Sejak baca-baca (tidak terlalu) banyak artikel tentang CTMP, aku langsung coba cari-cari tentang toner karena memang itu adalah benda yang hampir gak pernah aku gunakan dalam rutinitas pembersihan wajah. Jadi setelah selesai makeup, biasa aku bersihkan dengan susu pembersih dan langsung cuci muka menggunakan sabun muka. Habis dari sabun muka ya pakai krim malam/pagi lagi. Cuma, waktu itu kan toner aku semata wayang dari Bioderma Hydrabio aja (yang mana jarang aku gunakan karena belum sadar soal CTMP). Aku sendiri sih merasa kurang walaupun sebenernya penggunaan toner dari Bioderma Hydrabio itu baik-baik saja. Begitu dapat kabar diskonan di walgreens.com dari seorang teman, akhirnya aku menemukan si Neutrogena Rapid Clear 2-in-1 Fight and Fade Toner.

.. KEMASAN ..

Bicara soal kemasan, Neutrogena Rapid Clear ini punya botol plastik transparan dengan tutup flip top. Sebetulnya, aku agak deg-degan sih karena ini kan cairan dan isinya banyak pula: 236ml. Ini agak lebih besar sih dari kebanyakan volume produk yang biasa ada di kosmetik Indonesia. Apalagi kalau di sini tuh angkanya genap, misal 100ml, 150ml, atau 200ml. Yah, yang kayak gitu deh. Aku tuh sebenernya takut bocor kan karena perjalanan dari US ke ID aja bisa makan waktu hampir 1 bulan. Tapi alhamdulillah rejeki aku mendapatkan produk ini dengan selamat dan sejahtera.

.. TEKSTUR ..

Toner itu biasanya sih adalah cair ya. Begitupun dengan ini, cair yang memang air banget gitu. Jadi ini adalah air yang berwarna jingga. Tapi kalau digunakan yah gak akan bikin muka kamu jadi jingga juga sih.

.. KOMPOSISI ..

Ternyata, Neutrogena Rapid Clear ini memiliki 2 jenis komposisi, yaitu komposisi aktif dan komposisi pasif. Untuk komposisi aktifnya sendiri hanya tersedia Salicylic Acid 2% (Acne Treatment). Sedangkan untuk komposisi pasifnya adalah sebagai berikut:

Water, Alcohol Denat., Butylene Glycol, Ppg-5-ceteth-20, C12-15 Alkyl Lactate, Sodium Citrate, Fragrance, Cocamidopropyl PG-dimonium Chloride Phosphate, PEG/PPG-20/6 Dimethicone, Cetyl Lactate, Benzalkonium Chloride, Sodium Benzotriazolyl Butylphenol Sulfonate, Disodium Edta, Sodium Hydroxide, Glycolic Acid, Yellow 6, Red 40.

neutrogena-rapid-clear

Jujur, aku memang kurang memahami soal komposisi produk. Juga, masih ada keengganan untuk belajar lebih dalam setidaknya cari tau ke Google soal komposisi produk yang sedang aku pakai saat ini. Jadilah, ulasan di blogpost ini betul-betul dari apa yang aku rasakan yah. Kalau temen-temen ada yang memiliki ilmu lebih soal komposisi produk dalam sebuah produk perawatan wajah, bisa juga share dengan aku di kolom komentar.

Aku pun juga sebetulnya tidak terlalu memusingkan soal komposisi produk. Soalnya memang bagi aku, aku masih merasa baik-baik saja jika ingin mencoba-coba produk baru. Buat temen-temen yang follow akun Instagram aku dan suka nontonin snapgram/IGS aku, pasti bakal tahu kalau kira-kira 1 bulan lalu aku mengalami iritasi kulit akibat mencoba produk perawatan wajah baru. Tapi aku gak mau bahas itu sekarang, yang jelas pemakaian produk ini justru dimulai 1 bulan sebelum aku mencoba produk yang bikin iritasi itu dan kejadian iritasi itu anggap aja sebuah glitch dalam pengambilan keputusan. Hehehe.

Back to the list, setelah ngobrol dengan beberapa orang yang sedikit lebih ngerti dengan komposisi produk, didapat kesimpulan kalau produk ini alkoholnya banyak banget. Well, mungkin bagi temen-temen yang sudah memahami kondisi kulitnya dan menganggap alkohol denat yang terletak pada posisi kedua tersebut adalah sebuah irritant terhadap kulit kalian, mendingan kalian mengurungkan niat untuk mencoba produk ini.

