Backing Up Your Back: Jerawat di Punggung

posted in: Uncategorized | 0

Aku sering banget denger beberapa teman yang memiliki masalah jerawat. Well, jerawat di muka mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana dengan jerawat di punggung?? Hmm, itu bisa saja terjadi sih. Aku aja pernah kok muncul jerawat di kuping. Hehehe.

Penyebab jerawat muncul di punggung itu biasanya terjadi karena punggung kita memiliki kelenjar minyak yang sensitif seperti wajah. Jadi, bila kulit punggung kotor, maka cepat sekali memicu jerawat. Namun hal ini bisa juga dipicu dari masalah hormon, keturunan, atau sel kulit mati yang menyumbat pori.

Cara Perawatan Sebelum Punggung Berjerawat

1. Banyaklah minum air putih setidaknya 1,5 liter hingga 2 liter perhari untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh.

2. Pada saat tidak berjerawat, bersihkan punggung dengan menggunakan scrub ataupun loofah dengan kekuatan sedang agar kulit tidak teriritasi. Hal ini guna menyingkirkan sel-sel kulit mati.

3. Konsumsilah buah dan sayuran secara berkala. Hal ini untuk memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh dan tentunya ke kulit juga. Pilihlah buah yang juga mengandung vit E.

Jerawat di Punggung

Cara Pencegahan

1. Gunakan pakaian dan bra yang memberi cukup ruang bernapas bagi kulit punggung. Hindari penggunaan pakaian dan bra yang ketat karena dapat memicu jerawat timbul lebih cepat.

2. Penggunaan backpack atau tas ransel emang praktis. Tapi jika frekuensinya sudah setiap hari (untuk sekolah maupun ke kantor) cobalah untuk rajin mencuci tas kamu paling tidak seminggu sekali. Karena penumpukan keringat yang mengering pada bagian-bagian tas tersebut bisa menjadi metode yang baik bagi bakteri penyebab jerawat. Bisa juga sih kamu pake tas model selempang atau postman bag agar gesekan punggung yang biasanya terjadi pada penggunaan backpack bisa berkurang.

3. Suka berolah raga? Emang sehat sih olah raga itu. Namun gantilah cepat-cepat baju yang basah oleh keringat setelah berolah raga (ataupun setelah beraktivitas lainnya). Jika kamu tipe orang yang gampang keringatan pada saat beraktivitas di luar ruangan, mungkin sekarang saatnya untuk selalu membawa pakaian/kaos cadangan di tas supaya punggung kamu tetap kering. Setelah sampai rumah, jangan lupa mandi yang bersih ya..

4. Ketika mandi setelah beraktivitas, gunakan sabun mandi yang mengandung Salicylic Acid. Kandungan ini biasanya juga terdapat pada sabun pencuci wajah.

Cara Pengobatan

Jika sudah terlanjur muncul jerawat di punggung, kamu jangan langsung bete. Ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Namun hal ini tidak mudah juga karena kulit punggung lebih tebal. Hindari terlebih dahulu penggunaan scrub atau loofah pada saat ini. Jika tetap kamu pakai, ini sama saja kamu makin membuat kulit kamu yang sedang berjerawat jadi teriritasi dan iritasi merupakan pintu terbaik bagi bateri penyebab jerawat untuk berkembang biak. Ada baiknya mandi menggunakan sabun tidak berscrub yang mengandung sulfur atau Salicylic Acid. Hasilnya mungkin tidak bisa langsung terasa, melainkan butuh beberapa hari penggunaan.

Disclaimer: Artikel ini ditulis untuk membantu permasalahan sederhana tentang jerawat di punggung. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari hasil pemeriksaan ahli medis baik berupa tindakan maupun pengobatan. Jika permasalahan terjadi lebih lanjut, silahkan hubungi tenaga medis terdekat.

Leave a Reply