Bourjois Rouge Edition Velvet: Lipstik Cair yang Lembab!

posted in: LIPSTICK POLITIC | 24

Bourjois Rouge Edition Velvet — I will never get enough of lip cream! Sejak pertama kali lip cream itu heboh, Bourjois adalah salah satu dari generasi pertama yang mempopulerkan kehadiran lip cream di kancah dunia kecantikan!

Buat aku, Bourjois termasuk merek makeup yang tergolong kurang terdengar namanya. Ditambah, karena memang ini merek berasal dari negeri barat, jadinya warna-warna untuk makeup dasarnya kebanyakan berwarna terang, bahkan untuk warna gelapnya sekalipun. Hal ini jadi makin bikin aku hampir tidak pernah menengok merek ini.

Bourjois_Rouge_Edition_Velvet
Bourjois Rouge Edition Velvet

Setahu aku pada saat pertama kali mengenal Bourjois sekitar kurang lebih 8 tahun lalu, produk-produknya Bourjois dijual di mal mulai dari kategori medium. Seiring berjalan waktu, saat masuk Guardian di Indonesia, produk ini juga dijual di beberapa cabang Guardian. Sehingga merek ini bisa dikategorikan sebagai merek drugstore meskipun harganya tidak bisa dikatakan murah. Untuk saat ini, kamu juga bisa membeli produk Bourjois di outlet Sephora.

Bourjois Rouge Edition Velvet

Produk Rouge Edition Velvet ini seingat aku pertama kali diluncurkan di Indonesia sekitar tahun 2014. Aku ingat karena pada saat itu aku diundang oleh Bourjois Indonesia untuk menghadiri launching CC cream-nya dan produk ini juga turut diperkenalkan. Sejak aku cobain Rouge Edition Velvet ini, aku pun langsung suka.

Untuk saat ini, Bourjois Rouge Edition Velvet sudah hadir dalam 16 warna yang keseluruhannya bisa kamu pilih sesuai dengan mood, warna kulit ataupun acara yang mau disesuaikan. Like, there’s every color for everyone and every occasion! Cuma berhubung harga dari lip cream ini lumayan menguras kantong yah buk (menurut aku), jadinya aku cuma punya 3 warna saja yang kira-kira bisa aku pakai untuk ke acara khusus, jalan-jalan, ataupun ketemu ibu mertua. Yuk kita bahas!

1. OLE FLAMINGO

Bourjois_Rouge_Edition_Velvet_ 05._Ole_Flamingo!
Bourjois Rouge Edition Velvet 05. Ole Flamingo!

Ini warna sangat-sangat-sangat in your face banget. Maksudnya, kategori berani karena Ole Flamingo adalah warna fuchsia dengan ada bias warna merah sehingga warna ini cocok buat yang memiliki warna kulit sawo matang atau lebih gelap. Warna seperti ini bisa banget dipakai untuk pergi ke pesta atau acara-acara penting lainnya. Oleh karena warnanya yang bold seperti ini, membuat kamu jadi effortless dalam hal makeup untuk bagian lainnya karena your lips do the hard work as the center of attention.

2. HAPPY NUDE YEAR

Bourjois_Rouge_Edition_Velvet_ 09._Happy_Nude_Year!
Bourjois Rouge Edition Velvet 09. Happy Nude Year!

Ini warna yang sangat aku nantikan kehadirannya. Hehehe. Sebetulnya, aku berharap warna ini akan menjadi lebih ke arah pink muda gitu soalnya aku lagi suka banget sama nude pink sewaktu aku beli warna ini. Tapi nyatanya di bibir aku malah lebih ke arah nude peach. Aku sebenernya agak kurang suka sih dengan warna yang tergolong peach, soalnya pink enggak eh orange juga engga! Lebih baik warna pink sekalian atau dengan orange sekalian. Well, namanya juga selera ya? Walau begitu, warna ini sangat bagus untuk dipakai harian. Soalnya warnanya tergolong kalem. Dipakai oleh yang kulitnya sawo matang seperti aku pun, masih masuk juga. Tidak terlihat pucat sama sekali malah.

3. BEAU BRUN

Bourjois_Rouge_Edition_Velvet_ 12._Beau-Brun!
Bourjois Rouge Edition Velvet 12. Beau Brun!

Warna ini juga salah satu yang hit and miss buat aku. Khusus untuk warna ini, aku belinya ikutan jasa titip pembelian kosmetik di Singapura jadinya ini dibelikan di Sephora yang ada di Singapura. Harganya juga jadi sedikit lebih murah sih. Cuma beda beberapa puluh ribu aja dari harga yang dijual di Sephora Indonesia. Sewaktu mencari warna ini, aku pikir warnanya lebih ke cokelat gelap. Yah, dilema beli kosmetik online itu memang begini sih. Apalagi kebanyakan foto ulasan yang ada di Google berasal dari cewek-cewek negeri barat sono yang memang sudah takdirnya memiliki kulit yang sangat lebih terang daripada kulit aku. Penggunaan di mereka, warna ini bener-bener merepresentasikan keinginanku terhadap lipstik warna cokelat gelap. Tapi ternyata ketika sudah aku gunakan, warnanya masih tergolong dalam kategori terracotta brown. Intinya ya masih kurang gelap buat aku.

— KESIMPULAN —

Mari kita bahas tentang keseluruhan dari lip cream ini. Pertama-tama adalah kemasannya. Kemasan dari produk ini tergolong kokoh dengan bentuk kotak kubus persegi panjang dari kaca yang transparan sehingga kita bisa melihat produknya. Tutupnya berbahan plastik yang menyesuaikan dengan warnanya. Di salah satu sisinya, ada stiker berisikan informasi produk. Stiker ini sekaligus berlaku sebagai segel. Ada perbedaan antara kemasan yang dijual di Indonesia dengan yang di Singapura. Untuk produk yang dijual di Indonesia, tidak dilapisi dengan segel plastik sehingga pengaman dari produk yang masih baru hanya berupa stiker produk tersebut yang menurut aku sangat cepat koyak. Sedangkan, untuk produk yang dijual di Singapura, terdapat segel plastik walau hanya dibalut di sekitaran celah antara tutup dan badan kemasan sehingga menurut aku jadi lebih aman terhadap tangan-tangan jahil.

Bourjois_Rouge_Edition_Velvet_Fiarevenian!
Bourjois Rouge Edition Velvet Body

Lalu yang kedua, aku akan bicarakan tentang aplikatornya. Seperti aplikator pada umumnya, tidak ada yang spesial. Bentuknya doe foot standar yang jamak ditemui pada mayoritas produk lip cream lainnya. Meski begitu, masih mampu menghasilkan pulasan yang rapih dan menjangkau ke dalam sudut bibir. Sponge di aplikatornya juga mampu mengangkat produk dengan jumlah yang cukup sehingga untuk bentuk bibir aku yang sedikit lebih tebal, tidak perlu berkali-kali mencelupkan ke dalam botol untuk bisa mendapatkan hasil yang full cover.

Bourjois_Rouge_Edition_Velvet_Fiarevenian!
Bourjois Rouge Edition Velvet Tip Applicator

Ketiga, aku akan bicarakan tentang performa dan tekstur dari lip cream ini. Untuk teksturnya sendiri, Rouge Edition Velvet itu lebih cair namun dengan pigmentasi yang bagus. Untuk warna termuda yang aku punya, yaitu Happy Nude Year, bahkan mampu menutupi bibir aku yang berpigmen lebih gelap. Ketika kering pun tidak memberikan efek see-through alias warna bibir yang mengintip dari balik warna lipstik. So, I would say it has a very good pigmentation. Aroma yang tercium ketika membuka botolnya adalah aroma khas seperti cat air. I know it because I had been playing enough time with water paint in my childhood. Tapi aroma tersebut akan hilang ketika produk sudah diaplikasikan ke bibir.

Bourjois_Rouge_Edition_Velvet_Fiarevenian!
Bourjois Rouge Edition Velvet

Lalu yang terakhir adalah bagaimana produk ini ketika sudah digunakan. Waktu pertama kali digunakan, terasa sekali kalau produknya encer. Tidak seperti produk lip cream pada umumnya, produk ini membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama untuk bisa kering di bibir, sekitar 5 menitan lah. Sementara, banyak produk lip cream saat ini yang memiliki waktu mengering relatif singkat, bahkan ada yang butuh kurang dari 1 menit. Bisa dikatakan, dalam hal ini tidak sesuai dengan seleraku. Meski begitu, keuntungan dari hal tersebut adalah produk ini cocok untuk pemula; karena kamu ga perlu terburu-buru untuk bisa menyempurnakan penampilan kamu. Kalaupun ternyata kamu melakukan kesalahan pada saat pengaplikasian, ga perlu terburu-buru untuk diperbaiki. Lalu ketika produknya mengering pun, tidak ada kesan bibir terasa kering seperti di gurun atau rasa seperti bibir tersedot kelembabannya. Sesuai namanya, produk ini mengering dalam bentuk velvety finish. Masih ada transfer namun tergolong minimum.