.. HARGA ..

Kalau melihat pada website Neutrogena, produk Neutrogena Rapid Clear ini dihargai US$8.49 dan menurut aku masih kategori terjangkau. Mungkin kalau di sini masih satu kategori harga dengan produk perawatan wajah dari merek Loreal. Meskipun gitu, aku beli ini sewaktu diskonan di walgreens.com dan cuma didiskon jadi US$8, hahahaha. Yah, kalau dikonversikan ke Rupiah atuhlah jadinya Rp200,000 kuranglah!

.. KESIMPULAN ..

neutrogena-rapid-clear

Aku terima produk ini kira-kira awal bulan Mei 2018 lalu dan langsung aku pakai saat itu juga. Pertama kali pemakaian, aku baca di petunjuknya sih memang harus digunakan sehari sekali terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi wajah. Aku sendiri justru menggunakan produk ini setiap 2 hari sekali karena aku masih takut kalau wajah aku kenapa-kenapa karena produk ini mengandung alkohol yang lumayan banyak. Aku gak tahu seberapa banyak tepatnya, tapi kalau diurutkan di posisi kedua ya asumsi aku memang dominan berarti.

Awal penggunaan, rasanya cekit-cekit banget. Ditambah aroma alkohol yang begitu kuat sampai-sampai bikin aku harus tahan napas dan posisi pengaplikasiannya pun tepat di depan kipas angin biar uap alkoholnya cepet hilang dan tidak bikin sesak. Pada tahap ini, aku agak menyayangkan keputusan aku membeli Neutrogena Rapid Clear.

Setelah seminggu, dosis penggunaan aku naikan; dari yang tadinya hanya 2 hari sekali menjadi tiap hari di pagi hari. Nah, pada tahap ini, pikiranku yang semua menyayangkan pembelian produk ini jadi berubah karena secara tekstur kondisi kulit wajah aku semakin membaik. Aku pun semakin semangat untuk terus memakainya karena di sini aku jadi seneng banget mengelus-ngelus muka aku yang semakin halus kalau diraba.

Menjelang 1 bulan pemakaian, akhinya aku berhenti dulu untuk melihat bagaimana reaksi wajah aku jika tidak aku maintain dengan menggunakan produk ini. Kebetulan, pada saat ini aku mendapatkan review job untuk mencoba salah satu produk dari klinik kecantikan ternama, sebut saja X. Aku memang kebiasaan memberhentikan seluruh skin care regime setidaknya dalam 1 minggu sebelum mencoba produk baru. Nah, kebetulan sih selain aku belum tahu menahu banyak tentang merek X ini, aku tetap memutuskan untuk menerima review job tersebut walau sebenernya agak-agak punya feeling gak enak. I mean, aku kan gak tahu yah bagaimana reaksi si Neutrogena Rapid Clear ini jika penggunaannya dibarengi dengan produk X, jadi daripada kenapa-kenapa mendingan aku stop selama sebulan.

Alas, ternyata merek X tersebut malah mengiritasi kulit wajah aku. Tahapannya sih mungkin masih low to medium irritation yah, soalnya hanya menyerang sebagian kecil area wajah (sekitar mulut) namun yang bikin gak nyaman adalah kulit aku di area yang teriritasi jadi mengelupas seperti ganti kulit. Sampai-sampai aku harus menjalani pengobatan dari dokter Sp.KK untuk menyembuhkan iritasi tersebut dan yang aslinya kulit aku berminyak bahkan sampai jadi kering kondisinya. Di sini, aku merasa sangat bersyukur karena menghentikan terlebih dahulu penggunaan Neutrogena Rapid Clear. As you may know, this product contains much alcohol. Jika seandainya tanpa produk ini kulit aku iritasi jadi mengelupas karena kering, bisa saja kan memperparah keadaan aku jika penggunaannya digabungkan dengan merek X.

Setelah aku tidak menggunakan Neutrogena Rapid Clear ini selama pemakaian produk X tersebut, aku juga memutuskan untuk tidak menggunakannya selama 2 minggu berikutnya sampai aku benar-benar yakin kalau kulit aku sudah kembali normal seperti semula. Jadi total berhenti menggunakan si Neutrogena ini ya 1,5 bulan. Setelah itu baru aku kembali menggunakannya sampai sekarang dan alhamdulillah tidak menimbulkan reaksi apapun.

Setiap orang pasti memiliki kondisi kulit yang berbeda. Penggunaan satu produk bisa memiliki efek yang berbeda juga bahkan jika jenis kulitnya sama. Untuk itu dengan ditulisnya blog ini, aku bisa sangat menyarankan agar berhati-hati jika ingin menggunakan Neutrogena Rapid Clear ini dikarenakan kandungan alkoholnya. Langkah perawatan wajah terpenting yang aku jalani selama menggunakan produk ini adalah bagaimana aku maintain keadaan kulit wajah aku supaya tetap terhidrasi dengan baik. Adapun produk perawatan pendamping si Neutrogena ini adalah dengan menggunakan rangkaian Bioderma Hydrabio dan Hatumogi sebagai facial mist dan daily mask.

[BACA JUGA: Rangkaian Bioderma Hydrabio]

Kalau untuk manfaat membersihkan dari noda bekas jerawat, hingga saat ini aku tidak melihatnya. Aku juga kurang tahu sih, apa mungkin karena aku juga tidak begitu peduli dengan noda bekas jerawat? Soalnya bagi aku, kegiatan perawatan wajah itu yang penting adalah bikin wajah bersih dari komedo, jerawat dan juga sel kulit mati yang suka bikin wajah terasa bersisik. Jadi selama ini, yang gencar aku lakukan dalam merawat wajah ya bagaimana supaya kulit aku bisa terhindar dari hal-hal tersebut. Tetek bengek macam mencerahkan dan menghilangkan noda jerawat buat aku ada di urutan sekian. Makanya, meski aku juga suka mencoba produk dengan klaim mencerahkan, tapi sebenernya juga tidak berharap banyak. Oia, tekstur wajah yang aku maksud di sini adalah tekstur kasar akibat komedo kecil-kecil ya, bukan tekstur kulit yang tidak rata/bolong/bopeng akibat bekas jerawat, karena kalau itu ya harus “dibenerin” di dokter kulit menggunakan alat atau tindakan, gak bisa yang hanya pakai produk skin care aja.

Oleh sebab itu, aku tidak menyertakan foto before-after karena memang secara visual, aku belum melihat noda bekas jerawat aku berkurang secara signifikan. Ditambah, aku sempat berhenti selama 1,5 bulan juga kan? Tapi yang jelas, penggunaan Neutrogena Rapid Clear dengan rangkaian Bioderma Hydrabio dan Hatumogi sangat-sangat-sangat cucok meyong buat kulit aku. Saat ini aku dalam tahap seneng banget kalau mengelus-elus kulit aku karena teksturnya sudah mulus kalau dipegang. Gak ada kasar-kasar akibat komedo meskipun komedo tetap datang tapi datangnya kalem. Begitupun dengan jerawat. Penggunaannya pun cukup mudah, kamu tinggal “kecrotin” aja di kapas lalu usapin ke area yang bermasalah. TIP: “kecrot”-nya cukup 2x aja pakai kapas yang tipe lint free cotton. Kalau bingung, bisa cek post tentang beauty haul aku karena aku sempat beli kapas tersebut.

[BACA JUGA: Beauty Haul Q2 2018]

Bisa dibilang, saat ini aku sudah menemukan produk yang tepat untuk permasalahan kulit dan tujuan aku ingin kulit aku seperti apa. Masalah komedo ini jadi isu tersendiri buat aku karena sangat mengganggu kalau lagi aplikasi makeup. Jelek banget rasanya kalau komedo gak beres tapi ditimpa makeup! Jadinya selain bikin makeup gak rata di beberapa bagian yang ada komedonya, secara estetika ya wajah yang berkomedo itu gak bagus buat dilihat. Hahahaha. Ya, diri sendiri yang melihat aja geuleuh pisan, apalagi orang lain kan? Hahahaha.

Sebagai tambahan, sewaktu aku berhenti menggunakan Neutrogena Rapid Clear ini, wajah aku perlahan tapi pasti mulai kasar di sekitar tulang pipi dan juga komedo yang terbentuk di hidung pun semakin merdeka memenuhi tiap-tiap milimeternya. Aku pun mulai dari awal lagi untuk menggunakan produk ini. Satu hal yang paling mengejutkan adalah kulit kasar di area sekitar tulang pipi itu udah gak ada dan halusssssssss banget rasanya kalau diusap-usap. Selama ini, jika aku scrub area itu bahkan dengan full power sekalipun, tetap masih berasa kasar karena komedonya. Kalau di hidung kan bisa diektrasi ya? Kalau di situ ya kayaknya sih kudu facial ke klinik kecantikan, sementara aku tuh bukan anak-klinik-banget sis.

OK, cukup sekian ulasan aku mengenai Neutrogena Rapid Clear ini, semoga blogpost ini bisa bermafaat buat temen-temen yang memang sedang mencari solusi untuk kulit berkomedo dan berjerawat. Next, aku bakal kasih tahu tentang skin care regime yang aku lakukan berdampingan dengan penggunaan si Neutrogena ini ya. Until then, I’ll see you soon! Bye!

15 Responses

  1. Gadis Permatasari

    Sepertinya permasalahan kulitku sama kaya kamu mbak fia, dipipiku ya banyak komedo mendem. Sempet tertarik nyoba Neutrogena tapi urung gara2 kulitku sensitif nih apalagi sama yg kadar alkoholnya tinggi. Masih nyari-nyari produk yang cocok. Perjuangan belum selesai.
    #kbbvmember

  2. winda - www.dajourneys.com

    Neutrogena ini sebenernya bagus2 ya produknya, tapi sayang ga masuk ke Indo, sephora indo ga berminat masukin nih? #kbbvmember

  3. Lucy

    aq dulu sempat penasaran sama toner dan cleansernya lho kak.. emang bagus ya ternyata, dulu cari di korea gak nemu padahal ada store western gitu 🙁
    kudu PO USA ya kak #kbbvmember

  4. Demia KamiL

    aku baru tau produk ini, btw aku juga tipe yang berminyak dan berkomedo, jerawat sama nih ga perna muncul mata, dan lama banget sembuhnya :'( #kbbvmember

  5. irene widya

    kayaknya gw mirip juga tuh fi..jerawat gw jerawat mendem. jadi kalo pas lagi “jadi” itu engga ada matanya tapi sakit dan menjendul banget. tar tapi lama lama ilang tapi gimana ya kaya ada bagian yg menebal (gw asumsiin bahwa dia engga aktif aja, but it there). Untungnya gw jarang jerawatan kek gt..cuma sebelnya munculnya suka ga terduga. Mungkin gw perlu coba juga si neutrogena ini #kbbvmember

  6. ceppid44

    aku juga banyak komedo nih, berarti pakai ini ya biar bisa ilang #kbbvmember

  7. icha - www.south-skin.com

    Menarik sih ada kandungan SA 2%, eh tapi ada alkohol denat-nya ternyata 🙁 #kbbvmember

  8. Sani MS

    Aku baru tau ka sama produk dari Neutrogena ini, malah baru denger pertama kali. Kalau biasanya sih aku ngangkat komedo pake Peeling padnya Neogen ka, itu ampuh banget ngangkat-ngangkat komedo aku #kbbvmember

  9. christy

    waaaah……aduh ati ati keracunan nih aku. Skrg lagi pake yang some by me. Harganya mepet mepet sama yg ini. Kan jadi gatel mo cobain. wkwkwk dasaaarrr perempuuuaaaan #kbbvmember

  10. Indira W

    Ah sayang banget alcohol di urutan ke-2, kalau dibawah-bawah kulit aku masih bisa nerima 🙁

    #kbbvmember

  11. Esy

    Sepertinya gw tau tuh merk X itu apa. Pasti merk yg anuuu kaaan.

    #kbbvmember

  12. Lidya Natalia - Luela Artistry

    wiih ini aku baru denger brand ini nih… tapi galau ah mau coba atau gak nya wkwkwk #kbbvmember

  13. Rere Dini

    Aku juga ada komedo yang kecil2 di area hidung. Jadi kepengen coba, tapi masih galau juga, soalnya kandungan alkoholnya lumayan juga yaa Fii. #kbbvmember

Leave a Reply