Althea Makeup – One Brand Tutorial *

posted in: MAKE UP AND WAKE UP | 0

Althea Makeup – Setelah aku menuliskan ulasan secara kesan-kesan pertama di blog post aku sebelumnya, aku akan membuat makeup tutorial dengan menggunakan produk-produk dari lini makeup Althea Korea. Di sini aku ingin lebih memfokuskan makeup ala cewek Korea Selatan.

Makeup tutorial yang aku buat di post ini adalah terjemahan aku setelah menonton begitu banyak episode di drama-drama Korea. Yesss, begitu cintanya aku menonton drama dari Korea Selatan sehingga bikin aku senang banget bisa jadi bagian dari Althea Angels! Because I feel related and the thing is I CAN DO MY MAKEUP to mimic those South Korean girls on Korean Drama! Hehehe.

Althea Makeup – One Brand Tutorial

Baik kita mulai saja ya. Untuk langkah awal, jangan lupa teman-teman menggunakan seri perawatan wajah seperti toner, essence, serum, dan krim pelembab untuk pagi hari. Dalam setiap makeup, semuanya harus diawali dengan tahapan seri perawatan wajah dahulu. Buat aku ini penting, karena tidak akan ada makeup yang bisa awet dengan hasil yang bagus jika tidak diawali dengan kulit yang sehat dan lembab.

althea-makeup-tutorial

Setelah menggunakan rangkaian perawatan wajah favorit, langsung gunakan foundation/bb cream/cc cream favorit karena Althea sendiri belum mengeluarkan produk base makeup. Lalu, di sini aku lanjutkan pakai Flawless Creamy Concealer warna Honey di bagian bawah mata dan warna Mocha untuk menambal diskolorasi di area cuping hidung. Somehow, warna Mocha ini sangat sesuai dengan warna kulitku sehingga seperti tidak pakai concealer. Seneng deh!

Kemudian, aku memilih concealer dengan warna terang (Vanilla) untuk highlight area tertinggi seperti batang hidung, tengah dahi dan bagian dagu. Flawless Creamy Concealer ini menurut pendapatku memiliki formulasi yang lembut. Meski dengan pigmentasi yang berdaya tutup medium, concealer ini sangat mudah dibaurkan baik dengan tangan maupun dengan blender sponge.

althea-makeup-tutorial

Setelah semua rata, jangan lupa lakukan “baking“. Jadi ya, istilah baking itu tidak hanya ada di topik masak lho! Ini juga ada di topik kecantikan. Namun, baking di sini arti dan caranya sangat berbeda dengan topik memasak. Baking di topik kecantikan maksudnya adalah mengunci makeup dasar agar tahan lama dan tidak mudah menggumpal terutama di area bawah mata dan area T di wajah yang biasanya cepat berminyak. Caranya, berikan lebih banyak bedak tabur dari normalnya di bagian yang ingin kena baking lalu diamkan selama beberapa saat. Kalau aku, aku membiarkan bedak baking tersebut selama aku mengaplikasikan bedak ke seluruh muka.

Untuk proses baking sendiri, aku menggunakan bedak tabur Althea Petal Velvet Powder warna Translucent untuk area bawah mata. Aku lebih memilih warna ini karena aku tidak ingin mengubah warna untuk daerah bawah mata yang sudah aku aplikasikan concealer dari Althea.

althea-makeup-tutorial

Untuk mengunci foundation yang aku gunakan, maka aku aplikasikan bedak tabur Althea Petal Velvet Powder yang warna Beige ke seluruh wajah aku. Surprisingly, warna Beige ini bisa masuk ke warna kulit aku. Padahal biasanya kan warna base makeup dari Korea Selatan cenderung lebih terang ya dari kebanyakan kulit orang Indonesia. Tapi aku merasa fine aja dengan warna bedak ini.

Setelah menggunakan bedak tabur tersebut, aku pun menghapus sisa bedak baking yang ada di bawah mata dengan menggunakan kuas bedak. Oia, pastikan semua sisa bedak disapu bersih dengan kuas tersebut untuk menyempurnakan hasil makeup ya.

althea-makeup-tutorial

Sekarang mari kita mulai bagian dekorasinya! Aku menggunakan eyeshadow palette hasil kolaborasi antara Althea Korea dan Bunga Citra Lestari (BCL). Palet ini dinamai dengan Sunrise Moonrise dengan konsep yang bisa mengusung kebutuhan dandan untuk siang hari dan malam hari. Sebagai beauty junkie, sudah barang tentu aku suka mencoba berbagai macam produk kecantikan yang baru dan perlu aku akui kalau kualitas pigment dari eyeshadow palette ini cukup bagus menski memang sangat powdery sehingga jadi menyerbuk setiap kali aku mengoleskan kuasku ke sana.

Pertama, aku menggunakan Flawless Creamy Concealer warna Ginger ke bagian kelopak mata lalu baurkan dengan rata. Langkah ini aku lakukan dalam upaya memberikan eye primer sekaligus memperbaiki diskolorasi di kelopak mata agar warnanya bisa setara dengan keseluruhan wajahku.

althea-makeup-tutorial

Untuk warna pertama, aku mengaplikasikan warna ke 2 sebagai base color dan untuk mengunci concealer agar tidak menggumpal karena kelopak mata kan sudah takdirnya memiliki kulit yang lebih tipis sehingga mudah berkerut. Lalu aku lanjutkan warna ke 6 di bagian lipatan mata atau biasa disebut crease dengan menggunakan eyeshadow brush. Itu untuk memberi efek mata terlihat lebih berdimensi. Setelah itu, baurkan secara merata agar tidak ada garis warna yang tegas dengan menggunakan blending brush.

Habis itu, aku aplikasikan warna ke 4 di bagian tengah kelopak mata saja. Hal ini supaya bikin mata kelihatan lebih pop dengan bling-bling yang cemerlang! Sebagai tambahan, aku aplikasikan warna ke 8 di bagian garis bulu mata bawah supaya agak terlihat sedikit seperti smokey eyes. Lanjutkan dengan menggunakan maskara.

althea-makeup-tutorial

Kemudian, aku membuat alis dengan produk alis favorit aku. Tak lupa juga aku menggunakan eyeliner supaya garis mata bisa terlihat lebih tegas.

Oia, gara-gara suka ikutin @dean_818, aku jadi suka menambahkan apa yang Dean sebut sebagai “belek artis”. Hahaha, sungguh istilah yang lucu ya? Makanya, “belek artis” kali ini aku buat menggunakan Althea Spot Light Eye Glitter di bagian sudut mata terdalam. Gunanya supaya bisa bikin mata terlihat lebih hidup dan cerah.

althea-makeup-tutorial

Dan setelah semuanya rapi, tak lupa aku menambahkan Althea Watercolor Cream Lip Tint warna Peach Cream sebagai ombre lips di bibir dan sebagai blush on di pipi. Sengaja aku tidak menggunakan bulu mata palsu supaya bisa mirip sama eonnie Korea gitu dandannya. Kan, walaupun mereka suka pakai eyeshadow warna-warni, tapi jarang banget aku lihat ada yang sampai pakai bulu mata palsu juga. Mungkin karena tetap ingin tampil lebih natural kali ya?

Anyways, gimana hasil makeup aku di atas? Apa teman-teman tertarik buat ikuti? Atau juga tertarik untuk belanja di Althea? Buat temen-temen yang belum pernah belanja di Althea, bisa banget dapatin diskon untuk pembelian pertamamu. Caranya, buat akun dulu di Althea dengan klik tautan ini: Fiarevenian X Althea.

althea-makeup-tutorial

Leave a Reply