Alfia Widati and Beauty Blogging

Assalamualaikum, teman-teman!

Nama aku Alfia Widati. Aku biasa dipanggil Fia secara umum. Hehehe. Iya, soalnya aku juga punya nama panggilan khusus yang menjadi ciri khas orang tersebut memanggil diriku. Yah, bisa dikatakan panggilan kesayanganlah.

>Alfia Widati dipanggil Fia<

Alfia-Widati

Itulah sebagian jawaban kenapa blog ini mengandung unsur nama “Fia”. Yah, walaupun memang sih yang namanya Fia itu banyak. Tapi kan ga ada yang lebih imut dari aku. Wkwkwkwkwk.

Perjalanan aku menjadi seorang blogger aku mulai dari tahun 2009-2010. Saat itu aku suka sekali menulis puisi. Iya, aku ini memang suka sekali dengan dunia tulis menulis sejak SD. Sewaktu aku SD, aku pernah membuat beberapa cerita pendek yang aku dasari dari kehidupan aku sehari-hari. Wajar lah ya kalau aku suka dengan dunia tulis menulis, karena memang hobi aku itu membaca. Hobi yang tidak terkendali itu bahkan berhasil membuat aku memiliki minus 10 pada mata. Ckckckck. Kutu buku banget deh yaaa.. Bahasa kece-nya sih NERD. 😀

Blog pertama yang aku buat adalah LadyPoetryFia. Waktu itu aku bikinnya di platform WordPress dan ga tau deh sekarang itu blog kemana. Hehehe. Isinya ya puisi-puisi yang aku buat. Picisan banget kalau dibaca sekarang. Hahaha. Walau begitu, menulis puisi sudah jadi kebiasaan dari waktu SMA. Lumayanlah kalau-kalau Mading sekolah butuh konten dadakan. Iya, aku ini dulu memang anggota Mading sekolah, SMP dan SMA. Deuh, kehidupan aku mirip Cinta banget yaaahhh di AADC. Wkwkwk. Anggota Mading, terus suka bikin puisi juga. Sayang aja sih puisi aku ga pernah dipublikasi. Yha, aku ga sepede Cinta, cuin!

Terus berlanjut pada tahun 2013, aku membuat blog bernama Revenian. Masih ada kok kalau kamu buka link ini. Tapi ya kontennya hanya konten seadanya saja, karena seluruh konten sudah aku pindahkan ke blog FiaRevenian ini supaya ga kebaca sebagai double post dan/atau plagiat oleh Google.

natur-hair-beauty-dating-6

>Revenian ke FiaRevenian<

Kenapa dinamain Revenian?

Jadi ceritanya gini. Waktu aku lagi suka-sukanya bikin puisi dan aku taruh di blog LadyPoetryFia, aku tuh sudah kenal yang namanya kehidupan online. Apalagi tahun 2009-2010 itu merupakan tahun kejayaan Blackberry Smartphone karena pas lagi booming itu gadget. Berhubung aku suka online, aku juga tergabung dalam sebuah forum internet gitu tuh. Nah, selain menulis di blog, aku juga menulis di forum tersebut untuk thread Puisi-nya. Rame banget karena lumayan sering balas-balasan puisi dengan member forum yang lain. Lalu, pada saat itu kan aku punya pacar. Saat itulah dia yang membuatkan username dengan nama Revenian. Alasannya simple, because he used to play Final Fantasy game and there’s one thing that is named as Revenant but he got it typo so he typed the username as Revenian. Don’t ask me what it is, I don’t have any idea what the hell is that Revenant thing. Akhirnya sejak itu, kalau bikin nama online, aku selalu pakai nama Revenian.

Revenian akhirnya bukan sekedar nama sih. Bisa diibaratkan itu adalah bentuk aku yang lain. Bukan alter ego juga, soalnya kalau yang itu kan bisa berbeda banget. Ini masih ada akunya banget tapi ya bentuknya hanya berupa tulisan dan foto aja. Bukan orangnya langsung. Representasi kali ya?

