Early Aging? NO WAY!

posted in: Uncategorized | 2

Buat kamu yang berusia 20-30 tahun, kamu pasti sangat aktif berkegiatan di luar rumah. Ya emang sih ya, usia segini tuh merupakan usia produktif kamu. Tapi sadar ga sih kalau aktivitas kamu di luar rumah yang sarat akan debu, polusi serta paparan sinar matahari bisa mengundang penuaan dini?

Penuaan Dini

Ya, penuaan dini seperti bintik hitam, garis halus, atau bahkan keriput dan kulit kering sering aku jumpai juga pada teman-teman wanita sebaya atau di kisaran usia 20-30 tahun. Belum lagi kalau gaya hidup yang mendukung terbentuknya penuaan dini tersebut, seperti merokok, makan yang tidak seimbang atau minum-minuman beralkohol. Aku rasa kegiatan-kegiatan tersebut sudah umum dilakukan oleh masyarakat perkotaan, ya?

Lalu bagaimana mengatasinya? Padahal harus eksis nih karena ada hari khusus atau hari besar. Tapi wajah sudah terlanjur begini?
Nah, aku coba mengumpulkan kiat-kiat penanggulangan penuaan dini pada kulit lho.. Yuk simak..!

1. Lupakan diet ketat!

Diet ketat merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Biasanya wanita yang melakukan diet ketat terobsesi ingin mendapatkan bentuk badan atau angka timbangan yang diimpikan. Tapi kebanyakan dari mereka ternyata malah salah melakukan prosedur diet. Padahal diet itu kan hanya mengurangi porsi makan, bukan melewatkan jam makan. Justru orang berdiet harus tetap makan agar nutrisi bagi tubuh tetap terpenuhi demi menunjang aktivitas sehari-hari. Nah, supaya tetap terpenuhi, gantilah menu makan kamu dengan buah atau bubur gandum (oatmeal). Kalau merasa lapar sebelum waktunya, bisa akali dengan air putih, minuman atau cemilan khusus diet serta buah-buahan.

2. Bersihkan, Pengelupasan dan Lembabkan!

Ini merupakan langkah-langkah perawatan wajah harian kamu lho! Langkah pembersihan wajah harian membantu kulit wajah untuk tetap bernapas sehingga peredaran wajah juga lancar. Kemudian pengelupasan membantu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam dan tidak bercahaya. Lalu, menggunakan pelembab wajah bisa mengatasi dehidrasi pada kulit yang lama kelamaan bikin kulit jadi kering dan cepet berkeriput.

3. Scrubbing

Scrubbing, apa ya bahasa bagusnya dalam bahasa Indonesia? Menggosok? Hihihi, uda lah scrubbing aja deh! Langkah ini lebih baik kamu lakukan cukup 3x dalam seminggu. Sebetulnya fungsinya sama sih dengan pengelupasan (exfoliate) namun scrubbing biasanya juga diiringi dengan pijatan ringan pada wajah sehingga tingkat pembersihannya lebih dalam.

4. Cintai kulitmu

Sudah melakukan langkah 1-2-3? Sekarang waktunya cintai kulitmu secara keseluruhan dengan merawatnya secara rutin. Rajin luluran dalam 2 minggu sekali, dan menggunakan pelembab terutama pada area kulit yang rentan kering seperti siku, lutut dan tumit kaki.

5. Gunakan krim malam!

Ini biasanya terlewatkan nih oleh temen-temen wanita semua. Sudah terlanjur malas dan capek biasanya untuk aplikasi krim malam dan menganggap bahwa krim pagi sudah cukup. Padahal selama kita tidur, penyerapan tubuh terhadap nutrisi lebih terserap ketimbang pada pagi hari. Menggunakan krim malam, bisa membantu meregenerasi kulit secara lebih baik.

^_^

Nah, gimana? Sebenernya 5 langkah di atas tergolong langkah yang mudah untuk bisa menghindarkan kita dari penuaan dini. Ditambah bila kita menjalani gaya hidup sehat dengan cukup tidur, tidak merokok & minum minuman beralkohol, olah raga serta makan yang seimbang. Semoga tips dari aku ini bisa bermanfaat buat kalian semua, terutama buat kalian yang memang sedang memiliki hari besar atau hari khusus yang dinanti.

XOXO~~

2 Responses

    • Alfia Widati

      Kurang lebih sama lah Mas. Cuma ya mungkin kalo cowo lebih tidak familiar dengan perawatan tubuh dan wajah sih ya. Hehehe..

Leave a Reply