LIPSTICK POLITIC

Amalia Cosmetics: Fresh and Halal

amalia-cosmetics

Di tengah bombardirnya produk-produk kosmetik lokal di Indonesia, ada satu produk yang menurut gw menarik banget: Amalia Cosmetics! Well, awalnya memang gw pikir merk ini adalah merk abal-abal karena belum pernah sama sekali mendengar dan juga belum pernah baca juga kalau merk ini pernah mengadakan press conference untuk product launch-nya.

Sebagai seorang Muslimah yang cukup mengikuti perkembangan produk kosmetik di Indonesia, gw cukup tertarik dengan produk-produk dari Amalia Cosmetics ini. Setelah gw pelajari lebih jauh melalui websitenya, gw menemukan bahwa Amalia Cosmetics ini menjunjung produk kosmetik yang halal.

Meskipun di Indonesia banyak kosmetik (terutama merk lokal) yang memang telah tersertifikasi kehalalannya, namun cuma satu di dalam benak gw yang kalau bicara tentang produk kosmetik halal ya gw nyantolnya sama merk yang itu. Hahaha. Nah, dengan hadirnya Amalia Cosmetics ini, diharapkan bisa memperkaya pilihan terhadap produk kosmetik yang menjunjung kehalalan.

AMALIA COSMETICS
Matte Lip Cream – Nude 01

amalia-cosmetics

Beberapa waktu yang lalu, Yukcoba.in memilih gw untuk mengulas salah satu produk keluaran Amalia Cosmetics ini, yaitu: matte lip cream. Menurut trennya, matte lip cream masih cukup banyak peminat di Indonesia. Sudah kurang lebih sekitar 2 tahunan, demam matte lip cream belum juga reda. Hal ini memancing produsen kosmetik berlomba-lomba mengeluarkan matte lip cream sebagai salah satu produk andalan mereka. Yah, kita mah tinggal kedernya aja sik buat capcipcup memilih mana yang cocok sama kita.

Ketika gw menerima produk matte lip cream ini, gw cukup kagum dengan disain dari carton box-nya. Packagingnya didisain dengan motif khas Moroko yang elegan karena dominasi warna hitamnya. Disain ini berkesan jauh dari embel-embel produk lokal Indonesia karena memang Amalia Cosmetics ini terinspirasi dari budaya Moroko yang kental akan eleganitas khas Perancis. Botolnya juga terbuat dari kaca berbentuk balok yang mana termasuk jarang dipakai oleh kebanyakan merk lip cream, lebih sering menggunakan botol berbentuk silinder. Tutupnya berwarna putih lalu di bagian leher botol ada aksen warna rose gold yang gw suka banget! Aplikatornya pun juga standard doe-foot.

amalia-cosmetics

amalia-cosmetics

Back to the product! Matte lip cream yang dikirimkan ke gw adalah nomor Nude 01. Sekilas dilihat memang ga ada warna nude-nya. Hahahaha. Mungkin karena gw berkulit medium to tan sehingga tidak tampak sebagai warna nude. Just so you know, maksud gw dengan warna nude adalah warna yang jika diaplikasikan ke bibir tidak tampak warnanya. Jadi seperti tidak pakai lipstik, cuma kelihatan seperti warna asli bibir saja. Nah, memang warna nude untuk setiap orang berbeda-beda. Warna nude yang cocok untuk orang yang kulitnya berwarna lebih gelap tidak akan menjadi warna nude jika digunakan oleh orang yang warna kulitnya lebih terang. Kurang lebih seperti itu bahasanya deh.

Nah, Nude 01 ini merupakan sebuah warna kekinian yang memang lagi menjamur di Indonesia. Gw perhatikan, warna-warna seperti ini adalah warna wajib di sebagian besar merk kosmetik yang mengeluarkan seri matte lip cream. Tidak ketinggalan pula ada juga warna seperti ini di koleksi lipstik konvensional. Jadi bagi gw, warna seperti ini tidaklah istimewa.

amalia-cosmetics

Warna Nude 01 menurut penglihatan gw adalah warm medium pink dan ada campuran warna cokelat. Untuk orang yang memiliki kulit lebih terang dari gw bisa saja warna ini akan tampak lebih warm lagi, atau bisa jadi lebih terlihat warna cokelatnya. Namun karena warna dasar kulit gw adalah kuning, yang berarti warm underhue, maka kalau di gw sih jadi terlihat lebih pink.

Oia, di websitenya sendiri, kalian bisa menemukan lip swatch atau contoh warna yang sudah diaplikasikan ke bibir. Menurut gw sih, contoh warna tersebut tidak misleading ya, malah cenderung cukup akurat. Berbeda dengan lip swatch lainnya yang kadang jadi misleading ketika kita hendak memutuskan mau ambil warna apa. Namun, berhubung lip swatch di websitenya Amalia Cosmetics diaplikasikan di orang dengan warna kulit yang lebih terang dari gw, jadinya ada sedikit perbedaan. Well, bagi gw sih hal kayak gini adalah wajar. Bedanya ga jauh kok. Jadi, lip swatch yang terpampang di website bisa dipercaya keakuratan warnanya. Bagi gw, hal yang mungkin saja remeh seperti ini penting loh! Apalagi dengan kebiasaan berbelanja online sehingga tidak perlu mendatangi konter kosmetik hanya untuk mencoba tester product.

amalia-cosmetics

Untuk segi tekstur, gw lebih bisa bilang cream to mousse ya? Karena konsistensinya tergolong tebal namun cukup melembabkan. Tekstur seperti ini mengingatkan gw akan produk NYX Lip Lingerie, hanya saja sedikit lebih tebal lagi. Bicara tentang pigmentasi, satu pulasan mampu menutupi seluruh bibir. Tidak ada warna bibir asli yang peeking-through setelah pengaplikasian. Jadi memberi efek menutup yang sempurna.

Untuk ketersediaan produk, gw hanya tahu ini bisa didapatkan melalui website resminya yang akan gw tulis alamatnya di bawah post ini. Harganya menurut gw cukup mahal sih untuk sebuah matte lip cream. Soalnya kalian harus mengeluarkan Rp125,000 per piece.

amalia-cosmetics

KESIMPULAN

Setelah gw menggunakan Amalia Cosmetics Matte Lip Cream yang berwarna Nude 01, menurut gw patut dicoba jika kalian termasuk seorang make up enthusiast seperti gw. Pilihan warnanya pun cukup banyak yaitu ada 12 warna yang masing-masing dikategorikan ke dalam warna Nude, Pink, Purple dan Red.

Meskipun lip cream ini memberikan 12 warna pilihan, namun untuk variasi warnanya masih terbatas hanya warna-warna aman yang pasti akan dipertimbangkan untuk dipilih jika ingin membeli sebuah warna dari lip cream. Dalam artian, warna-warna seperti ini sudah banyak dikeluarkan oleh merk kosmetik lainnya sebelum Amalia Cosmetics ada. Tapi ga ada salahnya donk cobain Amalia Cosmetics, apalagi merk kosmetik ini sangat menjunjung apa itu kosmetika yang halal sehingga sangat aman jika digunakan oleh kita para Muslimah.

Bicara soal tekstur produk, I would say that I don’t really like it. Tekstur seperti ini memang cukup familiar di bibir gw, but because this lip cream is a tad thicker that the one that I am familiar with, that IS the thing that I don’t like. Trik dari gw: sebelum memulaskan ke bibir, selalu oleskan terlebih dahulu aplikatornya ke mulut botol agar kelebihan produk bisa tertinggal. Jika masih kurang, bisa diaplikasikan kembali secara tipis-tipis agar hasilnya tidak berat di bibir. So, it is better for you to build the consistency from a thinner layer. Selain itu, hasil yang diberikan tidak dead-matte, masih ada velvety feeling-nya. Meskipun terasa tebal, tapi masih cukup nyaman di bibir.

Overall, pendapat gw untuk lip cream ini adalah SO-SO. This product is JUST normal. Seperti yang lainnya, lip cream ini juga memiliki daya tahan yang wajar, sekitar maksimal 5 jam tanpa makan minum sebelum gw merasa tidak nyaman. Kalau diajakin makan dan minum besar sih sepertinya akan kurang dari itu ya.

Is it worth to buy? Not really. If you want it, you can buy it. It’s your own money. LOL. Moreover if you expect Halal certificate from a brand. But if you want something that is lightweight and low maintenance, you might wanna find another.


This is a wrap! Thank you for reading my blog and I’ll see you soon on my latest blog!

AMALIA COSMETICS

web | instagram | facebook | twitter

YUK COBAIN!

web | instagram | facebook | twitter

3 Comments on “Amalia Cosmetics: Fresh and Halal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *