Uncategorized

Budget Beauty Challenge: Under 100K Make Up

Budget Beauty Challenge - Under 100K Make Up

Berawal dari sebuah perbincangan iseng dengan emak-emak peracun warna-warni, akhirnya ke post deh ini ya tantangan buat dandan dengan anggaran kurang dari Rp100,000. Hahahaha. Pada dasarnya setiap wanita pasti ingin cantik donk ya?? Nah, tapi ga semua orang juga punya anggaran lebih untuk bisa membeli produk kecantikan wajah yang dijual di mall-mall terkemuka walaupun yaaahh harus diakui memang produk-produk itu selalu bikin silau mata (dan dompet). Hahaha. Atas dasar itulah, aku dan beberapa teman beauty blogger lain membuat challenge ini.


Under 100K Beauty Challenge

Untuk memenuhi tantangan ini, kebanyakan produk yang aku tampilkan di sini memang baru dibeli karena jujur saja walaupun begitu tetap aku sendiri memiliki produk favorit lain dan biasanya tidak menggunakan produk yang ini. Okay, langsung kita mulai saja ya..

Mustika Ratu Alas Bedak Whitening BengkoangMustika Ratu Alas Bedak Whitening Bengkoang.Mustika Ratu Alas Bedak Whitening Bengkoang swatch

1. Alas Bedak ~~ Mustika Ratu Bengkoang Whitening Alas Bedak (harga Rp12,000)

Untuk alas bedak ini, awalnya aku bingung mau pilih yang ini atau yang lain. Sayangnya, pada saat itu, tidak ada produk serupa lain yang memiliki tester sehingga aku sedikit kesulitan untuk menentukan pilihan. Sebetulnya pun, masih ada yang lebih murah dari ini, tapi ya itu, meski pun ini merupakan tantangan yang kemungkinan besar produknya akan jarang aku pakai di kemudian hari, namun aku juga gak mau asal-asalan dalam memilih produk. Akhirnya jatuhlah pilihanku ke alas bedak ini. Kalau menurut aku, alas bedak model ginian bisa digunakan sehari-hari karena pada dasarnya sangat ringan dan lembab, tentu saja dengan ketahanan dan daya tutup yang sangat minim dibandingkan dengan alas bedak lain dengan harga 5 kali hingga tak terbatas kali di atasnya. Kebetulan sekali warnanya pas banget dengan kulit aku yang berwarna dasar kuning. Eh satu lagi, menurut aku, alas bedak yang seperti ini tuh bisa juga lho dijadikan pengganti BB Cream. Karena kurang lebih, hasil yang didapat itu mirip. dan untuk foto yang aku kolase, maaf ya kalau buram. Ini aku ambil dengan menggunakan kamera hape dan di bawah lampu yang kurang terang. Tapi aku sudah berusaha dapatkan sudut yang mendekati warna aslinya. Kalau dilihat di kemasannya, alas bedak ini emang kuningnya mengintimidasi. Tapi setelah dibaurkan jadinya 1 tingkat lebih terang dari warna kulitku. Wanginya sih wangi bunga kenanga, khas kosmetik jaman dulu. Terus enaknya, ada built-in spatula. Uda pasti higienis kan kalau ngambil ga perlu pakai tangan, jadi langsung dioles ke wajah dari spatulanya. Pakainya juga ga usa banyak-banyak, ini teksturnya losion dan cepat menyerap kok. Jadi gampang dibaur dan area cakupan pembaurannya juga lebih luas. Maka dari itu, pakai sedikit sudah cukup menjangkau seluruh wajah.

Produk serupa lain:
Viva Cosmetics Alas Bedak (Rp5,000 – Rp7,000);
Purbasari Alas Bedak (Rp10,000 – Rp12,000)
Sariayu Alas Bedak (Rp7,000-Rp10,000)

__________________________________________________________

Red-A Loose Powder Nomor 05RED-A Loose Powder nomor 05.RED-A Loose Powder No. 5

2. Bedak Tabur ~~ RED-A Loose Powder 05 (Rp11,000)

Lagi-lagi, sebetulnya toko kosmetik di tempat aku membeli ini juga tidak terlalu banyak pilihan bedak tabur. Pertama, aku sudah memilih alas bedak yang sesuai dengan warna dasar kulitku dan aku ingin sesuatu yang netral untuk bedak taburnya. “Kok gak bedak padat aja?” Well, yess, aku ini kulitnya kombinasi berminyak dan kering sehingga aku selalu memilih bedak tabur untuk dandan sehari-hari. Lebih ringan dan lebih menyerap minyak. Tadinya aku juga ingin memilih bedak lain, namun karena pilihannya hanya ada warna yang terlalu kuning (untuk warna yang lebih terang) dan terlalu coklat (untuk warna yang dibawahnya), maka ketika aku tanya merk lain, diberikanlah bedak RED-A ini. Amazing! Terakhir kali aku beli merk RED-A adalah waktu aku SMP, beli lipbalmnya. Ternyata masih diproduksi ya. FYI RED-A ini produsennya sama dengan merk Viva Cosmetics = PT. Vitapharm.

Produk serupa lain:
Viva Loose Powder (sekitar Rp8,000 – Rp10,000);
Fanbo Compact Powder (sekitar Rp7,000)

__________________________________________________________

RED-A Blush On Duo - warna BRED-A Blush On Duo - warna B.

RED-A Blush On Duo in B - Swatch

3. Perona Pipi ~~ RED-A Blush On Duo warna B (Rp20,000)

Sebetulnya menurut aku, harga segini sedikit kemahalan ya untuk tantangan kali ini karena aku mengincar produk yang harganya di bawah Rp20,000 per barang. Namun aku punya rencana lain di balik itu semua. Hihihi. Yang jelas aku termasuk suka kok dengan perona pipi dari RED-A ini. Cukup banyak pilihan, ada sekitar 5 warna, dan warna-warnanya pun termasuk intens. Aku sengaja pilih ini agar aku bisa menggunakannya sedikit tapi warnanya keluar (maklum yah kulit aku kan emang agak gelap, hehehe). Maaf ya, untuk foto yang di kolase, hasilnya agak buram karena pakai kamera hape dan di bawah lampu temaram. Tapi kurang lebih ini sudah aku set sehingga bisa menampakan warna terdekat dengan aslinya. Warna perona pipi ini adalah peachy pink dengan glitter halus dan plummy red dengan glitter yang lebih intens. Untuk kulit aku warnanya yang peachy pink ga terlalu keluar. Tapi kalau yang plummy red jatuhnya di aku agak-agak dusty rose gitu.

Produk serupa lain:
Viva Cosmetics single blush (Rp10,000)
Blush on dari merk yang sama dengan warna yang berbeda.
__________________________________________________________

4. Eyeshadow ~~ RED-A Blush On Duo warna B (Rp20,000)

Nah ini dia nih rencana lain yang terselubung ketika aku membeli perona pipi dari RED-A ini: aku jadikan sebagai eyeshadow. Yap, ternyata warnanya cantik banget menurut aku. Aku menggunakan warna yang paling terang di palette-nya. Lumayan banget kan, sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Produk serupa lain:
Viva Cream Eyeshadow single (Rp10,000)
Viva Eyeshadow duo (Rp17,000)

__________________________________________________________

Viva Eye Base Gel

5. Primer Mata ~~ Viva Eye Base Gel (Rp10,000)

Sekarang aku gak bisa pakai eyeshadow tanpa pakai primer mata. Untuk kamu yang belum tahu apa itu primer mata, aku jelaskan sedikit ya. Gunanya adalah untuk membuat warna eyeshadow yang akan kita gunakan lebih terang jika dibandingkan dengan tidak menggunakan primer mata. Selain itu, primer mata juga berfungsi melembabkan dan melapisi mata dari eyeshadow yang akan diaplikasikan nantinya. Harga sewaktu mendapatkan ini adalah sekitar Rp8,000-an namun sekarang harganya sudah naik jadi Rp10,000.

Produk serupa lain: gak ada lagi yang lebih murah dari ini.

__________________________________________________________

Silky Girl eyebrow pencil - Soft Black

6. Pensil Alis ~~ Silky Girl Eyebrow Pencil warna Soft Black (sekitar Rp20,000)

Ini dia tantangan paling besar ketika menentukan sebuah pensil alis. Setelah melakukan survey kesana-kemari, aku tidak menemukan satupun di area sekitarku yang harganya ada di bawah Rp10,000. Berhubung aku sudah punya pensil alis ini (tidak beli baru), maka aku putuskan untuk menggunakannya saja.

