Perlukah Blogger Pakai Facebook Ads?

posted in: Uncategorized | 7

Hae Hae Hae, my Invaders..

Uhuy! Seneng banget akhirnya bisa update blog lagi dengan acara terkini. Post kali ini aku ga bakal bahas soal beauty, namun aku akan menuliskan tentang ilmu baru yang aku dapatkan bersama Blogger Perempuan Network. Jadi, mari kita kosongkan gelas gedaynya dulu karena mungkin saja ini akan jadi post yang panjang.

Image and video hosting by TinyPic

Facebook Ads For Blog Traffic Drive

Hari Sabtu kemarin (28/05), aku berkesempatan menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network bersama Dewaweb Cloud Hosting dan Involve Asia. Acaranya pagi dan aku sempet keteteran karena sebelum berangkat musti nyiapin anak dulu sebelum ditinggal bersama eyangnya.

Anyway, kita sebagai bloggers tentunya sangat dekat dengan yang namanya sponsored post, donk? Namun pada kenyataannya, sponsored post kadang suka jarang laku ya page view-nya sehingga tidak memenuhi KPI. Padahal kita kan sudah share ke setiap akun sosial media yang kita punya dan kita juga sudah share ke grup-grup yang kita anggap bisa untuk jadi tempat blog post sharing.

Nah, kali ini Blogger Perempuan (BP) membawakan sebuah acara yang tak tanggung-tanggung menghadirkan Iqbal Maulana yang ahli di bidang Facebook Ads, yang katanya nih bisa jadi senjata ampuh buat meningkatkan traffic ke blog. Tapi sebelumnya, aku akan bahas tentang marketing afiliasi dan self-hosting yang sangat dekat hubungannya dengan para blogger.

Marketing Afiliasi bersama INVOLVE ASIA

Pembicara dari Involve Asia adalah mas Andre Gustam selaku Account Manager. Involve Asia merupakan salah satu marketing afiliasi di Indonesia. Sudah tahu marketing afiliasi? Yap, marketing afiliasi merupakan salah satu cara untuk memonetisasi blog. Jadi secara dasar, konsepnya tuh kaya kita mempromosikan produk orang lain yang apabila terjadi penjualan maka kita akan mendapatkan komisi dari pemilik produk tersebut. Hmm, terlihat mudah ya? Tapi sebetulnya, walaupun mudah, marketing afiliasi gak instan loh.. Kalian tetep juga harus sabar dan telaten dalam membangun blog secara konsisten agar ketika para pembaca mulai senang sering berkunjung ke blog kita karena mereka merasa dengan membaca konten blog kita, mereka merasa terbantu memecahkan masalahnya dan dapat mengarahkan ke merchant yang sesuai. Sebagai contoh, karena niche blog aku tentang beauty, maka kamu bisa mendapatkan jawaban atas permasalahanmu tentang bagaimana merawat kulit yang baik dan benar di sini.

Image and video hosting by TinyPic

Kenapa marketing afiliasi sangat berhubungan dengan para blogger? Ya pasti kamu mau donk memonetisasi blog kamu? Bahasa sederhananya, mendapatkan uang dari blog. Nah, Involve Asia merupakan salah satu marketing afiliasi yang memberikan laporan perhitungan komisi secara transparan (sehingga jelas nih dari segala pihak), banyak promo berkala untuk bulanan bahkan mingguan, cookies yang berlaku selama 30 hari, dan komisinya bok hingga 15%! Disamping itu, keunggulan marketing afiliasi adalah bahwa kamu gak memerlukan biaya apapun untuk memulai (selain punya koneksi internet tentunya, ya? Lha kalau gak ada internetnya, gimana coba?), tidak perlu pengiriman ataupun penyimpanan produk, waktunya bisa fleksibel, bisa dikerjain dimana aja dan yang terpenting kita gak perlu nyediain customer support.

Kece kan? Kalau kamu tertarik untuk menjadi publisher di Involve Asia, kamu bisa daftar ke link ini >>INVOLVE ASIA<< atau kalau misal mau tanya-tanya dulu, bisa aja langsung ke mas Andre di alamat email andre@involve.asia .

Penunjang Web Bermutu dengan DEWAWEB

Sesi selanjutnya diisi oleh mas Yohannes dari Dewaweb. Yak, seperti yang kita tahu dari namanya, Dewaweb merupakan jasa penyedia hosting untuk kalian yang tidak ingin menggunakan host gratis baik dari WordPress maupun Blogger, atau biasa disebut dengan self-hosting (seperti blog FiaRevenian ini looh. HA.HA.HA).

Mungkin bagi kalian yang belum terlalu mengerti, hosting ini merupakan sebuah komponen penting jika kalian membangun web. Ya, hosting merupakan “rumah” bagi web/blog kalian. Di sinilah tempat kita menaruh “furnitur” seperti gambar, tema blog, dan lain sebagainya. Nah, untuk membangun web yang OK, tentu saja didukung oleh hosting yang mantab juga.

Image and video hosting by TinyPic

Dewaweb bisa jadi solusi buat kalian yang gak mau memiliki “rumah gratisan”. Menurut aku, bagi seorang blogger, “rumah pribadi” untuk blog merupakan salah satu aspek penilaian sejauh mana blog tersebut ingin dibangun secara serius dan profesional. Di sini Dewaweb mampu memberikan presentasi UPTIME yang tinggi, keamanan, back-up konten yang terjadwal untuk mendukung performa web atau blog kamu.

Uniknya, Dewaweb itu memiliki ciri yaitu Cloud Hosting. Setelah mas Yohannes memaparkan, ternyata cloud hosting itu memiliki kelebihan dari pada shared hosting. Bahasa mudahnya begini, kalau shared hosting itu satu server digunakan untuk menyimpan banyak website sehingga kalau server tersebut sedang down, yah wassalam deh ikutan down juga web kita. Belum lagi butuh waktu untuk memperbaiki agar bisa kembali up. Tapi berbeda dengan cloud hosting, karena cloud hosting itu adalah beberapa server yang digunakan untuk menyimpan data banyak web yang saling terkoneksi di cloud. Sehingga kalau servernya lagi down, bisa dibantu handle oleh server lainnya (auto healing network). Inilah yang disebut garansi uptime 100% dari Dewaweb.

Gimana? Bahasaku gak macem bahasa coding HTML kan yah? Wakakakakak.. Yauda deh aku rangkum aja nih keunggulan jika kamu menggunakan hosting di Dewaweb:

  1. Menggunakan Cloud Hosting dan sudah berteknologi SSD yang 10x lebih cepat dan pertama kali di Indonesia.
  2. Dewaweb akan mem-back up website kita 2x sehari selama 2 minggu ke belakang in-case kalau website kita di-hack ataupun down.
  3. Dewaweb menggunakan Cloud Hosting yang bisa memaksimalkan waktu UP TIME. Apabila terjadi down time, Dewaweb memberikan garansi sebesar 5% dari jumlah dana yang kita setorkan.
  4. Dewaweb menjamin keamanan data web dengan SSL Labs. Pokoknya, dengan security-minded nya, jangan sampai ada security hole di web kita.
  5. Memberikan transparansi data kinerja web secara real-time.
  6. Didukung oleh Lite-Speed sehingga membuat website kita 40x lebih cepat.
  7. Ninja Support dengan dukungan selama 24/7.

Nah, hubungannya blogger dengan web hosting macem Dewaweb ini adalah bagaimana kita bisa membangun brand terhadap blog kita secara profesional. It’s OK buat kalian yang saat ini masih menggunakan Blogger ataupun WordPress. Seiring waktu, kita juga pengen donk kalau blog kita terlihat lebih profesional? Nah, self-hosting merupakan jawaban atas keinginan kamu itu. Intinya sebelum kita memilih jasa domain/hosting, ada baiknya kita teliti dulu kinerja dan layanan dari penyedia jasanya. Gak mau donk, uda keluar uang tapi ternyata pelayanannya gak kece?? Hehehe.

Facebook Ads Untuk Blogger?

Save the best for the last. Sebenernya Facebook Ads itu bukan hal baru untuk aku. Aku sendiri sering menggunakan ini ketika baru pertama kali bikin Facebook Page untuk Fia Revenian. Lalu, buat apa sih susah-susah ngiklan? Hmm, itu sih tergantung seberapa jauh kamu memandang pentingnya sebuah brand yang akan kamu bangun. Oleh karena aku ingin blog (yang kemudian ini aku jadikan sebuah brand terhadap diri aku) ini dilihat orang, maka aku rasa iklan merupakan satu hal yang paling efektif untuk bisa memperkenalkan blog aku.

Kita kenalan dulu sama Iqbal Maulana..

Image and video hosting by TinyPic

Who am I ? I’m Spiderman Iqbal Maulana merupakan seorang anak muda yang memiliki ketertarikan dalam menggeluti iklan melalui Facebook. Dia juga seorang CEO di PT. Optima Digital Advertisa, loh. CEO, terus anak muda, terus dia single! Arrgghh… perfect banget nih sis yang jomblo buat dikecengin. Hakakakakakak. Selain itu dia kelahiran tahun 1992! Wuidih, 24 tahun uda jadi CEO? Calon suami idaman banget gak sih? Wakakakakak…

Menurut dek Iqbal (iya, aku uda anggep dia adik!), trend menggunakan facebook tuh grafiknya sedang naik. Jadi, sudah seharusnya kita mengisinya dengan kenangan lama bersama mantan beriklan melalui sosial media ini. Buat blogger, tentunya sudah kenal donk dengan Google SEO? Memang trik tersebut bisa juga meningkatkan traffic ke blog kita, secara gratis. Namun kekurangannya adalah, kita membutuhkan waktu agar Google bisa “menyadari” keberadaan blog kita. Lalu, bagaimana jika kita membutuhkan traffic yang dapat dikendalikan di suatu waktu untuk sebuah sponsored post?

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Di sinilah Facebook Ads berperan. Facebook Ads dapat membantu kita menemukan pembaca secara tertarget bahkan sebelum si pembaca itu “nyariin” kita. Jadi istilahnya kita yang jemput bola. Uniknya, target yang kita incar bisa diset sedetil mungkin agar benar-benar tepat sasaran karena data yang dimiliki Facebook sangat masif dan terperinci. Misalnya, aku mau cari target dengan kriteria: perempuan, tertarik di bidang kesehatan dan kecantikan, berusia 18 hingga 35 tahun, tinggal di Indonesia (atau bisa lebih dikecilkan lagi wilayahnya, misalnya Jakarta), menggunakan iPhone dan Android yang berada di jaringan 4G. Hal-hal seperti ini lah yang dimaksud dengan terperinci sehingga bisa sangat tertarget sekali pembacanya. Keren gak sih?

Menurut dek Iqbal, ada tips yang perlu diperhatikan jika kalian ingin menggunakan Facebook Ads sebagai media iklan… Seperti:

  1. Perfect Audience: temukan calon pembaca yang tepat dengan detil kriteria seperti yang sudah aku contohkan sebelumnya. Intinya sesuai dengan objektivitas bisnis aja.
  2. Riding The Trend: ngikutin trend itu gak selamanya buruk. Dalam hal ini, justru diperlukan. Membuat post yang sedang ngetrend biar ikutan viral tapi tanpa keluar dari niche blog kita.
  3. Headline is Everything: bikin headline yang menarik banget, yang bikin orang gatel buat ngeklik deh. Soalnya 80% orang akan mengklik tautan yang memiliki headline menarik.
  4. Thumbnail Must Be Thumb Friendly: gambar thumbnail musti yang jelas, jangan buram, dan menarik, jadi bisa meningkatkan rasio antara orang yang melihat dengan yang mengunjungi blog.
  5. Pixel and Custom Audience: pelajarilah Sistem Pixel Facebook karena setiap pengunjung akan menjadi Custom Audience yang mudah diiklankan kembali. Lalu, Retargeting dan Segmentasi User akan mengubah visitor menjadi data.

Image and video hosting by TinyPic

So, guys… Mulailah untuk membangun brand dari blog kamu dengan Facebook. Cara awal untuk memulainya adalah kalian harus membuat Fan Page terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan jasa Facebook Ads. Setelah itu, mulailah beriklan dengan nominal yang kecil dahulu agar kita bisa ngerasain gimana sih ngiklan melalui Facebook Ads itu…

Jika kamu sudah sering mendapatkan sponsored post, coba deh gunakan setidaknya 20% dari hasil monetisasi blog kamu untuk digunakan beriklan melalui Facebook Ads. Sebelum mengiklankan konten blog, bangun terlebih dahulu audience dengan Likers di Fan Page. Facebook Ads bisa kok digunakan untuk mengiklankan Fan Page kamu agar bisa membangun Likers. Kenapa Likers itu penting? Menurut Iqbal, karena hanya 10% dari total Fan Page Likers yang ngelihat post kita. Itu baru ngelihat doank loh ya, belum ngeklik.

Akhir kata, aku bakal kasih quotes yang bikin aku setuju banget. Nah, Invaders setuju jugakah?

Image and video hosting by TinyPic

7 Responses

  1. Mas Hasyim

    Terima kasih. saya belum pernah mencoba bermain Facebook Ads karena fanpage yang saya kelola juga masih terbilang puluhan membernya. Nunggu banyak dulu, sambil belajar nulis blog. Blog ini dipasang juga FB Ads nya?

    • Alfia Widati

      Sama-sama. Saya pernah beberapa kali menggunakan FB Ads untuk promosi Fan Page saya. Namun saat ini fokus saya memang ingin menggunakannya untuk sponsored post yang saya terima. Tapi kalau Mas Hasyim memang berniat membangun brand, bisa saja Fan Page-nya dipromosikan melalui FB Ads agar Likers-nya bisa bertambah.

  2. Alaika Abdullah

    Wow, what an informative and valuables sharing, nih. Thanks untuk berbaginya, Mba. Manfaat banget, euy!

  3. ira guslina

    Tertarik mau nyoba fb ads apalagi harganya bersahabat. Perlu nyari postinan yang pas dulu nih.. 🙂 makasih mba infonya

  4. Syamsiah

    Informasi yang sangat bermanfaat. Jadi tertarik kepengen punya fanpage.
    Ternyata facebook bisa diberdayakan juga yak

Leave a Reply