Althea Petal Velvet Sunaway* – Sunscreen dengan SPF50+ PA++++

posted in: SKIN DEEP | 2

Althea Petal Velvet Sunaway – Siapa di sini yang masih belum rajin pakai sunblock? Jadi beberapa waktu lalu, aku sempat ngobrol dengan seorang teman. Dia lebih muda dari aku sih sekitar umur 20-an, sehingga kondisi kulit wajah dia masih sangat bagus dan kencang. Hasil dari rangkaian obrolan dengan dia, aku tarik kesimpulan kalau dia sama sekali tidak pernah menggunakan produk perawatan wajah bahkan yang kebanyakan dijual secara umum di toko-toko. And I was like… Yea, you’re still in your 20s and your skin is still in good condition…

Namun, dia memang menjalani serangkaian skincare regime seperti facial scrubbing atau facial mask dari bahan-bahan yang ada di dapur, seperti kopi, kunyit, oat, dan sebagainya. Sehingga, dia merasa itu sudah cukup karena kulit wajahnya hingga saat ini tidak bermasalah. Eh, tapi tulisan ini bukan bertujuan ghibah ya. Hahaha. Maksudnya, case study yang aku sampaikan di sini adalah sebagai referensi kalau ternyata masih ada juga wanita yang tidak gemar menggunakan produk perawatan wajah topikal seperti krim pagi/malam bahkan sunblock/sunscreen.

petal_velvet_sunaway_fiarevenian

Lain cerita dengan aku. Menurut aku, penggunaan sunblock/sunscreen itu sangat penting sih. Bahkan lebih penting dari penggunakan krim pagi. Seandainya pun aku sedang terburu-buru di pagi hari, maka aku akan lebih memilih pakai sunblock/sunscreen saja dan merelakan produk-produk lainnya kutinggalkan. Pertama, karena saat ini aku sudah masuk usia 30-an sehingga perawatan wajah harus lebih rajin dan intens ketimbang masih di usia 20-an dulu. Kedua, menurut aku, produk sunblock/sunscreen itu adalah produk anti-aging terbaik karena mampu menangkal efek buruk sinar matahari dimana kita setiap hari (Alhamdulillah) masih ketemu sama matahari kan?

Althea Petal Velvet Sunaway

Saat ini, ada produk sunblock/sunscreen yang sedang aku coba gunakan. Biasanya, aku agak tricky dengan produk sunblock/sunscreen karena aku mempunyai pengalaman kalau produknya clogging the pores dan comedogenic. Tapi untuk yang ini aku memutuskan untuk mencobanya. Mungkin beberapa pembaca blog aku sudah tahu kalau Althea adalah sebuah e-commerce dimana menjual produk-produk kecantikan asal Korea Selatan. Seiring waktu, Althea akhirnya menciptakan lini kosmetik sendiri dan dimulai dari produk sunscreen yang dinamai Petal Velvet Sunaway.

petal_velvet_sunaway_fiarevenian

Kemasannya sangat sederhana namun unyu karena hanya terdiri dari 2 warna, yaitu putih dan pink pastel. Aku sendiri suka banget sama kombinasi warnanya. Berbentuk kubus persegi panjang dengan tutup ulir dan mulut botol yang mengerucut sehingga bisa lebih mengendalikan pengeluaran isi produk. Di bawah kemasan terdapat tanggal kadaluarsa jadi aman deh gak akan terlewat expired date.

Produknya sendiri berwarna putih susu dengan tekstur yang sangat cair. Kalau mengeluarkan produk ada baiknya dikocok terlebih dahulu dan dikeluarkan secara perlahan agar produk tidak beleberan kemana-mana. Mudah diaplikasikan dan tidak meninggalkan white cast sehingga buat teman-teman yang berkulit gelap juga bisa merasa aman menggunakannya.

Klaim dari produk ini adalah sebuah sunscreen ringan yang melindungi wajah dengan hasil akhir seperti beludru kelopak bunga saat digunakan.

petal_velvet_sunaway_fiarevenian

Komposisi produk: WATER, CYCLOPENTASILOXANE, ZINC OXIDE, DISILOXANE, PROPANEDIOL, TITANIUM DIOXIDE, DICAPRYLYL ETHER, METHYL METHACRYLATE CROSSPOLYMER, PELARGONIUM GRAVEOLENS FLOWER OIL, SALVIA OFFICINALIS (SAGE) OIL, POGOSTEMON CABLIN OIL, CITRUS AURANTIUM BERGAMIA (BERGAMOT) FRUIT OIL, ROSA DAMASCENA FLOWER EXTRACT, PEG-10 DIMETHICONE, STEARIC ACID, ALUMINUM HYDROXIDE, VINYL DIMETHICONE/METHICONE SILSESQUIOXANE CROSSPOLYMER, SODIUM CHLORIDE, TRIETHOXYCAPRYLYLSILANE, 1,2-HEXANEDIOL, SORBITAN CAPRYLATE, GLYCERYL CAPRYLATE, POLYGLYCERYL-6 POLYRICINOLEATE, ETHYLHEXYLGLYCERIN, BUTYLENE GLYCOL, ETHYL HEXANEDIOL, CAPRYLYL GLYCOL.

Ulasan Penggunaan

Beberapa kali menggunakan produk ini, aku bisa bilang kalau Althea Petal Velvet Sunaway termasuk ramah untuk kulit berminyak aku. Sejauh pengamatan, sunscreen ini tidak menimbulkan komedo ataupun penyumbatan pada pori-pori kulit wajah. Mengenai whitecast, aku tidak merasakan ada whitecast nampak yang mengganggu sih. Kalau dari hasil swatch di tangan, hanya meninggalkan kesan kilau sehat di kulit saja. Jadi bisa aku bilang cukup OK kalau mau digunakan di wajah dalam keadaan bare face dan mau foto-foto (which will never happen to me! LOL).

petal_velvet_sunaway_fiarevenian

Berhubung ini adalah physical sunscreen, ada baiknya kalau menggunakan produk ini dengan porsi yang lebih banyak dari pada penggunaan chemical sunscreen. Aku sendiri menggunakannya sebanyak panjangnya 2 ruas jari (telunjuk dan tengah) dengan menekan kemasan lebih kuat sehingga produk yang dikeluarkan jadi lebih banyak. Formulanya yang sangat mudah dibaurkan jadi nilai plus sendiri sih buat aku, jadi gak perlu bolak-balik buffing the product into the skin.

Despite all the good things I mentioned above, in my opinion, aku merasa sunscreen ini tetap ada kurangnya meskipun kekurangan ini hanya bersifat subjektif; yaitu aku tidak suka akan wanginya. Sewaktu berdiskusi dengan Ci Irene Widya mengenai produk ini, kami sepakat kalau Althea Petal Velvet Sunaway memiliki wangi dupa, ya mengingatkan aku ketika aku lagi ke sebuah toko tekstil milik orang India, atau ketika aku mengunjungi upacara keagamaaan seorang sahabatku dari Bali. A little bit strange sih ya, karena biasanya produk kecantikan kan memiliki wangi yang bisa menenangkan ataupun membangkitkan mood. Tapi sewaktu aku menggunakan produk ini, jujur saja aku jadi tahan napas. Bener-bener aku gak suka sama wanginya walaupun memang wanginya akan menghilang secara perlahan.

petal_velvet_sunaway_fiarevenian

Lalu, hal lain yang aku perhatikan adalah ternyata selama penggunaan produk ini, wajah aku jadi lebih mudah mengeluarkan keringat. Aku merasa makeup aku lebih cepat luntur dengan penggunaan produk ini terutama jika aku hanya menggunakan daily makeup yang ringan. Dikarenakan Althea sendiri mengutarakan bahwa Petal Velvet Sunaway bukanlah sunscreen berjenis chemical, maka sudah pasti produk ini adalah physical sunscreen. Sebagai info tambahan, physical sunscreen memiliki kecendrungan meningkatkan produksi keringat pada wajah. Ditambah memang aku sendiri sangat mudah berkeringat, maka dengan menggunakan sunscreen ini, keringat aku pun semakin cepat keluar. Terutama jika memang harus beraktifitas di luar ruangan, sehingga pengaplikasian ulang sangat diperlukan karena physical sunscreen sangat mudah terhapus oleh air.

Untuk sensasi petal velvet seperti namanya, aku pikir malah gak ada sama sekali sewaktu produknya menyerap di kulit. Namun memang daya tahannya untuk menjaga kulit aku mengeluarkan minyak berlebih cukup bisa diandalkan. Sekitar 3-4 jam setelah aplikasi, kulit aku sudah mulai berminyak dimana biasanya butuh bantuan makeup untuk bisa menjaga kulit wajah aku mengeluarkan minyak berlebih dalam kurun waktu ini. Aku masih lebih senang menggunakan sunblock aku yang biasanya sih tapi jika tidak ada pilihan lain, Althea Petal Velvet Sunaway ini sudah cukup. Seandainya pun aku harus membeli produk ini sendiri, aku tetap bersedia mengeluarkan Rp145,000 untuk isi 55ml dan masa pengiriman kurang lebih 15 hari kerja untuk bisa sampai ke tanganku karena produk ini dikirimkan oleh Althea dari Korea Selatan.

petal_velvet_sunaway_fiarevenian

Last but not the least, perlu diketahui juga kalau reaksi setiap orang pasti berbeda-beda. Kita tidak bisa tahu performa sebuah produk sebelum benar-benar menggunakannya. Namun ulasan aku ini, bisa saja jadi acuan buat teman-teman yang ingin mencoba produk ini.

EDIT (25 Januari 2019): Setelah beberapa bulan menggunakan produk ini, perlu aku akui ternyata ada hal-hal yang membuat aku berubah pikiran. Hal ini disebabkan, ternyata Althea Petal Velvet Sunaway ini menyebabkan terbentuknya komedo di wajah aku terutama pada bagian hidung secara cepat sehingga wajah aku jadi lebih mudah jerawatan walaupun aku sudah melaksanakan double cleansing. Seperti yang pernah aku sebutkan di atas kalau aku juga pernah terjebak menggunakan produk sunscreen/sunblock yang membuatku selalu membersihkan komedo every end of the day dan unfortunately, Althea Petal Velvet Sunaway termasuk dalam produk yang ingin aku hindari meskipun oil controlnya bisa aku acungin jempol banget di kulit berminyak aku. Bisa saja ini karena karakteristik dari si sunscreen/sunblock yang masuk kategori physical sunscreen/sunblock. Dan, kembali lagi ya ke keadaan kulit masing-masing. Tidak bisa disamaratakan.

Produk ini dikirimkan oleh Althea sebagai bahan ulasan untuk blog aku. Namun, opini yang aku tuliskan adalah berdasarkan pengalaman yang aku rasakan sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada pembaca Fiarevenian sebelum membeli produknya. Jadi, gimana? Kalian tertarik mau coba Althea Petal Velvet Sunaway?

Beli di Althea dan nikmati diskon 20% untuk pembelian pertama!

2 Responses

Leave a Reply