Hair Care Remedy From Your Kitchen

posted in: Uncategorized | 0

Semenjak hamil, aku sering-sering mencari perawatan yang alami. Entah kenapa jadi lebih senang ajah mencium bau-bau rempah dan dedaunan ketimbang bau minyak wangi dan pewangi pakaian. Ditambah lagi, biasanya sesuatu yang alami itu akan lebih baik dalam merawat anggota tubuh. Emang sih jadi bikin kita ribet dan kebanyakan orang dibuat malas untuk mengolahnya, karena ketidak-praktisan nya. Tapi, aku ada beberapa tips nih buat mengatasi permasalahan rambut di kehidupan sehari-hari. Oke kita mulai yah.

1. Minyak Wijen : Tau nggak sih minyak wijen itu ternyata sangat ampuh melawan ketombe rambut. Manfaat lainnya ternyata dia juga mampu mempertahankan warna asli rambut kita. Cara perawatan rambut dengan minyak wijen yaitu : ambil secukupnya minyak wijen kemudian hangatkan, setelah itu oles ke kepala kita. Di diamkan aja dulu selama 2 jam lalu keramas seperti biasa saja.

Minyak Wijen
Minyak Wijen

2. Minyak Kelapa : Kita tahu kalau kelapa itu adalah buah kehidupan. Segalanya yang ada di kelapa bisa di manfaatkan. Dari batang pohon, daun, hingga buah nya. Nah, sekarang ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa yaitu : campur air lemon dan minyak kelapa secukup nya. Dengan perbandingannya 2:1 untuk minyak kelapa dan air lemon. Campurkan kedua bahan tersebut lalu diolesi ke kulit kepala kita sambil dipijat-pijat secara lembut selama kurang lebih 2 jam sebelum keramas. Minyak kelapa ternyata mampu melembabkan kulit kepala dan rambut kita. Air lemon ini berfungsi sebagai anti ketombe nya. Perpaduan yang pas bukan ??

Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Nah, manfaat lainnya minyak kelapa mampu memperbaiki keadaan rambut agar tetap sehat dan tetap lembut. Caranya, campurkan lidah buaya dan minyak kelapa masing-masing sebanyak satu sendok makan, juga beberapa tetes teatree oil. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol dan gunakan ke ujung rambut kita. Karena ini bahan alami sehingga tidak berpengawet, maka ada baiknya kamu cek dan gantilah setiap 2 minggu.

3. Strawberry : Siapa sih yang gak suka strawberry? Apalagi kalau di tambah di shortcake. Buah ini kadang rasanya manis tapi seringkali juga terasa asem. Hehehe. Meski begitu, ternyata buah ini mengandung antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Terutama juga untuk menjaga kesehatan rambut.


a. Usir kerontokan dan kebotakan : Konsumsi strawberry secara terarur ternyata dapat mengurangi kerontokan rambut. Proses kebotakan secara genetis, dapat dihambat pula dengan buah strawberry ini. Kandungan ellagic acid yang tinggi lah yang membuat dapat mencegah rontok.

b. Rambut berkilau : Coba haluskan 7-8 buah strawberry lalu campur dengan satu sendok teh mayonaise dan oleskan ke rambut sambil dipijat. Paailah topi mandi lalu tunggu sampai 15-20 menit, setelah itu keramas deh.

c. Melembapkan Kulit Kepala : Dikarenakan anti oksidan yang tinggi, strawberry dapat mencegah terbentuknya lapisan hidrofobik pada permukaan kulut kepala. Campurkan halusan buah strawberry dengan kuning telur sebagai masker rambut, sehingga hasil maksimal di dapat.

Moga-moga dapat bermanfaat buat teman-teman yah.

Leave a Reply