Uncategorized

FAKE ALERT ON: Maybe Dia Nyebelin “The Magnum Volum’Express Waterproof Mascara”

Maybelline Palsu

Hai teman-teman…

Beberapa waktu lalu, ada seseorang yang sempat memberikanku sebotol maskara dari Maybelline. Kebetulan aku suka banget sama maskaranya Maybelline karena selain terjangkau, mudah didapatkan dimana aja, juga tahan air serta banyak varian. Nah, kebetulan, ketika ini maskara sudah aku terima, aku langsung masukin deh tu ke make up pouch untuk produk khusus cadangan. Jadi kalau-kalau maskara aku habis, aku bisa langsung ambil tanpa harus ribet beli dulu.

Fake Alert On : Maybelline The Magnum Volum'Express Mascara
Fake Alert On : Maybelline The Magnum Volum’Express Mascara

Beberapa hari yang lalu, seorang teman yang juga mendapatkan barang yang sama dari orang yang sama, tiba-tiba BBM-in aku. Dia cerita kalau dia sudah buka, sudah melakukan investigasi juga (halah!) dan akhirnya menemukan bahwa ternyata maskara itu PALSU, teman-teman! Waduh! Memang sih sekilas lihat gak kentara kalau itu palsu, apalagi masih disegel jadinya belum bisa memutuskan itu palsu atau tidak. Tapi emang dasar deh ini temanku yang kelewat jeli banget matanya, bahkan dari segel pun dia uda curiga kalau itu palsu. Hahahaha, kecolongan ane gan…! Tapi thanks to her yang sudah memberi tahu ke aku. Karena, walau memang maskara itu sudah masuk barengan sama kosmetik-kosmetik yang jadi stock-an aku lainnya, kalau aku merasa uda kebanyakan biasanya suka aku kasih ke orang yang kebetulan biasanya lagi butuh. Beruntung deh ya, jadi dosa deh nanti kalau pas kebetulan apes ngasih orang tuh barang palsu. Hiiyy seremmm,,, apalagi kan mata termasuk daerah paling sensitif ya. Pakai produk original aja kadang masih suka iritasi, ga kebayang deh kalau sampe kena masuk produk abal-abal. FYI maskara Maybelline the Magnum ini memang salah satu yang jadi best-seller.. Yah tapi kalau uda palsu begini yang ada bukan Maybelline, tapi Maybe dia nyebelin.. LOL LOL LOL!

Fake Maybelline The Magnum Package
Fake Maybelline The Magnum Package

Mungkin bagi beberapa dari kalian. ini bukan hal yang baru ya. Tapi aslinya aku ga pernah sangka akan dapat barang palsu dari seorang teman.. Well, anggep aja mungkin beliau sedang khilaf sehingga tidak menyadari bahwa produk tersebut palsu. Aku emang uda sering denger kalau maskara Maybelline ini banyak yang malsu-in. Entah ya, karena dari segi harga aja masih tergolong terjangkau kok, sekitar Rp70,000 aja. Bandingkan dengan maskara lain dari L’ancome, atau dari YSL atau dari MAC dan Make Up For Ever… Ini salah satu merk luar negeri yang memang terjangkau! Hm,, ibarat kata mah dimana ada kemauan di situ ada jalan. Dimana ada permintaan pasti bakal dibikinkan.. Anggep aja ini postingan blog aku sebagai pengingat untuk bisa lebih hati-hati ya teman-teman.. Terutama bila produk yang kalian terima itu hasil pemberian orang atau kamu beli di OLSHOP termurah sejagat raya (carilah yang terpercaya!) atau pas beli di toko kosmetik biasa yang bukan official retailer.

1. SEGEL
Ok sorry banget, aku ga fotoin segelnya. Soalnya uda bener2 ancur-cur-cur saking gemesnya penasaran ini maskara abal-abal apa bukan. Tapi yang pasti, menurut pengakuan dari temanku dan juga setelah aku perhatikan, untuk segel maskara Maybelline palsu ini TIDAK ADA ALAMAT DISTRIBUTORnya. Seperti yang kita tahu, pendistribusian produk Maybelline di Indonesia dipegang oleh PT L’oreal Indonesia yang beralamat di Jl. HR. Rasuna Said. Keterangan nama distributor dan alamatnya akan tercantum bila produk Maybelline tersebut asli. Disertai pula dengan tanggal kadaluarsa produk. Selain itu yang terlihat jelas adalah adanya rincian komposisi produk di segelnya.

Fake Maybelline Packaging Print
Fake Maybelline Packaging Print

2. KEMASAN
Yak, setelah buka segel, aku makin yakin kalau ini emang palsu. Kenapa? Karena:

a. Cat kemasan produk tidak merata. Begitu segel dirobek, cat body kemasan ada yang ngeletek sehingga membuat penampilan body kayak produk lama yang udah banyak kegesek kemasan produk kosmetik lain di dalam make-up pouch.

b. Hasil cetakan kemasan tidak rapih. Terlihat beberapa huruf ada yang hasil cetakan catnya tidak simetris dan warnanya sedikit pudar.

Fake Maybelline Mascara Neck Bottle
Fake Maybelline Mascara Neck Bottle

c. Cat di leher botol rontok. Untuk kemasan Maybelline The Magnum Volum’Express ini, bagian leher botol dicat warna ungu sesuai dengan karakteristik dari si kemasan. Nah untuk yang palsu, catnya bener-bener berantakan. Kamu korek sedikit aja udah terkelupas dari jasadnya (halah!).

Fake Maybelline Mascara Inside Cap
Fake Maybelline Mascara Inside Cap

d. Tutup botol terdapat gerigi yang tidak biasa. Nah seumur-umur dari jaman gue masih kuliah pakai produk maskaranya Maybelline, aku ga pernah sekalipun lihat tutup botolnya memiliki gerigi pengait seperti ini. Bahkan sampe sekarang pun aku masih setia pakai produk maskaranya Maybelline tapi ga ada tu satu varian pun yang menggunakan sistem pengunci kemasan dengan model seperti ini. Selain itu, ketika kamu hendak menutup kembali maskaranya, terasa banget kalau pergerakannya ga mulus. Itu tandanya, batang kuas maskaranya tidak presisi. Ga seperti yang asli, akan sangat mudah sekali jika kamu ingin mengeluarkan atau menutup kembali maskara. Kalau yang ini, seperti ada bunyi “klek” jika ditutup.

Fake Maybelline Mascara Brush
Fake Maybelline Mascara Brush
Maybelline Mascara The Magnum random on Google
Maybelline Mascara The Magnum advertising (random on Google)

pic source

e. Kuas maskara lurus. Ok, ini emang agak tricky. Kita harus melewati banyak proses untuk sampai pada tahap ini untuk bener-bener yakin kalau maskara ini palsu. Yak, dari jaman sejak Maybelline Hyper Curl keluar, mereka selalu menggunakan jenis kuas lengkung untuk maskara yang bentuk botolnya serupa (Hyper Curl, Turbo Boost dan The Magnum). Berbeda dengan maskara Cat Eyes / Rocket itu yang memang untuk fungsi memanjangkan bulu mata. TAPI untuk kasus si maskara nyebelin ini, ternyata kuasnya berbentuk lurus. Referensi yang aku punya, kira-kira bentukannya sama seperti kuas maskaranya Oriflame Volume Boost. Nah dari gambar di atas uda jelas keliatan kan kalau kuas maskaranya tuh beda banget. Yang atas (palsu) lurus macem kebanyakan kuas maskara standar, sedangkan yang bawah (original) merupakan ciri khas dari si Maybelline ini, bentuknya rada pipih dan melengkung untuk menciptakan bulu mata yang lentik.

Fake Maybelline Mascara texture
Fake Maybelline Mascara texture

f. This is the yuckiest part: Tekstur maskaranya lengket seperti terlalu banyak wax. Ini bagian yang paling bahaya karena sekali uda kena bulu mata, hanya Tuhan yang tau bakal jadi apa matamu nanti. πŸ™ Nah di sini terlihat banget kalau tekstur maskaranya terlalu kental dan seperti terlalu banyak wax sehingga bentukannya ga oke. Lihat aja, pas nyangkut di ujung kuas, eh ini tekstur maskaranya malah ngegantung-gantung gitu macem lendir. Yuck!

g. Baunya chemical bangeeett… Emang sih hampir semua produk maskara pasti beraroma khas bahan kimia. Tapi ini kentara banget baunya tuh ga enak. Bener-bener bau kimia yang menurut aku sedikit banyak seperti baunya petroleum gas gitu, semacem kerosen (minyak tanah) atau oli gemuk kendaraan bermotor gitu deh, yang suka dipake di bengkel-bengkel (macem gue anak bengkel aja jadi ngerti.. Hehehe). Entahlah apa yang terkandung di dalamnya tapi kurang lebih seperti itu yang bisa aku deskripsikan.

Gambar di bawah ini adalah sebagai perbandingan dari segi kemasan luar antara maskara Maybelline yang palsu (gambar-gambar di atas) dan yang asli (gambar di bawah):

Original Maybelline Mascara with ingredients list
Original Maybelline Mascara with ingredients list
Original Maybelline Mascara with ingredients list imprinted on the seal
Original Maybelline Mascara with ingredients list imprinted on the seal
Original Maybelline Mascara with Distributor name and address imprinted
Original Maybelline Mascara with Distributor name and address imprinted

See, berdasarkan tiga gambar terakhir, aku mau kasih tau tentang mencirikan maskara Maybelline yang asli. Dari sini sudah terlihat jelas ya, bahkan pada saat segel masih terpasang pun sudah mantab dari segala tinta dan cetakannya. Ditambah, jika maskara Maybelline kamu asli, maka:

a. Akan tercantum nama dan alamat perusahaan yang mendistribusikan produk Maybelline.
b. Tercantum tanggal kadaluarsa-nya
c. Tercantum daftar komposisi dari produk tersebut karena space dari kemasan yang tak memungkinkan untuk mencetak daftar komposisi tersebut maka dicetaklah di atas plastik segel

Yang pasti mah, kalau mau lebih yakin maskara atau produk kosmetik kamu asli atau gak, kunjungilah minimart atau supermarket yang ada di area kamu.

Sekian informasi dariku, semoga kita bisa makin teliti ya dalam mencirikan mana produk palsu atau bukan.

Terima Kasih,

XOXO~~
revenian

17 Comments on “FAKE ALERT ON: Maybe Dia Nyebelin “The Magnum Volum’Express Waterproof Mascara”

  1. whaaa… serem juga ya kalo nemu produk palsu kayak gini. ngga kebayang efek yang didapat si pemakainya.
    thanks for sharing! jadi bisa lebih waspada dan teliti sebelum membeli & memakai produk.

  2. haha… miris tapi lucu. barang ga seberapa harganya juga dipelsongin juga. aku juga punya si magnum ini, pas liat foto diatas awalnya ga ngeuh kepalsuannya. tapi jrenggggggg… pas liat kuasnya jauh berbeda dari kuas maybelline punya aku.. ckck

    jdi emosi deh liat ini πŸ™ tega bgt yg malsuin ya

    sweet-creamy-pink.blogspot.com

    1. Hahaha, iya ini tu nyebelin banget. Padahal ini The Magnum salah satu favorit aku dari seri maskaranya Maybelline. Tapi beruntunglah juga bisa langsung tau kalau ini palsu tanpa harus buka segel setelah teman aku bbm. Iya, emang kudu ati-ati banget ikh kalau mau beli. Kadang ga bisa disalahin juga ya, siapa tau di beberapa daerah pasokan barang-barang semacam kosmetik ini suka ga tentu sehingga mengundang orang untuk memalsukannya. Tp tetap aja sih caranya salah kalau uda memalsukan..

  3. Jgn lngsung percaya dgn segel nya mba, buktiny aku dpt yg palsu, bru nyadarnya di alamat distributor ny bukan d rasuna said tp d dr. Satrio..parah..pdahal aku jrang bli kosmetik seharga itu dan dpt yg plsu lagi..huftttt..

    1. Waduh, lagi-lagi ada korban jatuh ya. Kamu emangnya beli dimana say? Mulai sekarang kalo beli maskara Maybelline emang bener-bener mesti ekstra hati-hati. Aku sendiri malah kepikiran banget buat ganti brand dan cari yg hasilnya serupa dengan hasil maskara Maybelline, daripada ragu kan dapet yg palsu. πŸ™

  4. kak, tadi aku ke indomaret nganter mama ku. nah aku lihat harga maybelline yg hypercurl cuma 33000 ribu. padahal 7 bln yg lalu aku beli maybelline hipercurl di matahari 78.000…
    kira2 itu palsu ga ya kak?
    soalnya harganya jauh bgt

    1. Coba tanya dulu, sedang diskon atau ga. Setau aku juga harganya di atas 60ribuan. Tapi kalau sedang ada promo di sana, kemungkinan besar sih memang produk original.

  5. Thanks so much for sharing! Aku lagi browsing mascara di mataharimall.com trus liat ada reseller yang jual mascara ini cuma 23.5rb++, padahal di Luxola etc harganya 70++, langsung curiga deh. Entah kenapa nggak banyak yang ngomongin, jadi tadinya ragu apakah barang ini memang ada yang palsu atau ngga. Fotonya sih meyakinkan, tapi harganya kok too good to be true ya. Mending waspada daripada nyesel.

    1. Insya Allah, produk yg sudah masuk Alfamart ga abal-abal sis. Tapi kalau ragu, sis bisa coba cek teksturnya. Apakah berbeda dengan biasanya? Kalau kurang yakin, coba bandingkan dengan tekstur tester yang ada di konter resminya Maybelline. πŸ™‚

  6. makasih infonya mbak.
    saya juga curiga saya kebobolan mbak.
    saya beli mascara maybeline palsu (kayanya).
    pdhl harganya 85.ooo.(itu free make up remover)

    mata saya iritasi parah mbak.
    kalau nutup mata itu pedih banget.
    belom lagi kalau bobo seminggu ini jadi over belekan.
    nyesel beli..

    btw, makasih infonya mbak.

  7. makasih infonya kak, parah banget aku dapet yang palsu, aku pesen dari temenku dia jual dgn harga yg murah bnget 40rb, padahal waktu aku cek di swalayan harganya tuh 89rb, dari kemasan plstiknya aja aku udah curiga, nyebelin banget kak

  8. Aaaahhh aku jg sepertinya kena tipu nih, iseng2 liat situs online eh ada yang lagi promo.. baca dari ulasannya sih bilangnya ori. Ya udin beli aja, tapi pas pake agak curiga sama teksturenya.. trs dari kuasnya jg beda bgt.
    Nah yang embel2 waterproofnya jg ah ternyarta dipake kena air lsg item bawah mata.. manaa diaplikasikan ke bulu mata keringnya lama bgt..
    kapok dah.. mending beli langsung ke counternya drpda online T.T

  9. Kak aku beli langsung di toko kosmetik khusu maybeline tapi di alamat nya tercantum dist nya itu di dr.satrio, jadi itu palsu ya kak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *