Double Cleanse? Should We?

posted in: Uncategorized | 0

Hello Invaders,

Sebagai beauty addict atau beauty junkie, tentunya yang namanya menggunakan make up sudah jadi makanan sehari-hari. Akuin aja deh, minimal pakai bedak, lipstik, maskara dan eyeliner sudah masuk dalam daily routine kamu, kan?

Bicara tentang penggunaan make up dalam keseharian kita, tentunya harus diimbangi dengan perawatan wajah yang ekstra. Yup, hal ini dimaksudkan supaya tidak ada lagi residu dari make up yang tersisa di kulit wajah yang akan berpotensi membuat kulit wajah menjadi bermasalah, seperti jerawat, flek hitam, komedo bahkan jadi cepat keriput akibat penuaan dini.

Double Cleansing

Dari serangkaian perawatan wajah rutin yang sering kita lakukan, bisa dibilang membersihkan wajah merupakan hal pertama yang paling penting sebelum kita melakukan perawatan wajah pada langkah lebih lanjut. Oleh karena itu, kebersihan wajah perlu dijaga semaksimal mungkin setiap harinya. Namun, ternyata rutinitas membersihkan wajah merupakan salah satu langkah yang masih memberatkan wanita-wanita metropolitan. Padahal, buat kamu yang demen dandan, wajah yang bersih merupakan kanvas yang paling baik untuk membangun mood di keesokan harinya.

Jujur saja, double cleansing merupakan istilah baru buatku. Aku baru mendengarnya kurang lebih sekitar setahun yang lalu. Pada waktu itu, aku masih belum paham dengan istilah ini. Oleh karena itu juga, aku ingin berbagi tentang informasi double cleansing ini di sini kepada kalian.

DOUBLE CLEANSING? PERLU YA?

Beberapa tahun terakhir ini, memang produsen kecantikan sedang gencar-gencarnya meluncurkan produk terbaru. Hal ini semata-mata karena untuk memenuhi permintaan pasar dan kebutuhan wanita urban. Tapi, seiring dengan bertambahnya produk kecantikan berupa make up, tentu saja produk perawatan wajah kita pasti yang itu-itu saja, kecuali memang ada perubahan kondisi tertentu yang memaksa kita berganti produk.

Dalam hal ini, maka kita juga dituntut untuk lebih meluangkan waktu dalam membersihkan wajah, terutama jika kita juga bekerja di luar ruangan (selain juga kita perlu bermakeup). Semakin banyak residu yang menempel pada kulit wajah (selain dari make up tersebut). Lalu, yang bagaimana sih double cleansing itu? Double cleansing merupakan cara membersihkan wajah secara berulang dengan menggunakan yang langkah-langkahnya diulang lagi dari awal menggunakan produk yang sama atau dua produk yang berbeda. Jadi, bukan hanya membersihkan wajah dengan susu pembersih lalu dilanjutkan dengan toner (di sini fungsi toner juga memang sudah berbeda). Sedangkan, membersihkan wajah dengan susu pembersih lalu dilanjutkan dengan sabun wajah bisa juga dianggap dengan double cleansing karena fungsi kedua produk tersebut sama-sama membersihkan.

Double Cleanse

Aku sendiri ga tau juga sih awal dari rutinitas double cleansing ini, ataupun siapa yang memperkenalkannya. Namun, seiring informasi yang aku dapat, kegiatan double cleansing ini ada sejak produk cleansing oil mulai beredar di pasaran.

LALU, BAGAIMANA MELAKUKANNYA?

Melakukan double cleansing sebenarnya mudah saja. Setelah selesai beraktivitas, bersihkan wajah dengan susu pembersih atau cleansing oil. Lalu lanjutkan dengan menggunakan sabun wajah/facial foam. Hal ini dilakukan bukan karena kita tidak percaya dengan rutinitas membersihkan wajah dengan satu kali membersihkan, tapi kan segala produk yang kita templokin di wajah pada pagi harinya (serum, pelembab, tabir surya, foundation, concealer, eyeliner, eyeshadow, sampe maskara) ga serta merta hilang hanya dalam satu kali pembersihan. Belum lagi kalau kita bekerja di luar ruangan yang mana polusi dan debu jadi sahabat keseharian.

Selain itu, segala macam produk perawatan wajah yang biasa digunakan pada malam hari, tentu saja akan lebih bekerja maksimal pada wajah yang bersih.

PERLU DILAKUKAN TIAP HARI?

Buat kamu para beauty addict yang tidak pernah melewatkan seharipun tanpa make up, rasanya kegiatan double cleansing ini memang perlu dilakukan setiap hari. Namun untuk pagi harinya, lebih baik gunakan saja sabun wajah. Oia, untuk kamu yang punya kulit sensitif, lebih diperhatikan kembali ya bahan-bahan kosmetik yang kamu gunakan. Biasanya iritasi juga terjadi pada produk dengan kandungan bahan sintetis atau pewangi buatan.

Double Cleanse

(^_^)

Oke, sekian informasi aku tentang double cleansing ini. Semoga kamu tercerahkan dan semakin menjaga kebersihan kulit wajah. See you on the next post.

XOXO~~

Leave a Reply