Produk serupa lain:
Viva eyebrow pencil (sekitar Rp20,000);
Fanbo eyebrow pencil (sekitar Rp20,000);
Sariayu eyebrow pencil (sekitar Rp20,000)

__________________________________________________________

7. Eyeliner ~~ Silky Girl Eyebrow Pencil warna Soft Black (sekitar Rp20,000)

Tantangan terbesar kedua adalah menentukan produk eyeliner. Hahaha, lagi-lagi aku tidak menemukan eyeliner pencil yang harganya di bawah Rp20,000 di sekitar area aku. Yang banyak aku temui adalah kisaran harga Rp40,000 ke atas. Jadi aku berinisiatif menggunakan eyebrow pencil dari Silky Girl ini sebagai eyeliner. Memang sih pensil alis sifatnya lebih keras dari eyeliner sehingga perlu banyak oles dengan hati-hati di kelopak mata agar warnanya keluar namun tidak menyakiti kelopak mata.

Produk serupa lain:
My Darling Liquid Eyeliner (Rp15,000 – Rp20,000)

__________________________________________________________

Be Paris False Eyelashes and Elise False Eyelash Glue

8. Bulu Mata ~~ Be Paris Faux Lashes dan Elise Faux Lashes Glue (Rp15,000 sepaket)

Tantangan terberat terakhir adalah mencari maskara yang harganya kurang dari Rp20,000. Dari browsing internet sampe menyambangi toko kosmetik atau warung-warung tradisional yang berpotensial menjual kosmetik lokal, tidak satupun dari mereka yang menjual maskara yang harganya di bawah Rp20,000. Minimun harga maskara yang aku temui adalah Rp50,000 dan itu akan langsung aku coret dari to-buy list. Maka dari itu, keputusan pun jatuh dengan menggunakan bulu mata palsu. Yap, cukup dengan Rp15,000 saja maka sudah bisa mendapatkan bulu mata lentik dan cantik untuk kamu yang memang mengingkannya seperti itu.

Produk serupa lain: bisa kamu temui di toko kosmetik. Kalau bulu mata yang merknya abal2 gak apa-apa deh.. Misal kayak MAC atau NAKED. MAC memang mengeluarkan produk bulu mata palsu, namun harganya hingga mencapai Rp200,000++ per pasang (dengan klaim bisa digunakan lebih dari 20x) dan kalau NAKED…. hmmm sampai saat ini merk NAKED dari Urban Decay tidak mengeluarkan produk bulu mata palsu, tapi mungkin nanti di masa yang akan datang, siapa tahu?? Hehehe.

__________________________________________________________

Mirabella Color Moist Lipstick nomor 7Mirabella Color Moist Lipstick nomor 7.Mirabella Color Moist Lipstick no.7Mirabella Color Moist Lipstick no.7.

9. Lipstik ~~ Mirabella Color Moist Lipstick 07 (Rp9,000)

Untuk lipstik Mirabella yang ini? TWO THUMBS UP!!!! Sejujurnya aku sangat amat kagum dengan lipstik ini karena harganya yang cuma Rp9,000!!! Barang mana yang lebih murah dari ini?? Bahkan produk abal-abal atau kosmetik KW pun harganya lebih mahal dari ini!!! WOW BANGGETTT!! Untuk lipstik Mirabella yang ini, jujur aja aku belinya hanya berdasarkan informasi warna dari web saja. Biasanya lipstik murah seperti ini tidak menyediakan produk tester dan benar saja ketika aku mengunjungi salah satu toko kosmetiknya, tidak disediakan tester secara lengkap, hanya ada yang no.5, sisanya aku hanya tahu dari beberapa review blogger. Beruntunglah aku, warna lipstik ini cocok denganku. Ini warnanya peachy brown dengan sedikit pink undertone. Masuk dengan warna kulitku yang memang agak gelap. Memang sih tingkat intensitas warnanya tidak sebaik yang harganya di atas-atas ini. Tapi untuk harga Rp9,000 apa yang kalian minta lagi? Untuk harga segitu, intensitas dan pigmentasi lipstik ini cukup baik walau tidak tahan lama.

Produk serupa lain: gak ada lagi yang harganya lebih murah dari ini.

__________________________________________________________

Berikut ini adalah hasilnyaaaaaaa….. Tadaaaaaaaa!!!

