SKIN DEEP

Jerawat dan Make Up – Mustika Puteri Acne Series

MP-title-1

Hello Ganks,

Gimana nih liburan Idul Fitrinya? Sudah puas kan bertemu dengan sanak keluarga? Sudah siap juga kah untuk menyongsong masa depan alias mulai beraktifitas lagi? Hehehe.

Coba gw tanya dulu ke kalian, ada ga yang sekarang jadi jerawatan? Mungkin aja setelah sibuknya bersilaturahim dengan handai taulan kemarin itu, bikin kamu jadi bersihkan wajah dengan tidak maksimal sehingga menimbulkan jerawat? Yap, yang namanya jerawat itu memang sangat mengganggu sih ya? Tapi di satu sisi, itu juga sebagai tanda dari tubuh untuk kita bisa makin menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan juga. Walau begitu, gimana donk dengan yang suka make up?

Make up memang bisa menjadi salah satu musuh utama bagi kalian yang memiliki wajah jerawatan. Tenang ganks, gw juga jerawatan kok. Makanya kudu banget buat memilih produk yang ramah dengan kulit wajah yang berjerawat. Gak bisa asal-asalan menggunakan produk kecantikan wajah. Salah-salah, nanti yang ada jerawat kita bisa jadi tambah meradang dan tambah bengkak. Ga mau kan?

Dari gw masih baru-baru memasuki masa pubertas, jerawat itu sudah jadi sahabat gw banget. Kadang bingung kalau kudu make up tapi ga yakin produknya bakal aman ga sama jerawat gw ini? Tapi setelah gw perhatikan, yang namanya menggunakan produk make up khusus jerawat itu perlu banget, contohnya nih: Mustika Puteri Acne Series.

MUSTIKA PUTERI ACNE SERIES

Gw baru banget coba produknya Mustika Puteri yang Acne Series. Varian khusus wajah yang berjerawat ini ternyata lumayan cocok di gw dan gw juga sudah mencobanya selama 2 minggu. Perlu diketahui ya, apa yang gw tulis di sini merupakan hasil dari kulit gw. Misalkan kalian berkeputusan untuk mencobanya dan ternyata mengalami hasil yang berbeda, jangan langsung rungsing ganks! Soalnya banyak banget faktor yang bisa mempengaruhi sebuah produk itu bisa cocok atau tidak terhadap kulit seseorang.

Produk yang gw miliki dari Mustika Puteri Acne Series ada 4 buah, di antaranya adalah Acne Gel, Acne Tinted Moisturizer, Acne Compact Powder dan Acne Trouble Mist Spray.

Kandungan yang terdapat dalam Acne Series ini antara lain:

a. Curcuma Extract, yang dikenal dapat menghilangkan jerawat.

b. Asam Salisilat, yang dikombinasikan dengan Acacia Gum yang membantu mengangkat sel kulit mati dengan meminimalisir iritasi.

c. Panthenol, sebagai kandungan anti-inflamasi yang juga berfungsi melembabkan kulit.

d. AC Net, yang merupakan campuran Oleanoic Acid yang membantu menghambat pengeluaran minyak wajah berlebih dan Nordihydroguaiaretic Acid yang membantu menghambat hyperkeratosis.

1. ACNE TINTED MOISTURIZER

MP Tinted Moisturizer

Nah ini adalah produk yang paling ditunggu banget khususnya buat gw yang suka sekali dengan make up. Pelembab ini bukan pelembab biasa karena ternyata di dalamnya terkandung alas bedak. Walapun hasil coverage-nya sheer, tapi itu ga masalah karena yang namanya make up harian kan gak perlu banget full coverage buat gw. Ketika diaplikasikan ke wajah itu rasanya nyaman banget karena begitu kena kulit, kulit gw langsung merasa segar. Menurut pengamatan gw sih ini teksturnya seperti gel gitu yah dan ketika sudah diaplikasikan meninggalkan hasil akhir yang dewy. Walaupun produk ini mengandung alas bedak, namun ternyata warnanya cepat menyesuaikan dengan warna kulit kita sehingga tidak ada kesan medok setelah penggunaan.

