101 Sunscreen Routine Game

posted in: Uncategorized | 0

Yesss, summer is here already, Invaders!

Sudah berasa kan ya kalau matahari lagi full diskon alias jor-joran panasnya? Selain itu juga, buat yang menyiasati liburan di hari kejepit nasional, pastikan kalian jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya/sunscreen/sunblock (you name it!).

Tapi pada kenyataannya, banyak juga loh wanita yang ga sadar akan bahaya sinar matahari, bahkan ketika kamu berada di dalam ruangan. Contohnya aku nih, aku termasuk yang ga sadar akan pentingnya penggunaan tabir surya. Memang sih sejak hamil, aku memutuskan untuk tidak terlalu banyak menggunakan produk perawatan wajah dan sangat selektif dalam memilih yang ingin aku gunakan. Tapi produk tabir surya tidak termasuk di dalamnya. Akhirnya, hanya dalam waktu 5 bulan saja, wajahku makin banyak bintik hitam akibat pigmentasi dari paparan sinar matahari di kulit yang tanpa perlindungan.

Some say, kejadian seperti ini termasuk efek dari penuaan dini akibat radiasi UVA dan UVB sinar matahari. Sehingga kulit mengalami perubahan karakteristik yang bisa disebut photaging. Jika dibiarkan terus, paparan radiasi ini akan berlanjut menyebabkan kulit kusam, cepat keriput, dan salah satu yang aku alami: terbentuknya bintik-bintik hitam.

~ KAPAN HARUS PAKAI TABIR SURYA? ~

Ada baiknya sih produk tabir surya digunakan setiap hari walaupun kita berada di dalam ruangan. Jangan menganggap remeh sinar matahari ketika kita berada ruangan. Karena radiasi paparannya tidak akan tertangkal dengan kaca.

~ BAGAIMANA MENGGUNAKAN TABIR SURYA? ~

1. Aplikasikan tabir surya 30 menit sebelum kamu melakukan aktivitas atau sebelum terpapar sinar matahari.

2. Gunakan sebanyak kira-kira satu sendok teh atau secukupnya lalu aplikasikan secara merata pada wajah dan leher.

3. Pilih produk yang selain mengandung SPF juga terdapat kandungan PA agar kulit bisa terlindung maksimal dari UVA dan UVB.

Untuk pemilihan kadar SPF, sebetulnya ini tergantung kondisi kulit masing-masing. Semakin tinggi SPF belum tentu bagus juga. Kamu harus juga bisa melihat warna kulit, semakin terang warna kulit maka perlindungan terhadap paparan UVA dan UVB juga harus lebih. Tapi untuk mayoritas masyarakat Indonesia, penggunaan tabir surya dengan SPF 25 atau 30 sudah cukup melindungi. Jangan lupa juga aplikasikan setidaknya per 2 jam sekali.

Pick the Good one

~ TIPS MEMILIH TABIR SURYA YANG SESUAI KEBUTUHAN ~

1. ALL IN ONE THAT BASE

Kalau kamu termasuk yang selalu irit waktu, menggunakan krim tabir surya dan alas bedak yang berbeda mungkin bikin malas. Kamu bisa akali dengan menggunakan alas bedak ber-SPF. Apalagi jaman sekarang sudah marak BB atau CC Cream yang rata-rata sudah banyak menawarkan kandungan SPF dan PA di dalamnya. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan kulitmu dan pastinya produk-produk ini lebih ringan terhadap kulit wajahmu.

2. MULTIPURPOSE SUNSCREEN

Kebanyakan produk tabir surya memiliki rasa yang tidak nyaman ketika diaplikasikan ke kulit. Rata-rata konsistensinya terasa lebih berminyak. Ini bisa jadi bumerang buat kamu yang memiliki kulit berminyak. Cobalah untuk mencari produk tabir surya yang multipurpose. Biasanya produk ini memiliki bahan dasar air sehingga lebih memberikan hasil yang tidak medok dan juga pengaplikasiannya lebih mudah dan lebih cepat meyerap ke dalam kulit.

Sunscreen
Sunscreen

3. OLAHRAGA ATAU AKTIVITAS FISIK DI LUAR RUANGAN

Untuk yang suka berolahraga di luar ruangan (misalnya berenang) atau memang sedang melakukan aktivitas (misalnya piknik di pinggir pantai), selalu sediakan produk tabir surya di tas kamu. Pilih juga produk yang memiliki formula anti-air sehingga lebih awet nempel di kulit sementara kamu basah-basahan ataupun keringatan.

( ^_^ )

Ok, cukup sekian ya informasi aku tentang produk tabir surya yang ternyata sangat penting untuk digunakan. Sebelum menulis artikel ini, jujur aja aku masih dalam pencarian produk tabir surya yang kira-kira cocok untuk kulit berminyak, acne and comedo prone aku. Kalau kamu punya rekomendasi produk tabir surya yang ringan dan tidak lengket/berminyak, coba tuliskan di komen ya. Your help is much appreciated. Until then, see you on my next post!

XOXO~~

Leave a Reply