Untuk harga yang hampir mencapai Rp200,000/pc-nya, bisa dikatakan Bourjois Rouge Edition Velvet adalah produk yang OK. Memang kalau dari seleraku, aku tidak terlalu suka dengan sifatnya yang tidak mudah kering, namun once it sets, your lips will feel velvety like a petal of rose. Plusnya lagi, ga bikin bibir terasa kering sama sekali. Cukup awet juga meski dipakai makan yang tidak berkuah. Jika diaplikasi ulang pun, tetap melt into one layer. Sekarang aja aku lagi berpikir mau beli warna lain. Hehehe. Kamu ada yang sudah coba produk ini? Yuk, share di kolom komentar!

24 Responses

  1. jennitanuwijaya

    lagi hits banget bikin konsep lip cream yang lembab yaa

    • Alfia Widati

      Aku rasa pada terinspirasi oleh si Bourjois ini deh soalnya kan sebelum lip cream heboh sekarang-sekarang ini, dia duluan sudah launched.

  2. Erny Kurnia

    Inget masa-masa lip cream lokal belum sehype sekarang. Borjouis lip cream ini hits abis jadi fav banyak orang yah

    • Alfia Widati

      Iya bener, sampai-sampai beberapa warna sering sold out dulu. Aku inget tuh warna Grand Cru yang paling banyak dicari sampe susah mau PO juga. Hahaha.

  3. Nindy - SILVER TREASURE

    Fi aku setuju sama si Happy Nude Year, warnanya kurang demen yang model begitu. Selain tanggung dan aku cepet bosen sama warna begitu, di aku suka jadi neon

    Nggak banget lah jadinya, tapi warna yang Ole Flamingo cakep euy!

    • Alfia Widati

      Iya sih, meski masih tetap bagus hasilnya di aku, Nin. Cuma ya itu, kurang suka sama warnanya yang nanggung gini. Hehehe.

  4. Puspa

    Ini masuk wishlist aq, tp blom kesampean ajaa…

    #kbbvmember

  5. Aisyah Alif

    Sudah lama pengen coba tapi kepentok harganya jadi mikir ulang mau beneran beli apa nggak ^^;; Tapi jujur ya bagus-bagus koleksi warnanya, itu yang warna Beau Brun termasuk warna favoritku hehe #kbbvmember

    • Alfia Widati

      Emang kalau harga sih ya lumayan juga nih. Aku juga pengen banget beli beberapa warna lagi tapi sekarang jadi mikir-mikir. (Lha dulu waktu beli ini emang ga dipikir ya? Hahaha)

  6. Angelika witarsa

    Suka warnanua banget! Lagi hits ya ini!
    #kbbvmember

    • Alfia Widati

      Sebenernya ga lagi hits kok. Justru masa-masa kejayaan Bourjois Rouge Edition Velvet sudah tidak seperti dulu lagi. Cuma kalau kamu mau produk lip cream yang OK dan tidak bikin kering, ini bisa banget jadi pilihanmu.

  7. winda

    ini lipstick fenomenal dari jaman pertama ngeblog ttg makeup hahahaa tp sampai sekarang masih blom punya sebijipun 🙁 #KBBVMember

  8. Witri Prasetyo Aji

    naksir happy nude yearnya…

    harganya WOW… heheheh

    kapan-kapan, nyoba ah

  9. Turis Cantik

    Favorit aku bangeeeeetttt..aku suka yang warna pink ponk, ole flaminggo juga pernah punya.

  10. herva yulyanti

    Aku pake ini mba uda sekitar 2 taunan sukanbanget wlw harganya mayan tp demi penampilan paripurna tetep emak sisihin buat beli ini

  11. Ursula Meta Rosarini

    Harganya kok bikin maju mundur ya hihihi,
    tapi Happy Nude Yearnya bikin jatuh cinta banget

  12. Ryan Saragie

    Wow…yang ole flamingo tjakep bingit. Aku belum pernah nyobain lip cream brand luar masih pake yang lokal aja, maklum….blogger kere hahaha…
    Btw nice review.

  13. Cindyartha Aprilia

    Kak fiaaaa, ini mah fave aku. Dulu banget setelah bosen sama nyx smlc, aku koleksi si bourjois ini. Dari sekitar 19 warna (kalo ga salah skrg) aku punya 10 hahahah. Yg suka dipake single si happy nude year, dont pink of it, peach club, so hap pink dan honey mood. Selain formulanya yg moist dan ga bikin kering, lip creamnya bourjois jg awet, apalagi warna yg boldnya. Kece juga kalo dipake ombre. My luvs! ❤

Leave a Reply