Concealer 101: Show’Em Your Flawless Skin!

posted in: Uncategorized | 0

Hai.. Haiiiiii….

Ga berasa sudah bulan April ya… Sebentar lagi akan memasuki pertengahan 2015, sebentar lagi mau Ramadhan, dan pastinya sebentar lagi bakal Idul Fitri juga…. Ga bakal terasa deh itu semua.

Oh iya, di postingan kali ini aku mau ngomongin soal concealer. Yap! Benda ini salah satu benda wajib banget yang mesti dipunya. Aku sendiri memiliki 4 buah concealer di rumah dengan 1 buah warna setipe kulitku, 1 buah warna 2 tingkat lebih terang dari kulitku untuk highlight, 1 buah warna bersemu pink untuk area bawah mata, dan 1 lagi berwarna 5 tingkat lebih gelap dari kulitku untuk contouring.

Sebenernya apa sih kegunaan concealer itu sendiri? Buat kalian yang belum tahu, bisa kita tengok dari nama bendanya itu sendiri: Concealer dengan kata dasar Conceal dari Bahasa Inggris yang artinya menutupi. Jadi concealer itu gunanya untuk menutupi kekurangan wajah ataupun menonjolkan fitur terbaik dari wajah. Misalnya, untuk menutupi noda bekas jerawat atau flek hitam (aku banget kalau ini!); atau ingin memberikan ilusi terhadap bentuk wajah agar terlihat sesuai dengan bentuk proporsional yang diinginkan.

Tapi ternyata, banyak banget jenis-jenis concealer yang dijual di pasaran dan tiap produk tidak bisa selalu menjadi jawaban dari permasalahan kamu. Pastinya kamu bakal punya lebih dari satu buah concealer donk… Hihihihi. Nah, sekarang kita bahas dari segi kebutuhan kamu ya….

1. KEBUTUHAN: MENCERAHKAN AREA SEKITAR MATA (MATA PANDA atau MATA SEMBAB AKIBAT KURANG TIDUR)
>> SOLUSI: Concealer yang memiliki kuas atau wand.

Concealer with attached brush
Concealer with attached brush
Concealer with attached wand
Concealer with attached wand

Perlu diketahui juga bahwa area sekitar mata merupakan daerah dengan kulit paling tipis sehingga mudah kering dan berkeriput. Namun buat kamu yang memiliki masalah mata panda akibat kurang tidur, bisa gunakan concealer cair yang kemasannya sudah memiliki kuas ataupun wand. Mungkin concealer cair merupakan salah satu concealer yang memiliki daya tutup rendah, tapi biasanya concealer cair khusus area bawah mata memiliki kandungan dengan efek mencerahkan sehingga bisa membantu mengurangi mata panda kamu. Aplikasikan menggunakan aplikator yang sudah tersedia lalu tepuk-tepuk secara perlahan menggunakan jari manis hingga menyatu dengan sempurna. Jangan lupa bubuhkan sedikit bedak tabur di atasnya agar daya tahan concealer lebih lama.

2. KEBUTUHAN: CONCEALER PRAKTIS UNTUK TOUCH UP DARURAT
>> SOLUSI: Concealer dengan bentuk stick atau pensil.

Concealer Stick
Concealer Stick

Concealer dengan bentuk seperti ini sudah tentu sangat praktis jika dibawa bepergian dan ga bakal makan tempat di make up pouch atau make up organizer kamu. Dilihat juga dari bentuknya, bisa dipastikan formula dari concealer dengan bentuk ini memiliki tingkat kepekatan lebih tinggi ketimbang concealer cair sehingga cocok untuk targeted areas atau memang untuk area yang membutuhkan pixel point coverage, khusus menutupi noda bintik hitam, bekas jerawat ataupun jerawat itu sendiri. Tinggal bubuhkan di area yang dibutuhkan lalu blend dengan jari dan walllaaa, you’re ready!

3. KEBUTUHAN: MERATAKAN WARNA KULIT WAJAH YANG KEMERAHAN AKIBAT TERSENGAT MATAHARI
>> SOLUSI: Concealer dengan full coverage yang memiliki warna dasar kuning.

Yellow Undertone Concealer
Yellow Undertone Concealer

Concealer jenis ini biasanya memiliki tingkat kepekatan dan coverage yang lebih tinggi dari 2 jenis concealer di atas. Ini dikarenakan tugasnya yang juga lebih berat karena harus menutupi kekurangan dari area yang lebih besar. Warna kekuningan yang menjadi warna dasar concealer dengan fungsi ini cocok untuk menutupi kulit dengan warna kemerahan yang diakibatkan oleh sengatan matahari. Jangan lupa juga membubuhkan bedak tabur setelah aplikasi agar concealer tidak mudah luntur.

4. KEBUTUHAN: MENUTUPI SEBAGIAN BESAR KULIT WAJAH AKIBAT SERANGAN JERAWAT
>> SOLUSI: Concealer dengan bentuk cream atau cake.

Concealer Cake in Jar
Concealer Cake in Jar

Kamu lagi PMS? Sehingga hormon naik-turun dan tidak seimbang membuat wajah kamu diserang jerawat? Ga pede dan berasa pengen pake cadar terus? Jangan kuatir! Kalau kamu merasa bahwa foundation kamu tidak memberikan hasil yang memuaskan, carilah concealer dengan bentuk cream atau cake yang bertekstur padat. Jelas sekali dari bentuknya yang krim, concealer ini memiliki tingkat coverage yang maksimum sehingga kamu bisa sedikit merasa terselamatkan! Hehehe. Perlu diingat juga, karena bentuknya yang krim dan memiliki tingkat coverage yang paling tinggi dari bentuk concealer sebelumnya di atas, cobalah untuk menggunakannya dengan sedikit demi sedikit menggunakan kuas. Setelah itu kamu bisa meratakannya dengan menggunakan spons basah. Jika dirasa masih kurang, ulangi langkah tersebut hingga kamu mendapatkan hasil yang diinginkan!

^_^

Nah sekarang sudah tahu kan permasalahan dasar dan solusi dari kegiatan tutup-menutupi dengan concealer itu? Sekali lagi, jangan lupa share dan komen mengenai pendapatmu tentang concealing ini ya. See you on the next post!

XOXO~~

Leave a Reply