Habis itu kan lanjut akhirannya bikin blog di Revenian. Sudah sempat kok aku bikin jadi TLD ke revenian.com. Tapi masih bersemayam di WordPress itu hostingnya. Namun, setelah sekitar 1 tahunan menjadi TLD, aku merasa tidak puas dengan hosting di WordPress. Berhubung masih awam banget sama yang namanya TLD, akhirannya aku terlewat deh memperpanjang masa berlaku revenian.com. Karena aku merasa blog aku sudah mulai berkembang pesat dan setelah melalui proses panjang, pada Juni 2015 aku rebranding blog aku dengan menambahkan nama panggilan aku di depan nama blog sehingga menjadi FiaRevenian.com. Alhamdulillah, akhirnya sampai sekarang berhosting di penyedia jasa hosting lokal di Indonesia ini, belum pernah sekalipun bermasalah. Deuh jangan sampe dehhh..!

spoiled-brat-makeup-1

Blog ini sebenernya aku buat karena iseng. Ga ada kerjaan-lah. Maklum, masih belum lama resign dari kantor. Aku ini suka banget sama kosmetik. Dulu jaman masih ngantor, di antara teman-teman lain, cuma aku doank yang full make up. I was fine with it and I was happy with or without it. Setelah resign pada tahun 2013 karena ingin fokus memiliki anak (akika keguguran 2x, gengs!) maka aku juga putar otak gimana caranya aku bisa mengisi waktu untuk hal yang lebih bermanfaat. Maka blog Revenian-lah dibuat. Jadi kalau misal aku habis ulas sesuatu, biasanya aku suka bagikan link blog ke teman-teman aku melalui WA dan habis itu jadi rame deh ngebahas produk yang baru aku bahas. Hihihi. So far sih teman-teman di satu lingkungan aku jadi kepo banget pengen cobain juga. Bahkan beberapa orang yang ga suka coba-coba kosmetik, sekarang malah koleksinya lebih canggih dari eike. Wkwkwkwk. Berbagi ratjun di sini mah masih sah-sah aja yaaa..

Tapi tenang, walaupun terdapat beberapa endorsement atau sponsorship posts di FiaRevenian, tapi aku selalu ingin bisa memberikan pengalaman yang aku rasakan ketika aku menggunakan produk tersebut dan memastikan bahwa opini aku tetap objektif.

>Peralatan Tempur<

Well, yes. Yang namanya blogging pasti membutuhkan tools donk? Pada awal blogging, aku tuh posting dengan menggunakan iPhone 4S. Ya karena waktu itu yang aku punya hanya itu. Oh, dan sebuah netbook dari Samsung. Mulai pertengahan 2014, aku memiliki kamera DSLR yaitu Nikon D3200. Namun sayangnya, setelah beberapa bulan membeli aset tersebut, aku terpaksa harus menjualnya karena harus membantu orang tua dan kembali blogging menggunakan iPhone 4S dan sebuah pocket camera dari Canon. Sedih sih karena di saat blogging game teman-teman sesama beauty blogger semakin meningkat, aku harus rela punya kualitas foto yang kurang bagus dibandingkan mereka. Yah, cuma minta doa aja deh sama suami supaya bisa menyusul punya kamera yang bagus. Tapi, bukannya kamera yang didapat, sekitar akhir 2015 iPhone aku rusak. Layarnya macem VCD bajakan kalau uda kusut. Mau dibenerin lagi tapi kata pak Suami mendingan beli HP baru. Yaudah deh jadinya dibelikan HP Smartfren. Aku lupa tipe apa. Yang penting mah bisa bikin blog dan tetep bisa selfie-an. Hehehe.

spoiled-brat-makeup-2

Memasuki 2016, alhamdulillah, secara perlahan doa-doaku terkabul. Ini berkat kerja keras dari pak Suami juga yang senantiasa mendukung kegiatan blogging aku. Terima kasih ya, pak Suami! Sekitar Maret atau April 2016, aku memiliki HP baru yaitu OPPO R7S. Ini hp termasuk canggih menurut aku terutama foto yang dihasilkan. Untuk sekelas kamera HP, hasilnya mirip-mirip sama kamera mirrorless. Yaudah, anggap aja doa yah, siapa tahu bisa beli kamera mirrorless. Daann, akhirnya di penghujung 2016, dapat rejeki tak terduga kalau aku bisa beli seperangkat Sony A6000 lengkap dengan aksesoris standar dan masih bisa boyong sebuah ringlight juga. Lalu, pengalaman lainnya, pada Juli 2017 setelah pulang dari mudik Idul Fitri, aku berniat ingin mengerjakan blogging job yang tenggat waktunya sudah dekat. Ketika aku membuka netbook Samsung aku, terlihatlah bahwa layarnya retak hampir memakan seperempat layar. Amsyiong dah! Akhirnya uang tabungan aku yang niatnya mau aku belikan Macbook, berakhir dengan membeli Lenovo Ideapad 310 Windows. Alhamdulillah. Gak papa deh ya, yang penting Fiarevenian blog tetap mengudara. Semoga saja bisa membawa keberkahan dalam karir blog ini ya. Senang banget rasanya punya tools yang aku idamkan secara tak terduga. Memang, tangan Allah bekerja seperti prasangka hambanya. Jadi guys yang lagi punya wishlist sampe kepengen pake banget, teruslah berdoa dan berusaha ya.

Semoga blog aku bisa memberi inspirasi, semangat serta ide untuk kalian di luar sana yang daripada bengong-bengong online ga jelas gitu di sosmed mending luangin waktunya untuk menulis. Beneran deh, menulis itu adalah sebuah obat, sekaligus sebuah candu ketika dilakukan. Ga percaya kan kalau hari gini aku masih nulis buku diary? Ya karena aku suka menulis. Aku suka menyalin segala kejadian dalam sebuah tulisan. Menulis itu menyehatkan kok, asal media-nya bener. Ya kaya blog ini. Kamu bisa juga menulis blog seperti aku ini. Kalau sudah mulai menulis, maka menulislah dari hati, jadinya tulisannya mengalir. Kaya tulisan ini nih, ga dirasa banget uda 1000 karakter lebih. Hehehe. Kalau misalkan kamu mau jadi blogger, pastikan kamu menjadi blogger yang berdedikasi. Jangan jadi blogger kalau cuma mau diundang event, dapat produk gratis, ataupun biar bisa dapat bayaran. Orang bisa lihat loh dari hasil tulisanmu. Dan yang seperti itu ga akan long lasting. Trust me!

Buat temen-temen blogger baru, keep on FIGHTING! Kalau kamu merasa starting point kamu masih belum bagus, ya keep on writing. Seiring perjalanan waktu, kamu akan belajar dan mengerti seluk-beluk dunia blog seperti apa. Terutama beauty blogging, kalau kamu mau fokus ke situ. Apapun itu, jika dijalankan dengan senang maka akan terasa ringan dikerjakan. Termasuk ketika kamu mesti belanja dengan modus pengen review produknya. Hahahaha. Eh, kalau yang ini jangan ditiru banget ya. Tetaplah menjadi dirimu sendiri. Karena kalau jadi orang lain kan uda ga bisa.

cassiopeia-dan-corvus

Love,
FiaRevenian

7 Comments on “Alfia Widati and Beauty Blogging

  1. Hello, I saw your link on Small Girl Big Girl Dreams Sunday Funday Challenge. I am a writer and I like to follow different kinds of blogs for information and the like. Would you mind if I followed your blog?

  2. Assalamu’alaikum Wr Wb, hi Fia blognya mantap sekali. Kunjungan yang pertama, semoga silaturrahim melalui dunia maya ini berkah, amin. Oh iya, mampir ke lapak kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *