13 Kesalahan dalam Kecantikan yang uh-la-laa~~

posted in: Uncategorized | 6

Alright, 13 selalu identik dengan angka sial ya? Yang paling nempel mah di aku cuma Friday the 13th itu. Hehehe. Cuma emang bener sih, katanya angka 13 itu emang bikin sial. Nah ini nih, sekalian aja deh aku share ke kalian 13 kesalahan dalam menjadi cantik di keseharian. Alih-alih mau jadi head-turner karena orang-orang anggep kamu adorable, eh ya kok pusat perhatiannya karena kamu malah lebay uh-la-la~~ kayak gini nih. Hehehe.

1. Toko Parfum berjalan

Well, I’m not insulting those who like wearing perfumes. Because I do like wearing ones, so don’t get me wrong. But, pernah kan punya temen yang wanginya dari radius 10 meter uda kecium? Kalau kebetulan, misalnya dia temen kantor kamu dan ternyata kamu seruangan sama dia, orangnya sudah pergi dari satu jam yang lalu sampe-sampe wanginya aja masih ketinggalan di ruangan. Hihihi. I bet, everybody has a friend like this. Nah ini nih, biangnya parfum berjalan. Emang sih jadi wangi itu adalah sebuah estetika yang OK banget dan sepertinya setiap perempuan suka menjadi wangi. Tapi terlalu banyak hal bagus akan membuat hal bagus itu jadi jelek karena secara ga sadar kita akan jadi polusi udara bagi orang sekitar. Kita ga tau kan, mana tau ada orang yang terganggu dengan wangi lebay kita? Jadi tips aku:
– Pakai 3 semprot saja EAU DE PERFUME, atau
– Pakai 4 semprot saja EAU DE TOILETTE (atau sejenisnya).
Kalau gini, wanginya pasti bikin penasaran deh.

2. Make Up atau Adonan Kue?

Yap, yang namanya riasan wajah itu harusnya bisa menambah aksen wajah menjadi lebih menarik atau justru menonjolkan fitur terbaik wajah kita sehingga makin cantik. Tapi, ada juga lho yang bikin “adonan” wajah mirip adonan kue, alias ketebelan cyin. Darlas, kalau mau merias wajah ada lebih baiknya kita gunakan rumus ini: LESS IS MORE (semakin sedikit semakin baik) apalagi untuk penggunaan sehari-hari. Jadi setialah pada riasan ringan. Jangan lupa untuk selalu gunakan damped sponge (spons wajah yang lembab) untuk meratakan foundation yang sudah diaplikasikan sehingga menjadi lebih tipis “adonan”nya. Ditambah, jika mau gunakan concealer, tap-tap aja pada area yang dibutuhkan.

Dan pastinya, tagihan dry-cleaning kamu bakal sangat banyak berkurang karena noda bedak/foundation ga lagi nempel-nempel di kerah baju kan? Itu kan susah banget dibersihinnya kalau dicuci biasa (pengalaman, mak!).

3. Bulumata Lebay

Alih-alih mau mirip Kim Kardashian dengan bulu mata-nya yang aduhai, eh ya kok tuh bulumata malah mirip kayak kaki laba-laba (spidery effect)? Berasa bulumatanya bisa jalan sendiri yak? It’s no sin to wear falsies, tapi mungkin ini bisa diingat: pakailah bulu mata palsu tipis dan ringan yang dipasang hingga mencapai bagian pojok mata terluar. Jangan lupa untuk pakai lem bulu mata palsu berwarna gelap supaya lebih terlihat menyatu. Hal ini bisa membuat mata kamu terlihat lebih besar, innocent dan seksi. Ga ngeri lagi mana tau itu bulumata bisa jalan-jalan sendiri. Hehehe.

4. Kulit Kering Kerontang

Duh, aku juga sering nih mengalami hal ini. Meski berjilbab, tapi aku kadang suka malu sendiri kalau lihat kakiku kering. Malu, ya karena takut diperhatiin sama suami. Maklum suamiku suka melihat keindahan istrinya. Hihihi. Buat kamu yang tidak berjilbab, pastinya kaki kering sama sekali gak seksi kan kalau pas lagi pakai rok mini, hotpants atau pakaian lainnya? Akali dengan penggunaan losion berpelembab cukup. Kalau kamu merasa kurang, bisa pakai body butter yang formula pelembabnya lebih pekat. Pakailah setiap habis mandi karena pada saat itu pori-pori kulit sedang terbuka dan penyerapan nutrisinya bisa lebih maksimal.

5. Shaving saving

Suka cukur bulu kaki sendiri di rumah? Tips dari aku:
– Lakukan pada malam hari karena pada malam hari kaki akan sedikit lebih bengkak/membesar dari ukuran sebenernya di siang hari sehingga hasil pencukuran akan lebih maksimal.
– Gunakan mata pisau cukur yang masih baru sehingga kamu akan lebih terhindar dari luka atau iritasi akibat pencukuran yang membuat kulitmu kemerahan.

6. Say No to Yellow!

Gigi menguning? Masalah klasik lah ya. Everybody will through this step atleast once in their life. Caranya:
– Rajin sikat gigi 2 kali sehari dengan durasi minimal 3 menit setiap menyikat gigi.
– Gunakan pasta gigi yang mengandung whitening effect untuk hasil maksimal.
– Bisa juga pergi ke dokter gigi untuk melakukan tindakan estetika agar gigi terlihat lebih putih, secara cepat dan tepat.

7. Lem Lipgloss

Aku-aku-aku pernah juga nih salah beli lipgloss. Ternyata lipgloss yang aku beli tuh lengket banget setelah dipakai. Mungkin salah satunya bisa menyatukan lagi hati yang hancur. Eh? Hehehe. Emang lipgloss yang lengket bikin ga nyaman. Kalau lagi ngemil kue-kue kering gitu (misalnya) sering banget remahannya nempel di bibir dan susah dibersihin. Ga cukup cuma disenggol pake jari, tapi kalau pakai tisu, yang ada tisunya malah nempel di bibir. Mau ga mau, pasti dihapus dan aplikasi ulang lagi deh. Ribet kan? Belum lagi suka bikin semacam garis putih di pangkal bibir dan buat yang berambut panjang tambah sebel lagi kalau pas ada angin lewat eh rambutmu nempel-nempel di bibir. Kalau yang ini emang perlu trial-and-error alias coba-cobi sebelum memutuskan membeli produk lipgloss mana yang formulanya lebih ringan untuk kita.

8. Mata Berasap?

Hihihi, maksudnya smokey eyes go in a wrong direction. Keyword untuk ini adalah sehari-hari. Jadi saran aku, dari pada pake eyeshadow warna hitam atau gelap pada keseluruhan mata, mending efek smokey-nya didapat dari eyeliner hitam yang di-smudge dikit pakai kuas smudger, kuas spons, atau kuas blending. Mata kamu bakal terlihat lebih seksi dan irresistible.

9. Bold Lips(stick)

I like bold color. Really stands out the appearance, for certain occasion, of course! Tapi, kalau sehari-hari coba pakai yang berwarna pink netral kalau kamu ingin bibir kamu jadi lebih berwarna.

10. Shimmer in – Shimmer out

Suka pakai eyeshadow berglitter? Aku sendiri juga suka pakai meski untuk penggunaan sehari-hari. Tips aku:
– Cari eyeshadow dengan glitter yang sangat halus dengan warna netral, gak bling-bling.
– Kalau mata sudah berglitter, pakai lipstik warna netral yang matte atau dengan satin finish.

11. Blush Away

Blush on memang perona instan. Tapi mesti tahu dulu kalian mulai pakai dari mana. Jangan sampai blush on-nya diaplikasiin sampe deket hidung, kayak salah satu artis yang suka aku liat di tipi gitu. Ga tau deh ya, namanya juga dia artis bisa aja konsep make up nya tuh make up panggung, kan? Jadi tips aku: Pakailah blush on dimulai kira-kira dua jari dari bagian terluar hidung kamu (dari sebelah cuping hidung).

12. Mani-Pretty-Cure

Suka pakai kuteks? Aku juga suka pakai kalau pas lagi ga solat (period day). Tapi yang kadang suka bikin bete tuh adalah kuteks yang suka ga tahan lama, setelah beberapa hari sudah mulai mengelupas di ujung kuku atau pinggiran kuku yang bikin jelek jari. Nah untuk mengakalinya, tips aku:
– Setelah mengaplikasikan kuteks warna favorit, gunakan kuteks berwarna bening setiap dua hari sekali sambil memperhatikan bagian ujung dan pinggir kuku yang berpotensi besar mengalami kelupas karena kegiatan kita.
– Kalau ga mau ribet, coba akali dengan menggunakan kuteks ber-glitter hanya pada ujung kuku. Bagus juga lho hasilnya, kuku jadi terlihat bergradasi layaknya dimanikur oleh nail professional!

13. Dry Hair vs Oily Hair

Suka keramas tiap hari? Ada lho temanku yang suka keramas tiap hari. Tapi tau ga kalau kita keramas tiap hari itu sama aja bikin kulit kepala jadi kering sehingga memicu kelenjar minyak jadi aktif dan membuat rambut berminyak? Disasternya: rambut jadi cepet lepek. Yap, ada baiknya keramas hanya 2 hari sekali. Kalau kamu ga betah karena ngerasa kulit kepala jadi berminyak, sekarang uda jamannya sampo kering! Jadi bisa akali pakai sampo kering (dry shampoo) aja yaa..

Nah demikian informasi yang bisa aku share ke kalian. Semoga bermanfaat ya…

XOXO~~

6 Responses

  1. John Plason

    memang sih kebanyakan gaya2 fashion cewek sekarang berlebihan,
    kdang gak makin cantik tapi tambah alay hehehe

    • Alfia Widati

      Sebenernya yang bikin jadi berlebihan adalah karena ga digunakan sesuai tempat dan waktunya. Jadi bikin jelek. Hehee, thanks sudah mampir.. 🙂

  2. nissa

    Aku klo make up pasti selalu jd adonan kue hihiii … masih gak ngerti supaya flawless gmn caranya ..

    • Alfia Widati

      Hihi, aku kadang juga masih suka gitu kok sis. Yang jelas kalau mau pakai produk seperti foundation atau bedak, dimulai dari jumlah yg sedikit-sedikit gitu. Kalau kurang, baru ditambah dikit-dikit. Jangan langsung banyak. Ditambah sesuaikan dengan warna kulit ya. Supaya hasilnya masih tetap natural. 🙂 Semangat sis! Pasti bisa asal belajar terus.. Nanti lama-lama tau deh adonan yg tepat itu seberapa. 🙂 Good Luck!

  3. Rere Dini

    Aq sering banget bandel ama lipstik… tergantung selera. Kalo lagi pengen merrah.. yaa merrah aka hiihii…

    • Alfia Widati

      Iya mak. Cm di sini gw lbh ke sehari-hari sih. Kl cm sesekali bgs. Tp kl penggunaannya daily rasanya gmn gt mak. Hihihihi.. :p

Leave a Reply