2. ACNE GEL

MP Acne Gel

Lalu ada acne gel yang bagi gw ini salah satu penyelamat bagi kulit berjerawat. Soalnya, gel yang bertekstur dingin dan berwarna coklat transparan ini bikin jerawat gw jadi lebih kalem. Alhamdulillah sih, selama ini gw belum pernah menderita jerawat yang parah gitu sampai besar-besar. Jerawat yang selama ini hinggap di wajah gw bentukannya cenderung kecil dan bahkan lebih sering beruntusan terutama di dahi. Walau bentukannya kecil-kecil tapi tetap aja kalau lagi meradang ya sakit, ganks! Rasanya agak panas gitu deh. Tapi begitu gw oleskan acne gel ini, rasa panasnya pelan-pelan hilang. Enaknya, bahkan sering banget bikin jerawat kempes dalam beberapa hari. Oleh karena itu lah gw berani menuliskan ulasan ini dengan uji coba selama 2 minggu karena dengan kondisi jerawat yang selama ini nangkring di muka gw, hasilnya bikin jerawat yang ada jadi lebih kalem dan juga kempesnya gak meninggalkan bekas.

3. ACNE COMPACT POWDER

MP Compact Powder

Sering banget gw dikasi tahu kalau namanya jerawatan jangan dulu pakai make up. Hal ini juga diutarakan oleh dokter kulit gw. Tapi kan gw centil, hahaha. Ketimbang jajan ke plaza terdekat dari rumah aja gw kudu banget dandan pakai bedak, alis dan lipstik! Makanya gw bersyukur ada bedak khusus jerawat ini yang harganya juga gak menguras kantong. Buat kalian yang masih sekolah pun bisa banget pakai bedak ini karena hasilnya sangat natural di wajah. Meski ini tergolong penyelamat di saat gw pengen dandan di kala jerawatan, tetap saja ada kurangnya di mata gw. Yah, kesempurnaan memang hanya mutlak milik Allah semata ya. Jadi, menurut gw, bedak ini kurang varian warnanya karena hanya menyediakan 2 warna yaitu Ivory dan Beige. Gw sendiri menggunakan warna Beige dan alhamdulillah cocok untuk kulit muka gw. Selain itu, bedak ini menyerbuk banget dengan spons kain. Oh, c’mon! Gw berharap Mustika Puteri mengganti spons bawaannya dengan spons busa, bukan spons kain seperti ini. Trust me, it is seriously messy! Kudu hati-hati banget pakainya dengan tap-tap sponsnya pelan-pelan. Kadang kalau buru-buru, gw kan suka main asal usrek aja itu spons dan berakhir dengan serbuknya yang beterbangan jatuh ke baju atau jilbab gw. Karena bedak ini ringan banget, otomatis hanya dalam 1-2 jam, muka gw sudah kembali berminyak.

4. ACNE TROUBLE MIST SPRAY

MP Acne Trouble Mist

Nah, buat kalian yang suka jerawatan selain di wajah, ternyata Mustika Puteri juga menyediakan solusinya. Gw belum pernah ketemu ada obat jerawat yang bisa dipakai ke punggung. Oleh karena bentukannya yang spray seperti ini, otomatis penggunaannya sangat mudah. Cukup disemprot aja tanpa lo harus repot-repot mengoleskannya. Simple banget! Tapi kan gw hampir ga pernah jerawatan di punggung yah, seringnya di leher. Jadilah ini suka gw pakai juga untuk jerawat gw yang ada di leher. Berhubung ini obat jerawat untuk punggung, jadi jangan digunakan di muka ya, ganks!

Kesimpulan

Setelah selama 2 minggu menggunakan produk Mustika Puteri Acne Series, gw merasa jerawat yang hinggap di wajah gw jadi lebih terkendali dibandikan jika gw tidak menggunaan produk khusus jerawat sama sekali. Di foto sebelum-dan-sesudah penggunaan produk, bisa terlihat kalau jerawat gw dalam 2 minggu sudah kempes. Meski belum hilang keseluruhannya, tapi yang jelas pada saat kemunculan jerawat, si jerawatnya juga kalem-kalem aja datangnya.

MP Before After

Perbedaan lain yang gw rasakan adalah gw jadi merasa lebih nyaman dalam menggunakan produk khusus jerawat karena biasanya produk khusus jerawat itu cenderung memiliki aroma khas seperti belerang. Untuk Mustika Puteri, gw baru nemu kalau aromanya lembut banget seperti bedak bayi dan juga wanginya ga nyegrak. Kecuali bedanya sih, gw masih kurang suka aroma si bedak, but this is just a matter of my preference.

Hal terakhir yang gw suka adalah acne series ini tidak menyebabkan area di sekitar jerawat jadi terkelupas sehingga menimbulkan dry patch yang mana bakal mengganggu penampilan banget menurut gw. Jadi aman deh buat kalian yang suka make up.

Akhir kata, sekian dulu ulasan gw terhadap rangkaian produk Mustika Puteri yang gw punya. Semoga bisa menjadi informasi yang berguna buat elo yang lagi galau cari produk khusus wajah berjerawat.

See you on my next post!

2 Comments on “Jerawat dan Make Up – Mustika Puteri Acne Series

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *