Erhair Hair Grow Series Buat Rambut Rontok *

posted in: SKIN DEEP | 17

Erhair Hair Grow Series – Alhamdulillah, bulan Januari di tahun 2019 ini sebentar lagi usai. Tidak berasa ya, sepertinya baru kemarin aku mengucapkan selamat tahun baru ke teman-teman. Nah, seiringnya berjalannya waktu, maka usia pun bertambah. Dalam pertambahan usia ini, biasanya ada hal-hal yang tadinya tidak terjadi malah kejadian. Contohnya, kerontokan rambut.

ERHA_Erhair_Grow_series

Sebelum berbicara lebih jauh tentang Erhair Hair Grow Series, aku mau ajakin teman-teman untuk mengenal sedikit tentang kerontokan rambut. Rata-rata manusia memiliki 100.000 folikel rambut di kepala. Setiap orang lahir dengan jumlah folikel yang tetap hingga dewasa dan jumlah folikel ini tidak dapat ditambah dengan cara apapun. Berkurangnya jumlah folikel adalah proses alami yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia, namun perawatan yang efektif mampu mempertahankan kesehatan rambut dan folikelnya. Rambut manusia memiliki keunikan dibandingkan sistem organ lainnya, karena rambut mengalami siklus pengulangan pertumbuhan yang berlangsung selama 2 hingga 7 tahun.

Buat yang belum tahu apa itu folikel rambut, mungkin secara garis besar dia adalah struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh. Folikel rambut itu gak cuma terbatas di kepala saja namun juga seluruh kulit kecuali pada bibir, telapak tangan, dan telapak kaki. Coba perhatiin deh, bagian kulit kita memang banyak tumbuh rambut, gak cuma di kepala tapi juga di punggung, di kaki, di tangan bahkan juga di wajah.

Sebagai muslimah yang berhijab, rasanya rambut rontok memang jadi sahabat ya? Soalnya rambut kita tertutupi di sebagian besar waktu. Namun untuk aku, rambut rontok memang sudah terjadi sejak aku menginjak usia remaja walaupun keadaan rambut aku tebal sehingga aku sendiri tidak terlalu mempedulikan soal kerontokan rambut yang terjadi padaku.

Baru belakangan ini, berasa capek sendiri setiap kali selesai keramas jadi harus membersihkan saluran air di kamar mandi karena tersumbat oleh rambut rontokku. Ekstranya, harus rajin juga bersihkan sisir karena banyak rambut rontok terjebak di sana dan rajin bebersih kamar untuk menyapu rambut rontok yang bertebaran di lantai.

ERHA_Erhair_Grow_series

Erhair Hair Grow Series

Bicara soal pertumbuhan rambut, ternyata siklus pertumbuhan rambut terbagi dalam 3 fase, yaitu fase Anagen, Katagen, dan Telogen. Fase Anagen berlangsung selama 2-6 tahun dan merupakan fase pertumbuhan aktif dari siklus rambut. Fase kedua adalah fase Katagen, dimana fase ini berlangsung 2-3 minggu dan merupakan fase transisi dalam proses pertumbuhan rambut. Fase ketiga adalah fase Telogen yang berlangsung sekitar 100 hari dan merupakan fase istirahat pada folikel rambut yang berlangsung sejak rambut rontok hingga helai rambut berikutnya tumbuh kembali.

Kemudian untuk kerontokan rambut, ada tiga jenis masalah kerontokan rambut yang lazim ditemukan. Jenis yang paling umum ditemui adalah Alopecia Androgenic. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik, yaitu hormon androgen yang mengakibatkan penyusutan dan gangguan pertumbuhan folikel rambut. Jenis kerontokan kedua adalah Telogen Effluvium (TE), yaitu yang disebabkan oleh kelainan siklus rambut selama fase Telogen, sehingga rambut mengalami kerontokan lebih banyak saat menyisir atau mencuci rambut. Jenis kerontokan ketiga adalah Alopecia Areata, dimana sistem imun tubuh menyerang folikel rambut karena salah mengidentifikasi folikel sebagai benda asing dalam tubuh. Akibatnya, kulit kepala di sekitar rambut akan mengalami peradangan ringan dan kerontokan yang mengakibatkan munculnya ‘pitak’.

Kalau dari informasi di atas, sepertinya aku termasuk yang jenis kedua deh ganks: Telogen Effluvium (TE) karena memang kerontokan yang terjadi lebih banyak pada saat menyisir dan keramas. Well, akhirnya aku tahu nih permasalahanku!

Hair Grow Shampoo

ERHA_Erhair_Grow_series

Produk Erhair Grow Series yang aku dapatkan terdiri dari 2 jenis. Produk pertama yaitu Hair Grow Shampoo. Hal yang paling menarik perhatian aku adalah shampoo ini diformulasikan secara khusus untuk tahap pemeliharaan mengurangi kerontokan rambut. Bahan yang digunakan di dalam shampoo ini juga tergolong alami karena mengandung ekstrak Cucurbita Pepo Seed. Lucu banget namanya ya? Ketika aku cari tahu secara online, ternyata Cucurbita itu masih dalam satu silsilah keluarga genus dengan labu. Kalau menurut informasi setelah aku cari lewat Google, ternyata memang senyawa amino yang bernama cucurbitin dalam Cucurbita Pepo Seed memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut.

Selain itu, kandungan lainnya adalah ekstrak Ginseng dan Niacinamide yang berfungsi melancarkan mikrosirkulasi serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dan mineral, sehingga efektif merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menghambat hormon penyebab kerontokan.

Hair Grow Serum

Produk kedua yang aku dapatkan yaitu Hair Grow Serum. Ini adalah produk yang sangat menarik buat aku karena aku sendiri baru tahu kalau rambut itu ada serumnya. Hahaha. Emang deh, dasarnya suka banget perhatiin wajah jadi aja cuma tahu produk-produk yang berkaitan dengan wajah. Sampai-sampai serum untuk rambut aja baru tahu kalau emang ada. Hahaha.

ERHA_Erhair_Grow_series

Ini adalah produk yang paling bikin aku tertarik dari Erhair Hair Grow Series karena mengandung Hair Growth Stimulant untuk membantu mengurangi rambut rontok pada Androgenetic Alopecia sekaligus merangsang regenerasi rambut serta mengandung Vasodilator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru / regenerasi rambut. Erhair Hair Grow Series Serum menutrisi kulit kepala dengan kandungan nutrisi vitamin dan mineral di dalamnya serta mengandung antiiritasi sehingga sesuai untuk kulit sensitif.

Kesimpulan

Setelah beberapa hari ini mencoba produk dari Erhair Hair Grow Series yang aku miliki ini, aku hanya bisa membicarakan ini dalam bentuk first impression. Untuk shampoo, aku cukup suka dengan wanginya, namun fakta bahwa busanya tidak banyak jadi bikin aku berpikir kalau aku keramas kurang bersih. Hahaha. Ya, itu hanya masalah kebiasaan saja karena aku selama ini kan hanya pakai produk over the counter yang sebagian besar memang memberikan busa berlimpah ketika keramas. Meski begitu, setelah keramas rambut aku jadi sedikit tidak cepat berminyak. Tapi enaknya, shampoo ini tidak bikin gatal kulit kepala aku padahal ini produk yang baru saja aku pakai, artinya “perkenalannya” cukup mulus nih. Hal ini karena, biasanya kalau aku pakai shampoo baru, kalau gak cocok ke rambut aku pasti bikin kulit kepala aku gatal-gatal. Ya, padahal kalau dilihat oleh mata sih tidak ada apa-apa ya.

Untuk serumnya, seharusnya dosis pemakaian adalah sehari satu botol. Namun karena menurut aku setengah botol saja sudah cukup jadinya ya aku pakai satu botol untuk dua hari. Padahal rambut aku lumayan tebal sih. Eh, tapi ini juga masih tahap uji coba ya, jadi semacam mau aku kenalin dulu ke rambut, nanti setelah aku merasa tidak ada apa-apa ya aku akan terusin satu botol sehari. So far, ini enak banget sih. Mengingat aku gak pernah pakai serum untuk rambut. Bentuknya tuh dalam ampul botol dan teksturnya seperti air biasa aja. Ada aplikator pipet yang bisa memudahkan kita untuk pengaplikasian produk sehingga tidak berantakan.

Sampai di sini, aku masih terus memantau perkembangan dari penggunaan kedua produk Erhair Hair Grow Series ini. Kebetulan Erha sedang ada promo untuk Value Pack Erhair Hair Grow Series yang terdiri dari kedua produk yang sudah aku sebut di atas yang bisa kamu dapatin seharga Rp. 211,000 saja. Kalau mau beli satuan juga bisa kok. Buat Hair Grow Shampoo harganya Rp. 61,500 (100ml) dan Rp135,000 (200ml). Sedangkan untuk Hairgrow Serum harganya Rp. 173,000/box (isi 7x8ml) dan Rp. 622,500/box (isi 28x8ml).

ERHA_Erhair_Grow_series

ERHA_Erhair_Grow_series

Selain penggunaan produk tersebut, ada pula salah satu perawatan rambut dari Erha yang bernama Hair Follicle Activation. Ini adalah suatu tindakan yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut khususnya kalau jenis kerontokan rambut kamu adalah AGA (Androgenetic Alopecia), yaitu kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Tindakan ini merupakan kombinasi Electroporation Needle System (yang menggunakan Auto Microneedle dan electroporation) dan Red Light Therapy. Tindakan ini secara efektif dapat meningkatkan penetrasi obat atau serum sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sampai tanggal 15 Februari 2019, Hair Follicle Activation sedang didiskon sebesar 10% untuk single treatment maupun buat temen-temen yang ingin sekaligus ambil paket 4x kedatangan. Coba buruan cek ke website Erha atau ikuti terus akun Instagram Erha buat pantau promo dan treatment terkini ya!

ERHA_Erhair_Grow_series

17 Responses

  1. Esy

    Apakah mba cucurbita ini bisa mengembalikan rambut om bram yg perlahan namun pasti telah hilang dan tak ada tanda2 akan pulang?
    #kbbvmember

  2. Carnellin

    saaamaaa aku pernah cobain juga set hair grow nya erha, suka dengan cara mereka mendiagnosa jadi gak asal-asalan #KBBVmember carnellin

  3. Gadis Permatasari

    Oh itu alat buat rambut? sekilas mirip dermapen aku jadi salfok hahaha.
    Rambutku sering rontok nih, sejak sebelum berhijab sekarang tambah parah. Kayaknya aku kudu mulai konsen ke perawatan rambut deh #kbbvmember

  4. Kornelia Luciana

    Aku juga punya masalah rambut rontok tapi belum nemu solusinya selain potong rambut jadi pendek . Kalo disuruh treatment rambut, lebih milih treatment muka deh supaya mulus #kbbvmember

  5. Khairun Nisa

    Wkwkwkw sama beb aku juga kalo sabun dan sampo kalo gak bebusa banyak ad yg kurang rasanya, gak bersih ku rasa mandi dan sampoan ku #KBBVMember

  6. shashidiana

    aku juga kayaknya tellogen effluvium sih, tapi belum ada keberanian coba , takut ga cucoo…
    aku juga punya masalah kulit kepala yang ngelupas 🙁

    -diana anna #kbbvmember

  7. irene widya

    gw tertarik dengan cucurbita dan kalung tengkorak yang ada di foto fi. ahaha. btw itu serum dijual di erha store secara bebas ya? skrg erha kayanya udh ga mesti kudu konsul bartu bisa dapet skincarenya ya

Leave a Reply