Before
Before
After..
After..
After
After

 

-*-*-

Total Belanja:
1. Mustika Ratu Bengkoang Whitening Alas Bedak (harga Rp12,000)
2. RED-A Loose Powder 05 (Rp11,000)
3. RED-A Blush On Duo warna B (Rp20,000)
4. Viva Eye Base Gel (Rp10,000)
5. Silky Girl Eyebrow Pencil warna Soft Black (sekitar Rp20,000)
6. Be Paris Faux Lashes dan Elise Faux Lashes Glue (Rp15,000 sepaket)
7. Mirabella Color Moist Lipstick 07 (Rp9,000)

RP97,000

__________________________________________________________

See? Dengan hanya kurang dari Rp100,000, kamu uda bisa dandan cantik deehh… Sooo, cantik itu ga perlu mahal kan??? Gunakanlah semaksimal mungkin apa yang bisa kamu temui, tapi jangan terkecoh produk palsu ya. Oia, sekedar pengingat, hati-hati buat kamu yang memang ingin membeli produk RED-A karena produk ini ternyata sudah dipalsukan oleh beberapa penjual kosmetik yang buka lapak emperan gitu deh di pasar-pasar. Kebetulan aku beli RED-A nya di Naga Swalayan. Selain RED-A, ada produk dari La Tulipe dan Inez juga yang dipalsukan. Kenapa aku bisa tahu? Karena ibu aku pelanggan setia produk tersebut, jadi aku bisa membedakan. Dari kemasannya pun berbeda. Kemasan produk palsu itu sudah lusuh (berbaret, sekalipun ada warna yang dicat ulang, catnya menempel di jari kamu ketika kamu usap, terutama cat tulisan yang berwarna emas untuk La Tulipe dan Inez), dusnya rata-rata sudah peyot (gak baru dan kaku layaknya dus baru) tapi isinya masih baru. Menurut asumsiku sih, mereka mengambil kemasan kosong yang sudah dibuang, lalu diisi kembali dengan produk yang mereka racik sendiri dengan warna serupa. Walau serupa, jika dibandingkan dengan produk asli yang original, tetap saja warnanya berbeda buat mataku.

Nah, bagaimana denganmu? Jika kamu seorang blogger, maka kamu aku tantang untuk membuat Budget Beauty: Under 100 K Make Up versi kamu dan tulis di blog kalian masing-masing. Jika kamu bukan seorang blogger, kamu bisa kok berkomentar di bawah ini biar kita semua tahu produk-produk lain apa yang bisa digunakan dengan anggaran di bawah Rp100,000 atau dengan anggaran seminimal mungkin untuk digunakan seluruh wajah (lengkap ya, mulai dari bedak, alas bedak, eyeshadow, eyeliner, dll)… TAPI, dengan catatan, SEMUA PRODUK HARUS KOSMETIK ORIGINAL YANG UMUM DIJUAL BEBAS SECARA RESMI DAN TERDAFTAR BPOM, NO ABAL-ABAL KOSMETIK ATAU KOSMETIK KW!

Terima kasih telah membaca dan berkomentar di blog aku ini ya. Semoga bermanfaat!

XOXO~~

 

14 Comments on “Budget Beauty Challenge: Under 100K Make Up

  1. Buseett…udah bikin aja nih mak
    Gw masih ngumpulin bahan
    Dan itu eye primer memang tiada duanya,yg lebih mahal? …banyaakk… Haahahh
    Gw terima tantangannya,tunggu aja!
    Huahahahahhaha

    1. Gih dah!!! Cepet bikiiinn… Ini sayangnya gw ga tau tempat-tempat strategis lain yang potensial buat dijadiin budget beauty. Soalnya paling mentok kan gw ke Naga sono. Harusnya sih bs lebih murah dari ini kalau nemu alternatif yang lain. Hehehe..

    1. Salam kenal jg Tya! Nice to meet you! Iya betul, utk sehari-hari aku rasa ini cocok (mungkin kecuali bulu mata palsu kali ya, kl mau bs diganti eyeliner My Darling), toh qt jg kan kl harian ga perlu yg heboh2 bgt yg penting keliatan fresh aja. Thanks for visiting me ya… Tertarik buat join tantanganku??? :p :p

    1. Nunuuyy, byk tauukk di tempatku. Kmrn itu Lintang sempat titip aku jg krn di area dy ga ada! Hihihi, mau titip juga?? *berasa ky online shop* Nuy, ayo donk ikutan challengenya!! Biar seru berantai gituuuuu! Hahaha.

    1. Byk Mak!!! Tp emg rata2 shadenya ga byk, either terlalu terang & terlalu gelap di gw. Hrsnya, kl gw bs pake yg lain bs lbh murce dari ini nih. Hahaha. Ayo donk! Up jg postingannya utk challenge ini. Gw pgn liat lo dpt apa aja.

    1. Hiks Hiks, cabal yak nin.. Aku jg kebetulan pas aja deket rumah ada toko Dan-Dan dan Beau beauty store. Klo ga mungkin juga perjuangan nyari ini. Soalnya sebelum ada dua toko itu, aku ga pernah liat lipstik ini dijual dimana-mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *